Pantai Gatra

882 views

Sudah menjelajah pantai-pantai di pesisir selatan Malang? Kabupaten Malang punya pantai-pantai yang semakin hits karena Jalur Lintas Selatan telah terbangun rapi di sebagian kawasan. Saat yang tepat menikmati pemandangan pantai-pantai yang baru dibuka ini, apalagi bila Dolaners memang suka wisata alam. Salah satu pantai yang wajib didatengin nih, Pantai Gatra. Tak hanya lokasinya yang berada di kawasan konservasi, tapi masih banyak hal lain yang menarik di pantai ini. Mau tahu, Dolaners?

Pantai Gatra, Pantai Gatra Malang, Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners

photo via heriirfani

Tentu Dolaners sudah dengar tentang Pantai Sendang Biru di Kabupaten Malang. Atau malah sudah ke sana? Nah, di sebelah barat Pantai Sendang Biru ini ada Pantai Gatra. Kalau dibandingkan dengan Pantai Sendang Biru yang sudah jadi tempat pelelangan ikan sejak lama, Pantai Gatra memang masih baru. Baru juga dibuka untuk pariwisata tiga tahun yang lalu.

Pantai Gatra berlokasi di kawasan Konservasi Mangrove Clungup, yang tentunya memberi suasana berbeda. Selain bakau, kawasan pantai ini juga dikitari oleh pepohonan hijau yang masih rimbun. Saat tiba di Pantai Gatra, Dolaners pasti bisa merasakan segarnya udara bersih di kawasan ini.

Kalau membahas tentang keindahan pantainya, seakan tiada habis diceritakan, Dolaners. Pantai Gatra ini memiliki gradasi biru air laut yang cantik. Pertemuan warna biru toska dan biru pekat yang bening terhampar di sisi pasir yang putih lembut. Saking beningnya air laut di pantai ini, hingga bebatuan karang di dasarnya tampak jelas. Di lepas pantainya, Dolaners bisa melihat gugusan pulau-pulau yang menghijau. Mirip banget sama pemandangan di Raja Ampat, ya… kurang lebih sama, lah. Pemandangan yang sama ini bisa Dolaners nikmati pula dari Pantai Teluk Asmoro, hingga kedua pantai ini sering disebut Raja Ampatnya Jawa Timur. Nah, bikin penasaran gak tuh, Dolaners?

Pulau-pulau kecil di lepas pantai ini tak hanya menambah keindahan panorama Pantai Gatra, tapi juga menahan gempuran ombak Laut Selatan yang cukup garang. Alhasil, Dolaners bisa menikmati pantai yang tenang di kawasan ini, jadi bisa berenang dan bermain air laut sepuasnya dengan aman. Sudah terbayangkah asiknya menikmati saat santai di pantai dengan pemandangan ala-ala Raja Ampat begitu?


AKTIVITAS

Kuliner
Jangan lupa bawa bekal, ya Dolaners! Tak ada warung, kantin, apalagi food court di sini. Dan jangan lupa bawa pulang lagi sampah-sampahnya. Petugas konservasi mangrove akan memeriksa saat Dolaners keluar. Jika tak sama dengan pemeriksaan saat masuk, Dolaners akan dikenai denda.
Akomodasi
Harga Tiket Masuk: Rp 10.000,-
Parkir Motor: Rp 3.000,-
Parkir Mobil: Rp 5.000,-
Harga Denda per Sampah: Rp 10.000,-
Main Kano: Rp 25.000,-
Harga Sewa Tenda: Rp 25.000,-
Kegiatan
Pantai Gatra bisa jadi pilihan yang pas kalau Dolaners gemar main air atau bahkan berenang di pantai. Susah loh, nyari pantai di Malang Selatan yang ombaknya ramah buat berenang. Kalau sudah pernah main ke beberapa pantai di pesisir selatan Pulau Jawa, Dolaners akan bisa melihat betapa berharganya menghabiskan waktu berenang di Pantai Gatra.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Jangan cuma ke Pantai Gatra. Mumpung ada di Malang Selatan, Dolaners lanjutkan saja jalan-jalan menikmati pantai-pantai yang letaknya berurutan dari Pantai Sendang Biru dan Pantai Gatra. Trus ke arah barat, Dolaners bisa lanjut main ke Pantai Clungup, Pantai Teluk Asmoro, Pantai Goa Cina, Pantai Watu Leter, Pantai Bajul Mati, hingga ke Pantai Batu Bengkung yang lebih jauh. Alokasikan waktu yang cukup ya, Dolaners. Sayang kan, kalau sudah menempuh perjalanan hingga berjam-jam dari Kota Malang, tapi cuma ke satu pantai.
Lebih baik menggunakan kendaraan pribadi atau sewa kalau Dolaners pingin main ke Pantai Gatra. Bisa gunakan mobil atau motor, keduanya butuh waktu sekitar dua hingga tiga jam perjalanan sejak dari Kota Malang hingga tiba di kawasan Sumbermanjing Wetan. Dari Kota Malang, Dolaners menuju Turen, dan ikuti papan petunjuk arah ke Pantai Sendang Biru. Sebelum tiba di Pantai Sendang Biru, Dolaners belok ikuti petunjuk arah ke Pantai Clungup. Nantinya Dolaners akan mendapati pintu masuk ke Pantai Clungup, Pantai Gatra, dan Pantai Tiga Warna.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link