Pantai Gesing

419 views

Tak ada basinya ya, dolan ke pantai. Apalagi kalau pantainya digunakan melaut oleh para nelayan. Sebabnya, bisa dipastikan ada makanan laut segar di sini. Dan masih ada panorama pantai yang selalu memukau untuk dinikmati, sambil mengisi perut dengan ikan bakar lezat. Wah, bisa jadi destinasi wisata idaman, bukan? Kalau mau memanjakan mata dan perut seperti ini, salah satu pilihan yang patut dipertimbangkan yaitu Pantai Gesing.

Pantai Gesing, Pantai Gesing Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners

photo by dodocantropus

Pantai Gesing Wonosari atau Pantai Gesing Girikarto lebih sering disebut dengan nama depannya saja, Pantai Gesing. Pasirnya putih lembut, diapit oleh dua tebing karang hijau di kanan kiri lepas pantai. Bibir pantainya berbentuk teluk, air lautnya berwarna kehijauan dengan ombak kecil.

Warna air laut di Pantai Gesing ini memang menarik. Warnanya hijau terang di area yang berdekatan dengan bibir pantai, begitu bening dan bersih, kemudian bergradasi semakin biru di area yang lebih ke tengah laut. Warna yang memukau, apalagi saat Dolaners melihatnya bersisian dengan pasir pantai yang putih bersih.

Sementara itu, topografi pantai ini mendukung berlabuhnya kapal pencari ikan, yang tak hanya milik warga sekitar namun juga dari Pacitan atau Kebumen. Jadi, Dolaners akan melihat banyak kapal kayu milik para nelayan yang berjajar rapi di Pantai Gesang. Kapal-kapal ini biasanya menangkap ikan layur, cumi-cumi, ikan tenggiri, bahkan lobster juga ada.

Bila memungkinkan naik ke atas bukit, panorama Pantai Gesing akan mengingatkan Dolaners pada Pantai Baron atau Pantai Ngrenehan. Pantai-pantai ini sama-sama diapit dua bukit karang di kanan kirinya, menghasilkan sebuah ceruk teluk pantai yang tenang. Bedanya, Pantai Gesing lebih luas daripada Pantai Ngrenehan, meskipun tak seluas Pantai Baron. Bisa terbayangkah, seperti apa indahnya Pantai Gesang ini?


AKTIVITAS

Kuliner
Akomodasi
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
Saat jalan-jalan di Kotagede, Dolaners bisa sekalian main ke Pantai Gesing karena lokasinya berdekatan. Juga, Dolaners bisa melihat keindahan pantai-pantai di sekitarnya, seperti Pantai Wohduku dan Pantai Ngobaran, masing-masing di sebelah kanan dan kiri Pantai Gesing.
Diperlukan kendaraan pribadi untuk menuju Pantai Gesing karena tidak ada akses angkutan umum. Kota Yogyakarta dan Pantai Gesing terpisah jarak sekitar 35-40 kilometer, dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. Pilihan rute pertama dari arah Kota Yogyakarta, bisa melalui Jalan Imogiri Timur, Kebon Agung, Selopamioro, hingga sampai di Panggang. Lanjutkan perjalanan ke arah timur, terus hingga Dolaners melihat pohon beringin besar di sisi utara jalan. Belok kanan, dan sekitar 10 meter dari sini Dolaners akan tiba di Pantai Gesing yang indah. Selain melalui Imogiri, Dolaners bisa memilih rute kedua melalui Wonosari yang lebih jauh. Kekurangannya, rute kedua ini memerlukan waktu hingga 2x lipat dari rute pertama melalui Imogiri. Kelebihannya, Dolaners bisa jalan-jalan sekalian melihat-lihat pelosok Yogyakarta.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link