Pantai Glagah

1737 views

Obyek wisata pantai memang sangat digemari oleh wisatawan. Obyek wisata alam yang satu ini mendapat tempat ter-oke dihati Dolaners. Nah, ini nih salah satu obyek wisata pantai yang ada di Yogyakarta, tepatnya kabupaten Kulon Progo. Pantai glagah menyuguhkan beberapa obyek wisata bagi Dolaners yang begitu menarik.

Pantai Glagah

Photo by pariwisata.jogjakota.go.id

Pantai Glagah memiliki sebuah dermaga wisata yang akan dolaner jumpai sesaat setelah memasuki kawasan pantai. Dari dermaga tersebut Dolaners akan mendapati sebuah gardu pandang. Biasanya dari gardu pandang tersebut para wisatawan dapat menikmati keindahan kawasan Muara Sungai Serang secara leluasa dan akan mendapati pemandangan yang begitu menawan.

Selain gardu pandang di dermaga, di Pantai Glagah juga terdapat sebuah laguna yang letaknya tak jauh dari dermaga. Laguna merupakan telaga yang terbentuk akibat terjangan ombak laut, terjangan ombak tersebut semakin lama mengikis daratan hingga berbentuk cekungan yang dalam berisi air laut yang terjebak di dalamnya hingga terbentuklah semacam telaga atau danau. Laguna ini adalah kawasan yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Di sana Dolaners dapat mendayung sampan kecil menikmati pemandangan kebun buah naga yang terletak di pinggiran Pantai Glagah. Tanaman ini adalah salah satu hasil unggulan yang dihasilkan dari Pantai Glagah Yogyakarta. Tak hanya itu, biasanya anak-anak suka bermain air di tepi pantai atau mandi di laguna tersebut. Sebab laguna ini jauh dari ombak, Dolaners.

Di Pantai Glagah, kegiatan memancing juga bisa Dolaners lakukan. Kegiatan ini sangat mengasyikkan. Selain itu, kegiatan berlayar di Pantai Glagah bisa dilakukan dengan perahu motor, namun jika Dolaners ingin kegiatan berlayar lebih santai sambil menikmati keindahan pantai dan kebun buah naga di sekitarnya, mungkin memang tetap kano atau sampan jadi pilihan tepta untuk Dolaners sewa. Tak hanya itu, masih banyak obyek lain yang dapat Dolaners kunjungi di pantai tersebut, seperti Pelabuhan Tanjung Adikarto yang sedang dalam proses pembangunan. Tempat tersebut direncanakan akan dijadikan sebagai pelabuhan terbesar di Asia Tenggara. Tentu hal ini sangat menakjubkan. Yang menarik lainnya dari pantai glagah adalah adanya kawasan agrowisata Kusuma Wanadri dengan hamparan kebun buah naga, juga ada melon dan semangka, yang letaknya di bagian barat Pantai Glagah Yogyakarta.

Jika Dolaners berwisata ke Pantai Glagah maka beberapa obyek wisata dapat dikunjungi dalam satu waktu. Jadi jangan lewatkan kesempatan berkunjung ke tempat wisata Pantai Glagah saat Dolaners berada di Yogyakarta.


AKTIFITAS

Kuliner
Untuk urusan makan, Dolaners tidak perlu khawatir. Di sekitar bibir Pantai Glagah banyak terdapat lapak warung yang menjajakan masakan dengan menu yang cukup bervariasi. Mulai dari menu makanan instan hingga aneka masakan seafood dijajakan. Harga yang ditawarkan pun tidak terlalu mahal untuk ukuran tempat wisata. Selain warung makan, di sepanjang jalan masuk ke Pantai juga banyak terdapat toko cinderamata yang menjual pakaian pantai dan kaos. Harganya pun cukup terjangkau, jika Dolaners mampu mengeluarkan jurus tawar menawar Dolaners dengan baik.
Akomodasi
Biaya Tiket Masuk : Rp. 4.000,- per orang
Biaya Parkir Motor : Rp. 2.000,-
Biaya Parkir Mobil : Rp. 5.000,-
Kegiatan

Di Pantai Glagah ini, Dolaners bisa melakukan kegiatan yang biasa dilakukan di pantai. Bermain air, mandi, berjemur atau hanya sekedar bermain pasir sambil memanjakan mata dengan pemandangan ombak yang berkejar-kejaran. Namun, Pantai Glagah menawarkan beberapa wisata yang tidak akan Dolaners temui di pantai lain.

Wisata pertama Pantai Glagah adalah wisata laguna. Laguna ini terletak di sisi barat Dermaga Wisata—tempat yang membagi pantai menjadi dua area. Satu area berisi gundukan pasir dan berbatasan langsung dengan laut dan satu area masih ditumbuhi tanaman pantai dan reumputan yang menghijau. Di cekungan air besar yang menyerupai danau ini, Dolaners bisa menikmati berbagai wisata air seperti mengelilingi laguna dengan perahu, berenang atau mendayung kano yang disewakan di situ.

Bagi yang tertarik melihat perkebunan di pantai ini, Dolaners bisa mengunjungi area agrowisata yang mengembangkan buah Naga dan bunga Roselle. Pantai Glagah memang sangat terkenal dengan agrowisata dua tanaman ini di Daerah Istimewa Yogyakarta. Buah Naga ini bisa menjadi buah tangan yang khas jika Dolaners datang kemari. Harganya pun cukup bersahabat. Wisata lain di pantai ini adalah Dermaga Wisata. Tempat ini kelak akan menjadi pelabuhan. Dermaga Wisata letaknya tidak begitu jauh dari loket retribusi. Di sini, Dolaners bisa menyaksikan keindahan alam sekitar obyek wisata ini lewat gardu pandang. Satu pilihan wisata yang pasti memanjakan mata Dolaners dan membuat ketagihan.

Wisata terakhir sungguh paling cocok bagi para pemancing yang gatal untuk memegang kail dan menangkap ikan. Wisatawan dapat menghabiskan waktu dengan memancing di kawasan ini. Menunggu peruntungan mata pancing disambar ikan adalah hal yang menantang untuk para mancing mania. Dan, wisata ini sangat jarang Dolaners temui di pantai lainnya.

Tips BerwisataAkses Transportasi
Akses jalan menuju ke Pantai Glagah ini sudah sangat memadai, jalan beraspal, angkutan umum juga banyak melintasi kawasan ini. Terdapat 2 pilihan rute jalan yang bisa Dolaners lalui, yakni :

  • Yogyakarta – Jalan Bantul – Bantul Kota – Jembatan Srandakan – Ikuti Petunjuk Arah ke Pantai Glagah.
  • Yogyakarta – Jalan Wates – Sentolo – Kota Wates – Jalan Raya Wates – Purworejo – Ikuti Petunjuk Arah ke Pantai Glagah.
Untuk mengunjungi pantai ini, Dolaners dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaran umum. Jika ingin menggunakan kendaraan umum, dari terminal Giwangan Yogyakarta, Dolaners dapat menumpang bus jurusan Jogja – Wates, sampai ke terminal Kota Wates. Dari terminal Kota Wates, Dolaners dapat melanjutkan perjalanan menggunakan bus jurusan Pantai Glagah – Congot – Trisik, Dolaners tinggal minta diturunkan saja di pintu masuk Pantai Glagah.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link