Pantai Goa Cina

1619 views

Pantai Goa Cina adalah pantai yang sangat unik. Letak keindahannya yakni tiga pulau yang berada di sepanjang pantai. Pulau tersebut adalah Pulau Bantengan, Pulau Goa Cina dan juga Pulau Nyonya.

Pantai Goa Cina

Photo by ngalam.co

Liburan memang sangatlah asyik bila diisi dengan bermain atau sekadar berjalan-jalan di mall. Namun itu tentu hal yang membosankan. Pantai adalah salah satu cara terbaik menikmati hari libur. Oleh sebab itu, menjelajah pantai yang ada di Malang adalah obat mujarab untuk menghilangkan stress. Pantai Goa Cina terletak di desa Tumpak Awu, Sitiarjo, Kec. Sumbermanjing Wetan, Malang, Jawa Timur. Nama Pantai Goa Cina sebenarnya adalah Rowo Indah. Dulu ada seorang petapa Cina yang meninggal dalam goa. Akses menuju Pantai Goa Cina cukup tidak mudah karena jalanannya adalah medan yang berbatu kapur, belum lagi saat musim hujan tiba. Selain itu luas Pantai Goa Cina tak terlalu luas.

Para Dolaners wajib coba datang ke Pantai Goa Cina, sebuah pantai yang sangat unik. Letak keindahannya yakni tiga pulau sepanjang pantai. Pulau tersebut adalah Pulau Goa, Bantengan Cina dan juga Pulau Nyonya yang unik. Nampak sangat alami dan juga menawan. Selain itu, Pantai Goa Cina ini airnya cukup jernih dan sangat mengasyikkan untuk berfoto. Satu hal lain yang cukup menarik dari Pantai Goa Cina yaitu Goa Cina sendiri. Lebih tepat goa di sini adalah sebuah rongga yang mengikis karang. Namun bagi yang suka menjelajah, goa ini cukup menarik. Daya magis terasa kuat menyelimuti goa satu ini. Terlepas dari mitos yang ada di Pantai Goa Cina sangat menarik. Banyak pohon dan juga pasir putih yang menambah keeksotisannya. Bagi Dolaners yang ingin datang ke Pantai Goa Cina, ada baiknya untuk memersiapkan segala sesuatu. Terutama kendaraan pribadi anda agar tetap dalam keadaan prima. Tak kalah penting siap fisik karena perjalanan di Pantai Goa Cina jalanannya tak semulus jalanan yang ada di tempat wisata lain. Ada satu hal lagi yang unik dari Pantai Goa Cina Malang, yakni sebuah gemuruh yang berasal dari pertemuan arus dari tiga arah yaitu timur, selatan serta barat. Arus dari gelombang itu saling tabrak di antara Pulau Nyonya dan Pulau Bantengan. Akibatnya gelombang itu membuat suara gemuruh.


AKTIFITAS

Kuliner
Akomodasi
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
Akses jalan menuju Pantai Goa Cina saat ini terbilang mudah karena medan jalan yang bersapal. Meski demikian untuk akses lebih dalam ke pantai tersebut, jalan yang ditempuh masih rusak dan belum diperbaiki. Pengendara harus berhati-hati ketika hujan turun karena akses jalan tersebut masih berupa tanah dan bebatuan yang besar, sehingga sulit dilalui kendaraan. Waktu tempuh yang diperlukan dari Kota Malang memakan waktu hingga sekitar dua hingga tiga jam. Berikut rute bagi para pengunjung yang ingin ke pantai tersebut. Pertama, dari arah Kota Malang arahkan kendaraan Dolaners menuju Gadang, Turen. Ikuti papan plang penunjuk arah Pantai Sendang Biru. 1,5 Km sebelum Pantai Sendang Biru terdapat pertigaan. Selanjutnya belok kanan ke arah Pantai Bajul Mati. Setelah 5 Km di kiri jalan, pengunjung akan menemukan papan penunjuk Pantai Goa Cina. Setelah itu belok kiri sekitar 800 M dan pengunjung akan menemukan loket untuk masuk ke pantai tersebut.
Untuk menuju Pantai Goa Cina, dari Malang Dolaners dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Jika menggunakan kendaraan umum, Dolaners bisa memulai perjalanan dari Terminal Arjosari menuju Terminal Gadang dengan angkutan kota jurusan AG/GA. Kemudian lanjutkan naik angkot Bison menuju Sumbermanjing Wetan/Sendang Biru. Dari Sendang Biru menuju lokasi Pantai Goa Cina Dolaners bisa naik ojek.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link