Pantai Greweng

993 views

Hayo, coba tebak apa istimewanya alam Gunung Kidul di Yogyakarta? Yak, pantai-pantainya yang eksotis. Eitts, tapi ternyata tak cuma panorama pantai memukau yang dimiliki oleh kabupaten di pesisir selatan Yogyakarta ini, Dolaners. Gunung Kidul juga terkenal akan perbukitan karst atau batu kapurnya. Nah, kebayang gak, kalau pantai dan karst ini berpadu dalam satu lokasi yang bisa dinikmati bersamaan? Gak kebayang? Yuk lihat dulu Pantai Greweng.

Pantai Greweng, Pantai Greweng Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners

photo via leftfootsg

Pernah melihat seperti apa hutan batu kapur? Nah, dalam perjalanan menuju Pantai Greweng, Dolaners akan melalui hutan batu kapur, kawasan perbukitan batu kapur atau karst yang hanya ada di Gunung Kidul Yogyakarta. Dan setelah melintasi ladang-ladang penduduk serta hutan batu kapur, Dolaners akan menjumpai area hutan hujan tropis yang sejuk. Selepas area hutan yang hijau ini, Dolaners akan tiba di sebuah pantai kecil dengan pasir yang putih bersih. Inilah Pantai Greweng.

Keunikan Pantai Greweng terletak pada pantainya yang berbentuk teluk kecil. Pasirnya memanjang hingga jauh ke arah daratan, dan ada dua karang yang menutup teluk seakan membentuk sebuah gerbang menuju laut lepas. Bila mendaki ke karang di sisi kiri pantai, Dolaners bisa menikmati pemandangan sunset yang menakjubkan. Panorama Pantai Greweng, Samudera Hindia, Pulau Gelatik, dan Pulau Kalong tampak leluasa dari puncak karang ini. Oh ya, jika Dolaners belum tahu nih, bukit karang di sisi kiri Pantai Greweng ini sebenarnya menjadi bagian dari Tanjung Sinden. Menarik, bukan?

Spot lain yang menarik di Pantai Greweng adalah Gua Greweng. Gua ini dipenuhi dengan stalaktit dan stalakmit berkilauan, dihuni oleh landak dan kelelawar. Terlepas dari cerita, mitos, maupun mistis yang Dolaners sempat dengar tentang gua ini, yang jelas tetaplah berhati-hati saat berwisata di Pantai Greweng. Beberapa area yang tampak dipagari atau dibatasi sebaiknya tidak diterabas. Sisanya, Dolaners bisa seru-seruan menikmati keindahan panorama Pantai Greweng.

Topografi Pantai Greweng sekilas mirip sekali dengan Pantai Sedahan. Kedua pantai ini dipisahkan oleh Tanjung dan Pantai Sinden, yang berarti Pantai Sedahan berada di sisi kiri atau timur Pantai Greweng.


AKTIVITAS

Kuliner
Sebaiknya Dolaners bawa bekal makanan dan minuman sendiri dalam jumlah yang cukup, mengingat perjalanan menuju Pantai Greweng bisa dibilang cukup menguras tenaga. Bila tak lupa membawa perlengkapan memancing, dan bisa memancing, Dolaners bisa dapat tambahan bahan makanan. Jika tak membawa minyak goreng sebagai perlengkapan camping, ikan hasil tangkapan Dolaners bisa dijadikan menu bakar saja.
Akomodasi
Hingga saat ini masih belum ada harga tiket masuk resmi ke Pantai Greweng.
Kegiatan
Dolaners bisa mendirikan tenda dan bermalam di Pantai Greweng. Ada sumber air tawar siap minum di sisi utara yang lebih dekat dengan daratan, dan ada lagi sumber air lain di sisi dekat pantai. Dolaners bisa mandi dan membilas dengan air bersih setelah main air laut, dan gak perlu kuatir tentang stok air minum.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Mungkin karena masih belum terlalu ramai pengunjung, jarang dijamah orang, jadi masih ada beberapa area Pantai Greweng yang dirasa menebarkan aura yang bikin bulu kuduk merinding. Tetap berhati-hati saja, dan menjaga sopan santun sebagai tamu yang berkunjung. Dengan kata lain, hargai dan hormatilah alam, jangan merusak dan mengotori. Lepas itu, Dolaners tak perlu merisaukan hal apapun.
Dengan kendaraan pribadi dari Kota Yogyakarta, Dolaners akan tiba di Pantai Greweng dalam 2 jam, kurang lebih. Dolaners tinggal mengikuti rute menuju Pantai Wedi Ombo. Sebelum tiba di Wedi Ombo, belok kiri menuju Pantai Jungwok. Nah, Dolaners bisa memarkir kendaraan di Pantai Jungwok dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki selama sekitar 20 menit ke Pantai Greweng. Karena medan yang harus ditempuh dengan berjalan kaki inilah, kondisi fisik yang bugar serta perbekalan makan dan minum yang cukup sangat diperlukan. Jika menggunakan angkutan umum, Dolaners bisa naik bus sampai terminal Gunung Kidul, kemudian dilanjutkan dengan dengan naik ojek.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link