Pantai Indah Teluk Kaba, Bontang

547 views

Dolaners suka kegiatan outdoor yang menantang adrenalin? Atau cuma suka acara-acara seru outdoor yang gak ngebosenin? Atau bermalas-malasan dalam suasana outdoor? Angkutlah tenda, alat pancing, perlengkapan snorkeling, dan jangan lupa kamera, ke Teluk Kaba. Meskipun memerlukan perahu untuk sampai di pantai ini, menghabiskan waktu di sini benar-benar seru dan menyenangkan. Yuk, kulik lebih jauh tentang seluk beluk Pantai Indah Teluk Kaba.

Pantai Indah Teluk Kaba, Dolan Dolen, Dolaners

photo via Ranselpin hardlineadventure

Namanya Taman Nasional Kutai, terkenal tak hanya sebagai destinasi wisata alam, tapi juga sebagai pusat rehabilitasi orangutan. Sebagian besar Taman Nasional Kutai berada dalam wilayah Kabupaten Kutai Timur, namun masih ada sebagian kecil kawasan reservasi ini yang masuk kedalam wilayah Kota Bontang. Bahkan kantor pengelolanya berada di Kota Bontang. Menjadi bagian dari Taman Nasional Kutai, Pantai Indah Teluk Kaba adalah ikon wisata yang semakin hits di kawasan Teluk Sangkimah.

Setelah menyeberang dengan perahu sewa, Dolaners akan sampai di sebuah area pantai yang bersih dan lapang, Pantai Indah Teluk Kaba. Kawasan hutan bakau yang rimbun berada tak jauh dari pantai berpasir putih ini. Menurut penduduk setempat, saat sore hari air laut surut, terkadang ada rusa yang keluar dari kawasan hutan. Dolaners beruntung bila sempat mendapati peristiwa alam ini. Tapi hati-hati karena masih ada buaya di area muara yang menghubungkan sungai dari hutan lindung dan pantai.

Bila tertarik masuk ke dalam hutan, Dolaners bisa mendapati Camp Kakap yang menjadi base camp para peneliti atau pengunjung yang tertarik pada kehidupan orangutan. Orangutan saat ini termasuk satwa langka dan dilindungi, Dolaners tentu sudah tahu, bukan? Didirikan oleh Universitas Kyoto Jepang, Camp Kakap memiliki jalur trek yang nyaman sehingga Dolaners bisa masuk hutan tanpa hambatan. Selain orangutan, Dolaners berkesempatan bertemu dengan owa-owa, beruk, monyet, dan satwa-satwa lain.

Tapi bila lebih suka wisata bahari, tak perlu jauh-jauh, Dolaners akan cukup senang dengan lapangnya Pantai Indah Teluk Kaba. Apalagi, masih ada Wisata Mangrove Teluk Kaba di dekat pantai. Bisa juga Dolaners berkunjung ke perkampungan petani rumput laut. Rumput laut di Teluk Kaba biasanya dipanen sekali dalam dua bulan, dengan total hasil berkisar 2 ton setiap kali musim panen.


AKTIVITAS

Kuliner
Akomodasi
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
Teluk Kaba terkenal akan produksi rumput lautnya. Penduduk di kawasan ini memang berprofesi sebagai petani rumput laut. Belanja langsung di sini saja kalau Dolaners menginginkan rumput laut. Jika Dolaners berminat masuk hutan, pastikan untuk mengikuti trek yang telah dibangun oleh Camp Kakap. Lebih baik lagi bila Dolaners bergabung dengan tim pengamat orangutan yang berangkat pada pukul 6 pagi WITA.
Bila menggunakan kendaraan pribadi, Dolaners akan memerlukan waktu sekitar satu jam untuk mencapai Pantai Indah Teluk Kaba dari Kota Bontang. Perjalanan mulai dari perbatasan Bontang – Sangatta akan lumayan menantang karena tidak ada aspal. Dari wilayah pemukiman penduduk, Dolaners akan memerlukan perahu atau speed boat untuk menuju Pantai Indah Teluk Kaba. Lama waktu yang diperlukan tergantung moda transportasi yang digunakan. Dengan speed boat sewaan, Dolaners bisa sampai di Teluk Kaba dalam waktu sekitar 30 menit. Memang, satu-satunya transportasi untuk mencapai pantai dan hutan bakau Teluk Kaba adalah dengan perahu sewa.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link