Pantai Indrayanti

1864 views

Nuansa pantai Indrayanti dengan pesona pantai berpasir putih, batu karang yang selalu tertabrak ombak yang berlarian, hijaunya permadani air laut dipesisir yang berubah biru saat masih ditengah lautan pacah dan berbuih tatkala menyapu pesisir nan berpasir.

Pantai Indrayanti

Photo by jogjaliburan.com

Pantai Indrayanti yang berlokasi di desa Tepus ini sebenarnya telah diberi nama oleh pemerintah dengan sebutan pantai Pulang Syawal. Pantai yang bersekat bukit karang dengan Pantai Sudak ini berhiaskan pasir putih yang membentang , hamparan laut biru nan bersih dan jernih mengundang para pemilik bola mata untuk menikmatinya. Pantai nan alami dengan karang yang kokoh menjulang membuat pantai ini begitu asyik untuk ajang jeprat-jepret kamera.

Jajaran gazebo nan rapi yang mencuatkan kesederhana sangat pas dijadikan ajang berlindung dari sengatan matahari nan terik pasca lelah bermain air dan menikmati keindahan Pantai Indrayanti. Segelas es yang dijajakan dipinggir pantai sangat pas sebagai pengusir dahaga sembari menyelami keperawanan pantai Indrayanti yang begitu terjaga kebersihannya. Hijaunya batu karang yang ditumbuhi tanaman khas pantai begitu kuat menyejukkan mata ditengah panasnya mentari yang menyusup butiran pasir.

Lorong-lorong karang nan kokoh mengundang para wisatawan untuk menikmatinya, deburan ombak yang memecah karang begitu menenangkan dipadu angin dari Pantai Indrayanti yang berhembus kencang. Para wisatawan yang lalu lalang membuat suasana semakin riuh dengan semakin berlalunya mentari hendak memasuki peraduan. Suasana yang berangsur gelap dengan panorama jingga diufuk barat berbatas ombak yang berlarian hingga sang mentari benar-benar tenggelam dalam balutan air laur yang bergejolak.

Aktivitas di Pantai Indrayanti Yogyakarta ternyata tidak dilumpuhkan oleh tenggelamnya sang surya dalam peraduan. Jusrtu nuansa romantic mulai hidup tatkala gelap mendekap nuansa erotis Pantai Indrayanti yang sebelumnya dibalut cahaya sang surya nan terik. Suasana indah nan romantic semakin terasa kuat tatkala Dolaners menyinggahi jajaran gazebo yang berbaris rapi dengan nuansa indah memukau bersinarkan lampu nan redup berkelip. Nuansa romantic semakin lengkap tatkala anda menikmati dinner ditemani deburan ombak, sepio angin laut dan citarasa masakan nan memanjakan lidah.


AKTIFITAS

Kuliner
Untuk urusan makan, Dolaners tidak perlu khawatir. Di sekitar bibir pantai Indrayanti banyak terdapat lapak warung yang menjajakan masakan dengan menu yang cukup bervariasi. Harga yang ditawarkan pun tidak terlalu mahal untuk ukuran tempat wisata. Ada bakmi jawa, nasi goreng, sea food, es kelapa muda dan masih banyak menu menarik lainnya. Selain warung makan, di sepanjang jalan masuk ke Pantai yang hanya berjarak 50 meter dari jalan raya ini, banyak terdapat toko cinderamata yang menjual pakaian pantai dan kaos dengan sablon bertuliskan pantai Indrayanti dengan berbagai bentuk kreasi. Harganya pun cukup terjangkau, jika Dolaners mampu mengeluarkan jurus tawar menawar Dolaners dengan baik. Untuk Dolaners yang ingin mencari kuliner di luar kawasan Pantai Indrayanti, Dolaners bisa singgah di Rumah Makan Griyo Wono. Rumah Makan yang satu ini menyajikan aneka hidangana khas Jawa dengan cita rasa yang dijamin lezat. Di sini selain cita rasa makanannya, Dolaners juga akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang sekaligus bisa dinikmati mata selagi sambil menikmati hidangan.
Akomodasi
Biaya Tiket Masuk : Rp. 10.000,- per orang
Biaya Parkir Motor : Rp. 4.000,-
Biaya Parkir Mobil : Rp. 15.000,-
Biaya Sewa Jet Sky : Rp. 250.000,- per 15 menit
Biaya Sewa Payung Teduh + Tikar : Rp. 20.000,-
Biaya Sewa Penginapan : Rp. 100.000 hingga Rp. 350.000,- per malam
Kegiatan
Beragam kegiatan yang bisa Dolaners lakukan di Pantai Indrayanti ini, yakni seperti :
  • Bermain Pasir Putih.
    Dolaners bisa mengajak buah hati Dolaners untuk bermain berkreasi membuat bangunan atau bentuk lainnya pasir putih yang bersih dari sampah.
  • Mencari Ikan di Sela-sela Karang.
    Teksture Pantai Indrayanti sangatlah bersahabat, jarak antara pasir putih dengan ombak dipisahkan oleh karang panjang tempat bersembunyinya ikan-ikan berwarna-warni dan biota laut lainnya.
  • Foto dari atas Tebing.
    Disekitar Pantai Indrayanti terdapat banyak tebing yang telah diberi anak tangga untuk menuju pucuk karang yang telah dibuat secara swadaya oleh penduduk lokal, sehingga kita bisa menikmati indahnya Pantai Indrayanti dari ketinggian.
  • Berpacu Adrenalin dengan Jet Ski.
    Di sana juga Dolaners juga bisa menikmati sensai menaiki jet ski dengan tarif Rp. 250.000,- / 15 menit. Anda akan dibawa oleh drivernya dengan manuver-manuver yang sangat mendebarkan, sehingga tidak jarang banyak penumpangnya jatuh ke air. Namun Anda tidak usah khawatir karena sudah disediakan baju pelampung.
  • Duduk Santai di bawah Payung.
    Di Pantai Indrayanti banyak sekali penduduk lokal yang menyewakan payung dan tikar agar Dolaners bisa menikmati ombak pantai dari atas pasir putih tanpa perlu khawatir terkena terik panas matahari. Harga sewanya pun terjangkau, cukup Rp.20.000,- sepuasnya.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Rute menuju Pantai Indrayanti Gunungkidul selain banyak tikungan juga banyak tanjakan dan turunan. Hal ini karena terletak di daerah pegunungan sehingga jalanan naik turun dan berkelok-kelok. Jika menggunakan kendaraan umum naiklah bis Jogja-Wonosari dan turun di terminal Wonosari lalu naiklah ojek. Jika menggunakan kendaraan pribadi, maka Dolaners bisa langsung mengikuti jalan Wonosari yang terletak di persimpangan ring road timur menuju ke arah timur sampai bertemu dengan alun-alun Wonosari atau kurang lebih 2 jam perjalanan dari ring road timur Jogja. Setelah sampai alun-alun Wonosari, jalan terus ke arah timur, sehingga ada papan petunjuk jalan bertuliskan Terminal Wonosari. Berbeloklah ke kanan ke arah terminal Wonosari dan ikuti terus jalan tersebut.
Berbagai modal transportasi dapat digunakan untuk mencapai Pantai Indrayanti. Dolaners yang tidak membawa kendaraan pribadi dan ingin menggunakan jasa kendaraan umum, maka naiklah bus jurusan Jogja – Wonosari dan turun di terminal Wonosari lalu naiklah ojek untuk sampai ke Pantai Indrayanti.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link