Pantai Kayu Arum

431 views

Sudah ke Pantai Baron di Yogyakarta, Dolaners? Pantai mainstream ini tentu sulit lepas dari radar eksplorer seperti Dolaners. Geser dikit ke arah barat, Dolaners bisa tiba di sebuah pantai yang jauh dari keriuhan Pantai Baron. Bukan Baron Techno Park, masih ke arah barat lagi. Pantai Kayu Arum, namanya. Lokasinya cukup mblusuk, masih harus ditempuh dengan berjalan kaki. Penasaran seperti apa lokasi dan keindahan pantai anti mainstream ini?

Pantai Kayu Arum, Pantai Kayu Arum Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners

photo by kumans__

Pantai Kayu Arum baru dibuka oleh warga beberapa tahun belakangan, jadi masih terbilang baru juga. Karenanya, pantai ini masih terjaga alami disebabkan oleh masih sedikitnya pengunjung. Topografi Pantai Kayu Arum yang diapit dua bukit karang kapur di kanan kirinya akan mengingatkan Dolaners pada Pantai Mbirit, Pantai Butuh, atau lebih jauh lagi, Pantai Kalong.

Pantai Kayu Arum memiliki pasir lembut dan karang kapur khas Gunung Kidul, dengan angin besar yang membuat ombak pantainya cukup garang menghantam tebing karang. Sebenarnya pantai ini terbilang kecil, berbentuk teluk menghadap lepas ke arah Laut Selatan pesisir Pulau Jawa. Namun uniknya, di balik pasir pantai, Dolaners akan langsung berjumpa dengan petak-petak ladang jagung dan singkong milik warga yang diapit perbukitan kapur. Perpaduan pemandangan yang jarang dijumpai di kawasan pantai, bukan?

Setelah memarkirkan kendaraan di kawasan Baron Techno Park, Dolaners akan melanjutkan perjalanan menuju Pantai Kayu Arum dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak melintasi ladang-ladang warga tadi. Jadi, bersiap dengan pakaian dan alas kaki yang nyaman ya, Dolaners. Sebabnya, medan yang ditempuh selama sekitar 30 menit ini bisa jadi licin dan berlumpur saat musim hujan.

AKTIVITAS

Kuliner
Pantai Kayu Arum masih sepi pengunjung, bahkan tiket masuk ke pantai ini masih gratis. Jadi, wajar saja bila tak ada fasilitas penunjang wisata, termasuk warung-warung atau tempat makan. Mengingat medan yang ditempuh dan durasi jalan kaki dari Baron Techno Park, sebaiknya Dolaners siap dengan perbekalan makanan dan minuman sendiri. Bila beruntung, Dolaners bisa membeli kelapa muda pada warga yang sedang memanen kelapanya.
Akomodasi
Harga Tiket Masuk: Rp 10.000 – di Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) bersama menuju Pantai Baron
Parkir Motor: Rp 5.000,- di Baron Techno Park
Kegiatan
Di sisi timur Pantai Kayu Arum ada sebuah bukit bernama Tebing Dluwuk yang, bila Dolaners sanggup mendakinya, menawarkan pemandangan alam pesisir menakjubkan. Kalau mau mengikuti kegiatan warga setempat untuk memancing ikan atau mencari rumput laut, boleh-boleh saja, Dolaners. Tapi bagi penyuka camping di tempat sepi, Pantai Kayu Arum ini sepertinya cukup menggoda. Lagipula, ada sumur sumber air tawar tak jauh dari kawasan pantai.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Pantai Kayu Arum berada di sebelah barat Pantai Baron dan Baron Techno Park BPPT yang memiliki Pantai Parangrancuk. Kalau Dolaners menuju ke Pantai Kayu Arum langsung dari Pantai Baron, jarak yang ditempuh sekitar 6 kilometer. Kalau dari Baron Techno Park, Pantai Kayu Arum berjarak sekitar 4 kilometer.
Dari Kota Yogyakarta, Dolaners bisa tiba di Pantai Kayu Arum dalam waktu sekitar 2 jam, dengan jarak tempuh sekitar 65 kilometer. Rute menuju Pantai Kayu Arum sama seperti rute menuju Pantai Baron ataupun Baron Techno Park. Dari arah Kota Yogyakarta, Dolaners bisa langsung menuju Jalan Wonosari atau Ring Road Ketandan, melewati perempatan Sampaan menuju Piyungan terus menuju Bukit Bintang atau Bukit Patuk Gunung Kidul. Dolaners akan melalui Pasar Buah Sambipitu, terus saja sampai melewati pertigaan Sambipitu menuju Hutan Bunder. Setelah melewati perempatan Gading dan lapangan udara, Dolaners belok kiri di pertigaan berikutnya menuju Wonosari. Terus saja, melewati Payen, Bundaran Siono, Pemda Wonosari, dan Pasar Wonosari. Sebelum Polres, Dolaners akan tiba di sebuah pertigaan. Belok kanan di pertigaan ini menuju Jalan Baron, terus ke Karang Rejek, Mulo, Kemiri, Kemadang, dan lurus saja melalui Pasar Kemadang. Setelah melewati Tempat Pemungutan Retribusi (TPR), Dolaners belok ke kanan di persimpangan jalan. Ke arah kiri menuju Pantai Baron, sedang ke arah kanan menuju Pantai Parangrancuk dan Pantai Kayu Arum.