Pantai Kondang Merak

2144 views

Akses jalan yang masih jauh dari kesan mulus tidak mengurungkan niat untuk menjelajahi Pantai Kondang Merak dengan panorama pasir pantai yang berwarna putih berterkstur lembut, tarian ikan kecil dan kokohnya karang menyumbul dari balik air laut yang biru. Deburan ombak pantai yang lembut dan tenang menyapa bibir pantai membuat suasana lebih damai ketika berpadu dengan langit biru.

Pantai Kondang Merak

Photo by sewamobilmalang.net

Permadani pasir Pantai Kondang Merak yang lembut menyentuh kaki dengan belaian angin yang berhembus sepoi berpadu karang kokoh yang tidak bisa dibilang kecil membuat kemolekan panorama Pantai Kondang Merak semakin komplit. Suasana pesisir yang tidak terlalu ramai membuat pantai yang dulu kondang oleh kawanan burung merak yang sering melepas rasa haus ini begitu pas untuk tempat singgah guna melapas stress dan penat.

Di pantai yang kondang dengan komoditi ikan hiasnya ini menyimpan panorama planet bawah laut yang begitu memukau, ombaknya yang tidak ganas bahkan nyaris tidak bergelombang membuatnya sebagai wahana memikat untuk bersnorkeling. Untuk mendapatkan panorama terbaik Dolaners wajib tiba di Pantai Kondang Merak sebelum gelap menerpa, karena suasana kemolekan sunset dengan latar warna semu orange, dengan pasir pantai yang sedikit remang berpadu mentari yang bersiaga hendak bersembunyi dibalik bukit menggugah tangan Dolaners untuk merekamnya.

Terlebih saat surut tiba karang yang semula terselimuti oleh birunya laut muncul dan menyumbul dengan indahnya. Moment surutnya Pantai Kondang Merak Malang hingga ratusan meter ini bisa Dolaners nikmati ketika menjelang pukul 3 dini hari saat bulan bersinar terang dengan panorama penduduk setempat yang berupaya sekuat tenaga menyuluh ikan dengan cara yang masih sangat tradisional. Dolaners bisa menikmati pantai yang penuh dengan kerlip lampu pengincar ikan yang dengan gesitnya menyusuri Pantai Kondang Merak dengan kedua kaki mereka.

Dolaners tidak hanya bisa memanjakan kedua pelupuk mata dengan panorama yang memukau, akan tetapi juga kuliner yang dijajakan disekitar Pantai Kondang Merak dengan menu sea food. Adalah sate gurita kuliner khas pantai yang berlokasi di kota Malang ini, namun Dolaners harus memesannya di warung kawasan pantai sebelum menjajaki kemolekan pantai yang cocok untuk ajang offroad dan bercamping ini.


AKTIFITAS

Kuliner
Bagi Dolaners yang ingin berlibur ke wisata alam Pantai Kondang Merak tidak perlu khawatir dan repot membawa bekal dari rumah karena di kawasan wisata ini terdapat banyak pedagang yang menjual beragam panganan. Mulai dari yang hanya sekedar jajanan cemilan ringan, makanan berat hingga beragam pilihan minumanpun tersedia disini. Soal harga, Dolaners tidak perlu khawatir karena harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau.
Akomodasi
Biaya Tiket Masuk : Rp. 5.000 per orang
Biaya Parkir Kendaraan Roda 2 : Rp. 2.000,-
Biaya Parkir Kendaraan Roda 4 : Rp. 5.000,-
Kegiatan
Pantai Kondang Merak merupakan pantai yang masih alami. Selain luas, pasir putihnya bersih dengan ombak yang bersahabat alias tidak terlalu tinggi. Cobalah berjalan tanpa menggunakan alas kaki. Dolaners akan merasakan hamparan pasir yang lembut. Di beberapa bagian pantai dihiasi rindang pepohonan serta batu karang besar yang kokoh dan menambah kecantikan kawasan ini. Keindahan panorama Pantai Kondang Merak semakin nyata terlihat kala air laut sedang surut. Pada saat itulah karang yang biasanya tertutup air terlihat dari permukaan. Ada koral dan ganggang laut yang menyejukkan mata Dolaners. Sesekali burung elang berterbangan menambah indah suasana. Para pengunjung pasti tak akan menyesal pernah datang ke pantai ini. Wisata ke Pantai Kondang Merak akan menjadi pengalaman liburan yang tidak akan terlupakan. Di Pantai Kondang Merak Malang ini tak hanya keindahan yang bisa Dolaners nikmati, berbagai fasilitas tambahan akan memanjakan pengunjung. Misalnya camping ground, penginapan, mushola, rumah makan, lahan perikanan yang setiap harinya mampu menghasilkan hampir 2 kuintal ikan serta menu kuliner seafood seperti lobster bakar. Kebersihan pantai pun masih terjaga dengan baik. Bagi yang tak menyukai keramaian dan ingin menyepi untuk menenangkan pikiran, Pantai Kondang Merak siap menyambut Dolaners.
Tips BerwisataAkses Transportasi

Bagi Dolaners yang ingin berkunjung ke Pantai Kondang Merak ini, makan akses jalan yang perlu Dolaners lewati yakni jika dari Kota Malang, Dolaners harus menuju Gadang – Bululawang – Gondanglegi – Bantur – Pantai Kondang Merak . Jarak dari Kota Malang sekitar 60an Km, Dolaners bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umu. Menuju Pantai Kondang Merak , dijamin Dolaners sama sekali tidak akan bingung. Papan arahnya sangat jelas dan membantu pengunjung ke arah sana. Dolaners cukup memperhatikan arah Balekambang saja, karena arahnya sejalan dengan Pantai Kondang Merak.

Kemudian arahnya baru terbagi menjelang 10 Km terakhir, selanjutnya Dolaners hanya perhatikan petunjuk arah Pantai Kondang Merak . Jalanannya cukup baik kecuali 5 Km terakhir yang masih bebatuan. Sepanjang perjalanan Dolaners akan disuguhi pemandangan kebun tebu dan tanaman jati. Tikungan-tikungan tajam dan kontur naik turun perlu disikapi dengan hati-hati, terutama melintasi jalan makadam (bebatuan) harus bersabar dan harus sedikit pelan. Untuk kembali ke Malang, usahakan jangan lebih pukul 3 petang, karena jalanan sudah sepi.

Untuk mencapai Pantai Kondang Merak , Dolaners bisa memilih salah satu dari dua jalur yang ada. Jalur pertama, dari Kota Malang naik angkot atau bus yang menuju Kepanjen, lalu dari terminal Kepanjen Dolaners cukup cari angkutan umum yang menuju ke Pagak. Dari terminal Pagak Dolaners tinggal mencari kendaraan umum yang menuju ke Bantur. Dari sini lanjut menggunakan jasa ojek yang akan membawa Dolaners ke Pantai Kondang Merak .

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link