Pantai Krakal

1528 views

Adanya banyak ikan hias yang berada di karang - karang dekat pantai pada musim - musim tertentu menjadikan sebuah tontonan yang layak disaksikan. Bercanda sambil berenang menambah suasana menjadi lebih asik. Pantai yang bersih dan fasilitas yang memadai dapat Dolaners nikmati di Pantai Krakal, Yogyakarta.

Pantai Krakal

Photo by uqmanalghiffari.blogspot.co.id

Pantai Krakal merupakan salah satu dari banyak pantai yang berderet di kawasan Gunung Kidul Yogyakarta. Berlokasi di Desa Ngestiharjo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dari pusat kota Jogja, Dolaners hanya perlu menuju ke arah Piyungan – Patuk – Sambipitu – Lanud TNI Gading – Siyono – Bundaran Tugu BPD lurus ke timur – Wonosari – Jalan Baron – Tanjungsari – Pos Retribusi Kawasan Pantai Gunungkidul dan sampailah di Pantai Krakal. Pesona keindahan dari Pantai Krakal ini diantaranya garis pantai yang sangat panjang, permukaan pantai yang landai, ombak yang tidak begitu besar, adanya banyak ikan hias yang berada di karang – karang dekat pantai pada musim – musim tertentu, tebing pantai yang sangat cantik. Selama berada di Pantai Krakal ini Dolaners bisa mendapatkan panorama pemandangan yang sungguh aduhai.

Bermain pasir adalah salah satu kegiatan yang mengasyikkan. Tak hanya itu, bagi yang hobby fotografi juga bisa hunting foto disini. Namun seakan belum lengkap jika nelum menyembut bahwa Pantai Krakal ini juga mempunyai spot indah untuk melihat sunrise. Keelokan sunrisenya yang begitu menawan menarik hati sudah menjadi rahasia umum di kalangan para Dolaners. Hal ini menjadikan Pantai Krakal tak jarang dijadikan tempat camping guna melihat keindahan matahari terbit di keesokan harinya. Jangan lewatkan pula mencicipi kuliner aneka olahan seafood yang dijamin akan menggoyang lidah Dolaners. Terdapat sarana penginapan yaitu Hotel Herlois yang dapat Dolaners gunakan apabila memutuskan untuk bermalam di pantai ini.


AKTIFITAS

Kuliner
Untuk urusan makan, Dolaners tidak perlu khawatir. Di sekitar Pantai Krakal banyak terdapat lapak warung yang menjajakan masakan dengan menu yang cukup bervariasi. Harga yang ditawarkan pun tidak terlalu mahal untuk ukuran tempat wisata. Aneka olahan seafood dan es kelapa muda siap menggoyang lidah Dolaners.
Akomodasi
Biaya Tiket Masuk : Rp. 10.000,- per orang
Biaya Parkir Motor : Rp. 2.000,-
Biaya Parkir Mobil : Rp. 5.000,-
Biaya Penginapan : mulai dari Rp. 100.000,- per malam
Kegiatan
Selama berada di Pantai Krakal ini Dolaners bisa mendapatkan panorama pemandangan yang sungguh aduhai. Bermain pasir adalah salah satu kegiatan yang mengasyikkan. Tak hanya itu, bagi yang hobby fotografi juga bisa hunting foto disini. Apalagi jika moment matahari tenggelam tiba, view yang dihadirkan oleh Pantai Krakal sangalah romantis. Di Pantai Krakal ini, Dolaners juga bisa mendirikan tenda dan camping bersama para sahabat. Jangan lewatkan pula mencicipi kuliner aneka olahan seafood yang dijamin akan menggoyang lidah Dolaners.
Tips BerwisataAkses Transportasi
  1. Rute ke Pantai Krakal dari Solo :
    Lewat Klaten : Cawas – Semin – Watukelir – Karangmojo – Tanjungsari – Pantai Krakal
    Lewat Sukoharjo : Solo – Sukoharjo – Tawangsari – Semin – Watukelir – Karangmojo – Tanjungsari – Pantai Krakal.
  2. Rute ke Pantai Krakal dari Jogja :
    Jogja – Piyungan – Patuk – Sambipitu – Lanud TNI Gading – Siyono – Bundaran Tugu BPD lurus ke timur – Wonosari – Jalan Baron – Tanjungsari – Pos Retribusi Kawasan Pantai Gunungkidul – Pantai Krakal.
Bagi Dolaners yang menggunakan transportasi umum, Dolaners bisa naik bus yang berangkat dari Terminal Giwangan Yogyakarta. Wisatawan dapat memilih mini bus atau bus besar. Perjalanan menelan waktu sekitar 1 jam untuk sampai ke Pantai Krakal Yogyakarta. Sesampainya di Kota Wonosari, biasanya penumpang akan turun disekitar Pasar Wonosari atau daerah pertokoan di sana. Kemudian, carilah bus kecil yang menuju Pantai Baron atau Pantai Krakal. Dengan menumpangi bus kecil tersebut, memakan waktu antara 40 menit-1 jam. berangkat dari pusat Kota Yogyakarta langsung menuju pantai dengan kendaraan roda dua, perjalanan memakan waktu sekitar 2 jam.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link