Pantai Lenggoksono

1825 views

Hamparan pasir putih nan lembut menyapa kaki-kaki yang melangkah diatasnya, angin sepoi yang menyapa kulit begitu lembut membelai, suara deburan ombak nan elok berlarian memecah bebatuan begitu terngiang ditelinga, hijaunya pepohonan yang menyelimuti karang begitu indah menyilaukan mata, sungguh menggugah tangan ini untuk merekamnya berkali-kali dengan jepretan kamera.

Pantai Lenggoksono

Photo by tctirtowening.malangkab.go.id

Luasnya permadani pasir putih Pantai Lenggoksono yang melingkar berbatas kokohnya tebing yang mengapit cukup menyejukkan pemandangan para Dolaners oleh rindangnya pepohonan yang tersemat dengan hijaunya. Pantai dengan potensi hasil laut berupa cumi, lobster, layar, layur dan cakalang menawarkan spot menarik bagi para pengincar ikan dengan memancing. Pemandangan nan elok dengan deburan ombak yang berkejaran menyapu bebatuan kecil di pesisir pantai membuat Pantai Lenggoksono semakin nyaman dan memikat.

Goa bawah laut yang bersarang di bawah Pulau Gadung menjadi saksi populasi lobster dengan berbagai spesies. Goa yang dijaga ketat dari tangan jahil yang mengincar spesies lobster dengan bahan berbahaya yang mampu mengancam populasinya. Sebagai goa yang telah resmi bergelar ekowisata ini para lobster bisa bernafas lega dengan penjagaan yang super ketat sehingga populasi mereka bisa bertelur dan senantiasa lestari. Keindahan Pantai Lenggoksono tidak hanya dari sisi alam atas laut namun biota lautnya yang lucu dan beragam membuatknya cocok sebagai wahana snorkeling dan diving. Dengan paduan keindahannya tidak berlebihan jika Pantai Teluk Lenggoksono kita beri gelar pantai yang berpanorama seksi.

Beranjak sedikit dari Pantai Lenggoksono Malang dengan mengarungi akomodasi laut selama 30 menit pesona Teluk Kletekan dengan cucuran air terjun yang langsung menggerojok dari atas bukit membuat nuansa berwisata Dolaners disana semakin mempesona. Keindahan wisata alam yang tiada duanya dengan suguhan air terjun yang mengalir pada tebing batu karang dengan tinggi tujuh meter.

Gerojokan air membanjiri segala sesuatu yang terdapat dibawahnya, tidak sampai disitu air dengan pesona kemolekannya tidak hanya mengalir melalui satu titik, namun selebar luasnya batu karang. Sungguh suatu kemolekan yang tiada tanding dengan airnya yang bersih, dingin dan jernih menggelitik kita untuk menyelaminya dengan mandi atau berenang di Pantai Lenggoksono ini.


AKTIFITAS

Kuliner
Bagi Dolaners yang ingin berlibur ke wisata alam Pantai Teluk Lenggoksono tidak perlu khawatir dan repot membawa bekal dari rumah karena di kawasan wisata ini terdapat banyak pedagang yang menjual beragam panganan. Mulai dari yang hanya sekedar jajanan cemilan ringan, makanan berat hingga beragam pilihan minumanpun tersedia disini. Soal harga, Dolaners tidak perlu khawatir karena harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau.
Akomodasi
Biaya Tiket Masuk Pantai Lenggoksono : Rp. 5.000,-
Biaya Parkir Kendaraan : Rp. 3.000,-
Biaya Sewa Peralatan Snorkling : Rp. 25.000,- per set
Biaya Perahu : Rp. 50.000,- per perahu
Kegiatan
Pantai Lenggoksono mempunyai pemandangan yang sangat indah dan menyejukkan mata. Hamparan pasir putih yang membentang seluas satu kilometer melingkar dengan dua sisi dikelilingi tebing serta ditumbuhi rerumputan hijau. Ditambah dengan deburan ombak  yang saling kejar-kejaran serta bebatuan kecil di tepian Pantai Lenggoksono. Bahkan ketika cuaca sedang bagus dan ombak sedang besar, banyak turis dari Australia dan Jerman melakukan surfing di pantai selatan Malang ini. Banyaknya batuan kali yang bisa kita jumpai di sepanjang bibir pantai seakan menambah aksen unik pantai yang identik dengan pasir putihnya. Pantai ini juga memiliki keunikan lain yang tidak dimiliki pantai selatan lainnya. Tak jauh dari bibir Pantai Lenggoksono terdapat sebuah danau kecil yang berisi air tawar. Danau ini memanjang membentuk hulu berlawanan arah dengan pantai. Jarak antara danau dengan laut pun hanya dipisahkan oleh batuan kali yang tersebar di bibir pantai. Di danau kecil tersebut juga banyak dijumpai ikan mujaer. Tak heran apabila pengunjung sering memanfaatkan danau itu sebagai tempat memancing. Tak hanya itu, di Pantai Teluk Lenggoksono juga tersimpan kekayaan laut seperti lobster, cumi-cumi, cakalang, dan ikan layur. Oya, di sepanjang bibir pesisir juga banyak terdapat perahu-perahu nelayan. Perahu-perahu itulah yang digunakan nelayan untuk mencari ikan dan mengantar pengunjung ke teluk dan pulau di sekitar Pantai Lenggoksono. Selain ke Pantai Lenggoksono, Dolaners juga bisa menyebrang menggunakan perahu menuju ke destinasi lain seperti Teluk Kletekan, Air Terjun Banyu Anjlok, dll.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Dari kota Malang, Pantai Lenggoksono Malang bisa ditempuh melalui Dampit menuju kota Tirtoyudo, lalu berbelok ke kanan di pertigaan Tangsi, Desa Tirtoyudo. Dari pertigaan ini posisi pantai masih sekitar 30 km. Kondisi jalan dari Tangsi, Tirtoyudo menuju Lenggoksono, Purwodadi masih mulus beraspal, namun ruas jalan agak menyempit. Sepanjang jalan 30 km tersebut jalanan berkelok-kelok disertai tanjakan dan turunan yang cukup tajam. Kurang lebih sekitar 5 km menuju Desa Purwodadi jalanan agak rusak, tapi tenang saja sebab sebagian jalan sudah dicor hingga sampai ke lokasi pantai. Di sepanjang perjalanan Dolaners akan disuguhi pemandangan perkebunan cengkeh dengan tingginya yang mencapai 15 meter. Terdapat pula perkebunan warga sekitar seperti jagung dan pohon sono.
Perlu diketahui hingga saat ini belum tersedia angkutan umum yang bisa mengantarkan Dolaners sampai ke Pantai Lenggoksono Malang ini. Sehingga jika Dolaners ingin berlibur ke pantai ini, Dolaners harus menggunakan kendaraan pribadi. Pantai Lenggoksono dapat diakses menggunakan kendaraan pribadi roda dua maupun roda empat.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link