Pantai Loang Baloq

2099 views

Merasakan hembusan angin di tepi pantai dan menikamati kemilau liuk air laut dari balik saung. ditambah dengan pesona fajar yang menyembul dan kembali ke peraduan, membuat hati selalu berdesir tatkala menikmati keindahan Pantai Loang Baloq.

Pantai Loang Baloq

Photo by lombok.biz

Pantai Loang Baloq adalah sebuah pantai pasir putih yang berada di kota mataram. Meskipun tergolong tempat wisata yang bersih, cuaca di pantai ini tergolong cukup terik. Sebagai gantinya Dolaners dapat menikmati keindahan pantai dari saung saung di taman Loang Baloq yang tepat berada di bibir Pantai Loang Baloq Lombok.

Dari taman Loang Baloq Dolaners dapat menikmati dengan leluasa matahari terbit dan terbenam serta siluetnya yang tercermin di permukaan air pantai baloq. Tak hanya itu, taman Loang Baloq juga dilengkapi dengan sebuah danau buatan dengan bentuk menyerupai pulau lombok. Wahana air di taman Loang Baloq juga tebilang lengkap. Dengan adanya taman Loang Baloq, Dolaners tak perlu khawatir untuk mengajak buah hati berlibur ke pantai Loang Baloq. Pasalnya taman Loang Baloq menyediakan ruang khusus bagi anak anak yang nyaman dan nyaman.

Masih di kawasan Pantai Loang Baloq, Dolaners juga dapat menemukan makam keramat yang disebut sebagai makam Loang Baloq. Komplek pemakaman ini terdiri dari 3 makam, yaitu makam Maulana Syech Gaus Abdurrazak, datuk laut dan anak yatim. Komplek pemakaman ini akan ramai peziarah saat idul fitri dan akan mencapai puncaknya pada saat lebaran ketupat (tanggal 6 syawal).

Saat lebaran ketupat dan peziarah sedang mencapai puncaknya, kawasan Pantai Loang Baloq akan disulap menjadi tempat pertunjukan, Dolaners akan disuguhi dengan beberapa tenda, panggung rakyat dan juga pedagang dadakan. Pada saat yang bertepatan dengan lebaran ketupat seperti ini Dolaners dapat menyaksikan pesta rakyat, pagelaran budaya, tumpeng ketupat raksasa, serta beraneka macam lomba menarik seperti lomba pukul bedug, adu cepat membuat ketupat dan yang paling menarik adalah lomba tangkap bebek di lautan lepas.


AKTIFITAS

Kuliner
Bagi Dolaners yang ingin berlibur ke kawasan Pantai Loang Baloq ini tidak perlu khawatir kelaparan. Hal ini karena di sekitar kawasan Pantai ini terdapat banyak penjual makanan. Mulai dari aneka hidangan seafood hingga jajanan khas mataram. Harganya pun cukup terjangkau.
Kegiatan

Di Pantai Loang Baloq, Dolaners bisa menikmati wisata di pantai dilengkapi dengan fasilitas taman air beserta jogging track. Tidak hanya itu, di tempat ini kamu juga bisa berwisata religi. Dolaners bisa jogging sore mengelilingi sebuah taman air yang cukup luas. Jogging track yang nyaman dengan jarak yang lumayan juga untuk satu putaran. Atau Dolaners bisa bermain sepeda air bebek yang terdapat di taman air. Beberapa stand makanan dan minuman juga ada di area taman ini. Dolaners bisa mengajak teman atau keluargamu duduk bersantai di beruga (saung) yang terdapat di tepi taman air.

Sedangkan yang berminat wisata religi atau ziarah makam, bisa juga ke area makam. Cukup menyebrang jalan, area makam ini berhadapan dengan lokasi taman dan pantai Loang Baloq. Ada beberapa makam tokoh di dalam komplek makam ini. Di area makam terdapat pohon beringin yang sangat besar dengan sebuah lubang yang di dalamnya terdapat sebuah makam Syeikh Gaus Abdur razak. Beliau adalah seorang tokoh penyebar agama Islam di Lombok. Di komplek makam ini juga ada dua makam tokoh lain, yaitu makam Anak Yatim dan makam Datuq Laut.

Tips BerwisataAkses Transportasi
Akses menuju ke kawasan Pantai Loang Baloq ini cukup mudah. Jika dari pusat kota Mataram Dolaners bisa langsung menuju Jalan Lingkar Selatan, ikuti saja jalan utama maka Dolaners akan menemukan Pantai Loang Baloq ini. Jarak dari pusat kota menuju ke pantai hanya 3 km.
Untuk mencapai Pantai Loang Baloq di Lombok ini Dolaners bisa menggunakan tranportasi umum maupun pribadi, baik roda dua maupun empat. Jika Dolaners menggunakan transportasi umum, dapat naik angkutan kota, taxi atau ojek dari kota Mataram.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link