Pantai Losari

1305 views

Makassar terkenal dengan ikonnya Pantai Losari. Tulisan besar pantai losari di pinggiran pantai tersebut akan menjadi pusat perhatian setiap pengunjung yang datang berkunjung ke kota tersebut. Pantai Losari Makassar letaknya ada di pusat kota. Tepatnya berlokasi di sisi barat Kota Makassar.

Pantai Losari

Photo by anekatempatwisata.com

Uniknya Pantai Losari Makassar ini adalah tak berpasir dan letaknya ada di pusat kota. Jadi sudah pasti luasnya pantai ini akan sangat mudah dipandang setiap orang yang lalu lalang di sekitarnya. Pantai Losari mungkin lebih tepatnya adalah dermaga laut karena memang tak seperti umumnya memiliki bibir pantai yang bertabur pasir putih. Pantai Losari ini dekat dengan pelabuhan Makassar. Pinggiran pantai langsung berbatasan dengan trotoar jalan raya. Pinggiran pantai ini diberi pembatas berupa tanggul. Ketika Dolaners datang ke Pantai Losari Makassar pemandangan sore hari adalah yang paling mempesona. Sebab semburat sinar mentari yang berwarna jingga akan menambah cantiknya Pantai Losari dalam pandangan mata setiap pengunjung.

Tak hanya keindahan sunset yang dapat Dolaners nikmati saat di Pantai Losari Makassar. Di sekitar pantai tersebut juga tersedia banyak warung tenda yang menyediakan kuliner khas Makassar. Dolaners dapat melakukan icip-icip makanan seusai menikmati pemandangan pantai yang begitu eksotis. Perjalanan Dolaners pun juga akan sangat unik menuju tempat penjaja makanan khas sekitar pantai. Dolaners dapat naik becak berkeliling menikmati suasana kota Makassar. Namun keindahan Pantai Losari Makassar tak hanya bisa dinikmati kala senja saja, Dolaners juga dapat melihat berbagai aktivitas atau mungkin turut melakukannya. Di sepanjang pinggiran pantai tiap pagi biasanya banyak masyarakat yang melakukan olahraga pagi seperti jalan-jalan, jogging, bersepeda, atau senam sembari menikmati udara pagi yang segar. Seusai berolahraga biasanya mereka membeli berbagai jajanan yang tersedia di sekitar pantai.

Di Pantai Losari juga terdapat sebuah dermaga apung yang menjadi daya tarik wisata bagi pengunjung. Dolaners dapat menyewa banana boat yang menepi di tepian dermaga apung tersebut. Dengan banana boat itu Dolaners dapat berlayar mengitari perairan Pantai Losari Makassar yang begitu luas. Jadi tunggu apalagi, berkunjung ke Makassar akan makin lengkap jika sudah menapaki Pantai Losari.


AKTIFITAS

Kuliner
Untuk urusan makan, Dolaners tidak perlu khawatir. Karena di sepanjang Pantai Losari ini selain menjajakan berbagai macam hidangan laut banyak warung yang menjajakan berbagai macam makanan khas Makassar, yang paling terkenal adalah pisang epe. Pisang epe adalah pisang yang dibakar, kemudian dipipihkan dan diberi air gula merah.

Selain itu di sepanjang jalan menuju ke Pantai Losari ini Dolaners juga akan menemukan aneka tempat kuliner yang patut untuk dikunjungi. Seperti The Level Cafe, Sup Ubi Datuk Museng, New Dinar Seafood, Pallubasa Datu Museng, Rumah Makan Lae Lae, Rumah Makan Kayangan, Kampoeng Pospa dan masih banyak lagi.

Kegiatan
Waktu yang tepat untuk Dolaners berkunjung ke Pantai Losari ini adalah sejak pukul 3 sore hingga 9 malam. Disini Dolaners bisa kumpul-kumpul sambil menunggu dan menikmati keindahan matahari tenggelam Pantai Losari, kemudian berlanjut menikmati kuliner hidangan laut yang enak dan murah. Selain dapat menikmati keindahan pantai, Dolaners juga dapat menikmati fasilitas internet di sepanjang Pantai Losari. Ini merupakan salah satu keunikan dari Pantai Losari, sebuah pantai yang mempunyai fasilitas hotspot internet gratis. Pantai Losari juga sering kali dimanfaatkan sebagai tempat untuk berolahraga. Dolaners bisa datang ke Pantai Losari untuk lari pagi karena udara yang sejuk dan angin yang sepoi-sepoi. Pantai Losari adalah tempat wisata alam yang jarang ditemui di kota lain, karena jarang sekali ada tempat wisata alam di tengah kota seperti di Pantai Losari.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Akses menuju pantai Losari sangatlah mudah. Bila Dolaners dari Bandar Udara Hasanuddin tinggal menggunakan bus damri menuju kawasan somba opu, kemudian turun di selther somba opu, lalu jalan kaki menuju Pantai Losari. Maka hanya membutuhkan waktu kurang lebih 45 menit, sedangkan jika dengan mengendarai kendaraan bermotor, dan bila dari pelabuhan Soekarno-Hatta hanya membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit.
Untuk dapat sampai ke Pantai Losari ini, Dolaners bisa menggunakan transportasi pribadi maupun umum, baik roda dua maupun roda empat atau lebih. Bagi Dolaners yang ini menggunkana transportasi umum, maka bisa menggunakan taxi, ojek atau bahkan bus damri maupun angkutan umum berkode L yang menuju ke Pantai Losari.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link