Pantai Marina, Bontang

1288 views

Saat melihat keindahan alam, apalagi pantai, dari kejauhan, apa yang Dolaners ingin lakukan? Maunya segera meluncur ke lokasi, bukan? Tapi bagaimana kalau ternyata keindahan yang tampak di depan mata itu tak boleh disentuh? Patah hati? Pastinya. Nah, Pantai Marina di Bontang Selatan ini salah satu kandidat yang bisa bikin Dolaners patah hati. Menjadi milik Marina PT Badak NGL, Pantai Marina tak sepenuhnya terbuka untuk umum. Tapi kalau Dolaners penasaran seperti apa pantai ini, yuk baca sedikit lagi, deh.

Pantai Marina, Pantai Marina Bontang, Kota Bontang, Dolan Dolen, Dolaners

photo via Melinda Permata Putri

Sepertinya nama Pantai Marina ada di mana-mana ya, Dolaners. Dan Kota Bontang tak mau ketinggalan, punya Pantai Marina juga. Hanya saja, lokasi pantai ini berada dalam kawasan Marina PT Badak NGL, jadi bisa dibilang lokasinya agak tersembunyi.

Tapi tersembunyi bukan berarti tidak bisa ditemukan ya, Dolaners. Apalagi pemandangan pantai ini indah dengan pasirnya yang putih, kontras dengan lautnya yang biru. Tentu menarik hati siapapun yang pernah mendengar atau melihatnya sekali saja. Sebenarnya Pantai Marina terbagi menjadi Marina Besar dan Marina Kecil, tapi pemisahannya tak terlalu kentara. Apalagi keduanya memiliki fasilitas yang tergabung, seperti ayunan, jungkat jungkit, dan masih banyak lagi fasilitas pendukung lain. Perahu untuk olahraga sailing juga tampak berjajar rapi di tepi pantai. Lebih jauh dari bibir pantai, pohon-pohon rimbun rindang menciptakan area teduh di kawasan Pantai Marina.

Sayangnya, Pantai Marina masih menjadi polemik apakah memang terbuka untuk umum atau tidak. Beberapa pengunjung ada yang bisa memasuki pantai ini karena merupakan kerabat atau punya kenalan karyawan, khususnya petugas keamanan, PT Badak NGL. Kalau Dolaners tidak memiliki keistimewaan ini, Pantai Marina masih bisa dinikmati dari Pelabuhaan Berbas Pantai atau dari Café Singapore. Pantai Marina sudah terlihat begitu indah dari kedua spot view ini, yang bisa jadi malah cuma bikin Dolaners semakin pingin mengunjunginya langsung.

Bila berkesempatan menikmati keindahan Pantai Marina secara langsung, Dolaners akan memahami kenapa pantai ini tidak sepenuhnya terbuka untuk umum. Marina PT Badak NGL adalah kawasan pertambangan migas, yang sebenarnya diperlukan perlengkapan safety terstandardisasi untuk memasuki kawasan ini, terutama area pabriknya. Bahkan dalam perjalanan menuju pabriknya, Dolaners akan melalui flare, sebuah spot pertambangan yang beradiasi cukup tinggi. Meskipun PT Badak NGL sudah membuat pengaturan pencegahan kecelakaan di lingkungan kerja, tetap saja diperlukan kehati-hatian bila Dolaners memasuki Pantai Marina.


AKTIVITAS

Kuliner
Karena Pantai Marina ini sebenarnya berada dalam kawasan pemukiman karyawan PT Badak NGL , tidak ada kuliner yang bisa dinikmati di sini. Dolaners harus siap dengan bekal sendiri atau menahan lapar dan haus hingga keluar dari kawasan Marina PT Badak NGL.
Akomodasi
Meskipun statusnya yang menjadi milik pribadi PT Badak NGL, pengunjung diharuskan membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000,-.
Kegiatan
Ombak Pantai Marina cocok untuk main jet ski, surfing, atau berenang. Pantai ini juga menjadi spot favorit para karyawan PT Badak NGL untuk diving. Tapi kalau ingin memasuki area pantai ini tanpa rekomendasi dari karyawan PT Badak NGL, kemungkinan besar Dolaners akan mengalami kesulitan.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Pantai Marina berjarak sekitar 4 kilometer dari Kota Bontang. Sebenarnya Pantai Marina adalah fasilitas pelabuhan PT Badak NGL yang digunakan untuk bongkar muat kapal tanker. Area Pantai Marina termasuk dalam zona III PT Badak NGL, yang merupakan zona pemukiman, dan sebenarnya tertutup untuk umum. Hanya penghuni yang merupakan karyawan PT Badak NGL yang memiliki akses langsung pada Pantai Marina. Selain itu, disiyalir masih ada buaya yang berkeliaran bebas di pantai ini, sehingga Pantai Marina tidak benar-benar aman untuk destinasi pariwisata yang terbuka untuk umum. Sebelum ke pantai ini, sebaiknya hal-hal ini masuk dalam pertimbangan Dolaners.
Untuk menuju Pantai Marina, Dolaners langsung saja meluncur ke kawasan Marina Pt Badak NGL. Akses masuk pantai akan terbatas oleh kebijakan PT Badak NGL.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link