Pantai Ngandong

Suka bingung milih pantai di Yogyakarta? Bagaimana kalau dimula dari Gunung Kidul? Tapi masih banyak juga ya, pantai-pantai eksotis di sepanjang pesisir Gunung Kidul. Jadi pilih yang mana, nih? Kalau mau gampang, Dolaners bisa ikutan meramaikan pantai-pantai mainstream. Eh, tapi apa serunya kalau ikutan mainstream, Dolaners? Kalau berani beda, coba deh, dolan ke Pantai Ngandong. Masih di kawasan Gunung Kidul, tapi pantai ini beda lhooo!

Pantai Ngandong, Pantai Ngandong Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners

photo by ryo_rebi

Area pantainya tak seberapa, tapi Pantai Ngandong bisa jadi destinasi wisata alam yang menggoda hati saat Dolaners berada di wilayah Gunung Kidul, Yogyakarta. Tak terlalu banyak pengunjung juga, apalagi bila dibanding dengan Pantai Indrayanti yang berada di dekatnya, Pantai Ngandong akan memberi Dolaners sensasi mewahnya memiliki pantai pribadi.

Gak sepi-sepi amat, Pantai Ngandong masih tetep banyak pengunjung juga, seperti pantai-pantai lain pada umumnya, terutama saat akhir pekan atau liburan. Diselingi dengan perahu-perahu nelayan yang tertambat, suasana Pantai Ngandong saat sedang ramai bisa terasa meriah menyenangkan. Apalagi, Dolaners bisa menyewa perahu, cara yang lebih aman dolan di pesisir selatan Jawa daripada berenang di lautnya yang berombak cukup besar.

Pantai Ngandong memiliki eksotisme pesisir khas Gunung Kidul, pasir putih dan air laut kebiruan. Topografi pantainya cukup landai, jadi Dolaners punya hamparan playground berpasir yang menggoda. Pemandangan khas lepas pantai di Ngandong ialah Pulau Watulawang, tampak hijau menggunung di tengah air laut yang biru. Sementara di sekeliling pasir putihnya, Pantai Ngandong dipagari bukit-bukit karst.


AKTIVITAS

Kuliner
Akomodasi
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
Pantai Ngandong terletak dekat dengan Pantai Indrayanti yang lebih hits, jadi gak bakalan susah dicarinya kedua pantai ini. Antara Pantai Ngandong dan Pantai Indrayanti sendiri dipisahkan oleh Pantai Sundak. Kalau Dolaners mau snorkeling, lokasi yang terkenal untuk snorkeling di kawasan ini ialah di Pantai Sadranan, yang berada di sebelah barat Pantai Ngandong.
Dari Kota Yogyakarta, Dolaners bisa tiba di Pantai Ngandong dalam waktu kira-kira 3 jam untuk jarak tempuh sekitar 70 kilometer. Ada 3 rute yang bisa dipilih, Dolaners. Rute pertama, Dolaners berkendara menuju ke arah Patuk dan Sambipitu. Kemudian, belok kanan menuju Playen di pertigaan timur lapangan udara TNI Gading. Lewati Saptosari, belok ke timur di pertigaan sebelum Pantai Baron, terus saja hingga Dolaners melewati Pantai Sundak. Rute kedua, Dolaners melalui Imogiri, Panggang, dan Saptosari. Seperti rute pertama, Dolaners belok ke timur di pertigaan sebelum Pantai Baron. Rute ketiga sama seperti rute pertama, menuju Patuk dan Sambipitu. Bedanya, dari lapangan udara TNI Gading, Dolaners lurus saja ke Siyono, kemudian belok kanan di pertigaan bundaran tugu BPD. Ikuti Jalan Kyai Legi, terus sampai di Jalan Lingkar Selatan, kemudian belok kanan di perempatan menuju Jalan Baron. Sama seperti kedua rute sebelumnya, Dolaners belok belok ke timur di pertigaan sebelum Pantai Baron.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link