Pantai Ngantep

6797 views

Menikmati hamparan pasir putih yang halus ditambah dengan deburan obak biru serta tempat yang tenang akan menambah keinginan hati siapa saja untuk kembali lagi menyaksikan keindahan Pantai Ngantep.

Pantai Ngantep

Photo by theexploreindonesia.com

Jangan bilang Dolaners adalah penjelajah pantai jika belum mengeksplore berbagai pantai yang ada di Malang. Malang selatan memang telah lama dikenal sebagai surganya pantai, namun tak semua pantai disini telah terjamah oleh wisatawan alias masih banyak yang masih “perawan”. Salah satu pantai yang masih belum banyak dikunjungi wisatawan adalah Pantai Ngantep Malang. Kondisinya yang masih sepi akan memberikan Dolaners sebuah liburan yang tenang namun tetap mengesankan. Pantai ini memiliki air yang biru jernih serta kondisi yang bebas sampah. Pemandangan di pantai ini juga cukup indah dengan hiasan bunga pandan yang memekar merah.

Pantai Ngantep merupakan pantai yang sangat cocok Dolaners jadikan sebagai tempat surfing karena ombaknya yang besar dan perairannya yang hampir tanpa batuan karang. Ombaknya yang besar mulai mengundang para wisatawan Australia, Amerika dan Inggris untuk melakukan selancar di Pantai Ngantep pada hari libur. Bagi Dolaners yang masih newbie dalam dunia selancar, Pantai Ngantep juga cocok lho.. meskipun ombaknya tergolong besar, sekitar 10 meter dari bibir pantai ombaknya cukup tenang dan pas untuk tempat belajar surfing.

Yang perlu Dolaners ingat, di Pantai Ngantep tidak boleh berenang ( sangat berbahaya). Sebagai gantinya Dolaners bisa berenang di muara sungai yang berada di sebelah timur Pantai Ngantep. Sama halnya dengan Pantai Ngantep Kondisi air di muara sungai juga masih terjaga.

Selain sebagai tempat surfing, Pantai Ngantep juga dikenal sebagai pantai religi. Pasalnya di Pantai Ngantep Malang juga terdapat sebuah gunung (di sebelah kanan pantai) bernama gunung batok. Meskipun dinamai sebagai gunung, tingginya hanya sekitar 50 meter. Di Puncak gunung ini terdapat sebuah pendopo yang merupakan makam tetua yang disucikan. Uniknya dibawah gunung yang lebih mirip bukit ini terdapat sebuah goa yang sering dijadikan sebagai tempat pertapaan atau ngalap berkah.


AKTIFITAS

Kuliner
Bagi Dolaners yang ingin berlibur ke wisata alam Pantai Ngantep Malang tidak perlu khawatir dan repot membawa bekal dari rumah karena di kawasan wisata ini terdapat banyak pedagang yang menjual beragam panganan. Mulai dari yang hanya sekedar jajanan cemilan ringan, makanan berat hingga beragam pilihan minumanpun tersedia disini. Soal harga, Dolaners tidak perlu khawatir karena harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau.
Akomodasi
Biaya Tiket Masuk : Rp. 5.500
Biaya Parkir Kendaraan : Rp. 3.000,-
Biaya Sewa Penginapan per kamar : Rp. 100.000,- (1 kamar bisa untuk beberapa orang sekaligus)
Kegiatan

Ada beberapa spot wisata di wilayah Pantai Ngantep, untuk pantai sendiri terdapat 2 pantai menarik, pantai yang besar merupakan pantai yang pada umumnya dikunjungi wisatawan maka tempatnya ramai dengan para pengunjung. Sedangkan pantai yang kedua terdapat di sebelah barat dari pantai yang pertama, dengan jalur setapak Dolaners dapat berjalan kaki menuju pantai ini, tempatnya yang masih sepi menambah kesan eksotis pada pantai ini. Berikutnya Dolaners dapat mengunjungi Gunung Batok yang diatasnya juga terdapat makam leluhur, di tempat ini juga sering dijadikan wisata religi dengan berziarah atau sekedar menyepi di tempat ini.

Ada satu lagi keunikan tempat ini berada di bawah bukit Gunung Batok terdapat Goa Batok yang juga menarik untuk dikunjungi. Ombak di Pantai Ngantep Malang relatif besar dan sangat menarik, tidak kalah jika dibandingkan dengan pantai Kuta di Bali sehingga membuat para peselancar ingin mencobanya. Tidak jarang para peselancar dari luar negeri datang untuk menaklukan ombak di Pantai Ngantep, hampir beberapa hari dalam seminggu pasti ada wisatawan asing yang datang untuk berselancar di pantai ini. Meskipun ombak yang relatif besar tetapi jarak kurang lebih 10 meter dari bibir pantai kondisi air masih dangkal, jadi ombak disini sangat cocok bagi Dolaners para peselancar yang masih belajar atau pemula. Walaupun relatif aman, saran dari kami tetap menghargai alam dan tidak sombong atas segala yang akan terjadi, agar tetap berhati-hati didalam melakukan kegiatan di Pantai ini, dari perlengkapan yang harus lengkap juga pendamping yang cukup profesional sehingga surfing Dolaners terarah dan aman.

Tips BerwisataAkses Transportasi
Pantai Ngantep sendiri berlokasi di Desa Tumpakrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang. Pantai ini berada di bawah pengelolaan Perhutani Malang. Jalur menuju Pantai Ngantep cukup mudah. Jika berangkat dari Kota Malang, Dolaners bisa menuju arah Terminal Gadang lanjut ke Bululawang. Di Bululawang, ada dua cabang jalan, ambil jalur sebelah kiri untuk selanjutnya menuju Gondang Legi. Setelah itu, Dolaners tinggal mengikuti papan penujuk arah yang akan sering ditemui di sepanjang jalan. Karena Pantai Ngantep tidak ada di papan penunjuk arah, ikuti saja arah menuju Balekambang. Sesampainya di pintu masuk Pantai Ngantep Malang, ada baiknya kita beristirahat sejenak untuk menyiapkan tenaga kembali. Dari pintu masuk, jarak jalan menuju pantainya kira-kira 4 Km. Medannya cukup sulit karena hampir keseluruhan adalah jalan tanah berbatu. Bila hujan, tentu lebih sulit lagi. Jadi usahakan berkunjung ke sana saat cuaca cerah. Jangan lupa mengecek ban agar tak bocor saat perjalanan. Perlu diketahui saat malam hari, jalanan lumayan sepi dan minim penerangan ketika memasuki daerah Bantur. Jadi Dolaners di sarankan sebaiknya keberangkatan sejak pagi atau siang hari.
Untuk menuju Pantai Gua China, dari Malang Dolaners dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Jika menggunakan kendaraan umum, Dolaners bisa memulai perjalanan dari terminal arjosari naik mikrolet ke terminal gadang, kemudian dari terminal gadang naik mpu jurusan turen/dampit turun pasar turen, lalu dari pasar turen naik angkudes warna biru jurusan Pantai Sendang Biru, kemudian dari pantai/desa sendang biru tidak ada angkutan, jadi Dolaners harus naik ojek/sewa mobil ke Pantai Ngantep.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link