Pantai Nglambor

1036 views

Sejuta pesona yang disimpan didasar laut Pantai Nglambor bagikan sebuah akuarium semesta dengan keindahan yang mendalam. Sebuah akuarium semesta dengan sepasang kura-kura sebagai penjaganya membuat pantai ini memiliki keunikan yang tak dimiliki oleh pantai lain.

Pantai Nglambor

Photo by njogja.co.id

Dolaners mungkin bergidik ngeri untuk mendekati ganasnya ombak di pantai-pantai selatan Jogja. Jadi ketika Dolaners mengunjungi pantai ini Dolaners terpaksa harus bermain air dipinggiran, di tempat mulainya buih-buih lautan menghilang. Disana Dolaners bisa menikmati renang dan snorkeling, tadinya hal tersebut serasa tak mungkin dilakukan namun nyatanya hal itu bisa dilakukan. Pantai Nglambor dengan destinasi snorkeling pada kawasan pesisir selatan daerah Jogja memiliki panorama didasar laut yang amat menakjubkan dengan variasi terumbu karang serta biota laut. Terlihat ikan sejenis jambrong, sergeant major dan ikan-ikan kecil lainnya yang saling bergerombol serta bermain dicelah-celah terumbu karang layaknya penghuni tetap di Pantai Nglambor ini. Pemandangan yang cantik tersebut sangat dijaga oleh masyarakat sekitar bahkan kawasan pantai ini juga menjadi lokasi konservasi terumbu karang seta sebagai daerah pembudidayaan ikan-ikan maupun bita laut lainnya.

Terdapat tradisi yang unik yaitu upacara sedekah laut “Ngalangi” yang dilakukan dikawasan pantai ini. Dalam bahasa Jawa “Ngalangi” ini bermakna melarang atau menghalangi, masyarakat sekitar Pantai Nglambor Gunung Kidul ini melarang siapa saja menangkap ikan dilokasi pantai kecuali hanya sekali dalam setahun. Prosesi dalam penangkapan ikan ini hanya dapat dilakukan menggunakan gawar yaitu semacam jaring yang terbat dari akar pohon wawar kemudian dipancangkan dan dihalau bersamaan ke laut oleh masyarakat sekitar.

Keelokan Pantai Nglambor Yogyakarta yang bagaikan akuarium ini juga ditambah dengan hadirnya dua karang kura-kura raksasa yang berpatroli menjaga pantai. Dengan beraninya watu kuntul dan watu kalong menjinakkan datangnya ombak yang garang supaya tak terlalu keras membanting bibir pantai. Kehadiran karang kura-kura raksasa itulah yang membuat terumbu-terumbu karang di Pantai Nglambor terlindungi kerusakannya dan aman untuk kegiatan snorkeling.

Saat Dolaners menikmati suasana Pantai Nglambor ini nantinya, Dolaners akan merasakan betapa cepatnya waktu berlalu pada hari yang mulai gelap karena asyiknya suasana pantai yang lain dari yang lain ini. Selamat berkunjung ke Pantai Nglambor Jogja Dolaners.


AKTIFITAS

Kuliner
Bagi Dolaners yang akan berlibur ke Pantai Nglambor Jogja disarankan Dolaners membawa bekal makan dari rumah atau ketika masih diperjalanan, Dolaners mengisi perbekalan sesuai kebutuhan, pasalnya di kawasan wisata ini masih belum ada pedagang yang berjualan, maklum kawasannya masih sangat asri. Namun ingat jangan lupa membawa sampah Dolaners kembali ketika meninggalkan kawasan Pantai Nglambor ini. Untuk Dolaners yang ingin mencari kuliner di luar kawasan Pantai Nglambor Wonosari, Dolaners bisa singgah di Rumah Makan Sri Pendowo. Rumah Makan yang satu ini menyajikan aneka hidangana khas Jawa dengan cita rasa yang dijamin lezat. Di sini selain cita rasa makanannya, Dolaners juga akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang sekaligus bisa dinikmati mata selagi sambil menikmati hidangan.
Akomodasi
Biaya Tiket Masuk : Rp. 5.000,- per orang
Biaya Parkir Motor : Rp. 2.000,-
Biaya Parkir Mobil : Rp. 5.000,-
Biaya Sewa Peralatan Snorkling : Rp. 50.000,- per set
Kegiatan
Banyak hal yang bisa Dolaners lakukan ketika sedang berlibur di Pantai Nglambor Yogyakarta ini, yakni seperti :
  • Bermain pasir puti
  • Berenang
  • Snorkeling : Air lautnya yang jernih menjadikan Dolaners bisa dengan leluasa melihat karang, rumput laut, ikan dengan berbagai warna berkejaran, dan aneka biota penghuni laut lainnya dari permukaan air. Para Dolaners pun bisa melakukan snorkeling dan berenang di Pantai Nglambor ini tanpa harus khawatir tergulung ombak besar karena memang lokasinya pantainya yang berada di teluk. Wajar jika tidak hanya wisatawan lokal yang datang, melainkan turis luar negeri seperti dari Belanda, Perancis dan Singapura. Dolaners bisa menyewa alat untuk snorkeling seharga Rp. 50.000,- per setnya meliputi masker, snorkel dan sepatu karet plus tiga frame foto di bawah air Pantai Nglambor.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Akses jalan yang harus Dolaners lalui untuk sampai ke Pantai Nglambor Jogja ini yakni jika berangkat dari Jogja, maka Dolaners harus terlebih dahulu lewat jalan lingkar (ring road) timur sampai bertemu dengan perempatan jalan Wonosari. Kemudian berbeloklah ke arah timur mengikuti jalan Wonosari sampai alun-alun Wonosari yang terletak di sebelah kiri jalan. Mulailah berjalan pelan karena Dolaners harus berbelok ke kanan ke jalan Baron di pertigaan sebelum kantor Polres Gunung Kidul (jalan menuju terminal Wonosari). Ikutilah jalan tersebut sampai Dolaners mendapati ada kantor BRI di sebelah kiri jalan. Beberapa ratus meter berikutnya akan ada pertigaan, beloklah ke arah timur (kiri) lalu ikuti terus, sampai di sini kamu tinggal bertanya kepada penduduk sekitar dimana lokasi Pantai Nglambor atau kecamatan Tepus desa Purwodadi.
Berbagai modal transportasi dapat digunakan untuk mencapai Pantai Nglambor. Dolaners yang tidak membawa kendaraan pribadi dapat berangkat dari terminal Giwangan, Dolaners bisa menuju tempat pemberangkatan bus AKDP yang menuju ke Terminal Bus Dhaksinarga Wonosari, Gunungkidul. Ada 2 pilihan untuk menuju ke wonosari, yaitu dengan bus dan bus yang agak kecil. Perjalanan menuju terminal Dhaksinarga Wonosari Gunungkidul dengan bus ini akan memakan waktu lebih kurang 1,5 jam. Tapi pemandangan bukit-bukit dan jurang di jalanan yang naik turun serta berkelok-kelok ini akan menyegarkan mata. Sesampainya di terminal Dhaksinarga Wonosari, tanyakan pada kernet atau petugas dimana Dolaners bisa mencari bus angkutan pedesaan menuju ke Jepitu via Tepus atau jalur 11. Jalur 11 yang melayani trayek Wonosari – Jepitu via Tepus. Bus berukuran kecil ini nantinya berangkat dari terminal Wonosari melewati Mulo, mentel, Bintaos, Tepus, Purwodadi, Balong, dan Jepitu. Untuk menuju lokasi Pantai Nglambor Gunungkidul Yogyakarta, Dolaners bisa bilang pada kernetnya untuk turun di pertigaan Desa Purwodadi. Dari sini menuju lokasi pantai, Dolaners masih harus berjalan kaki atau jika beruntung, ada warga yang akan menawarkan ojek. Pertigaan ini cukup terbilang ramai untuk ukuran daerah setempat. Dan jalanan yang akan Dolaners lalui pun sudah merupakan jalan aspal yang cukup bagus kondisinya. Jika bus yang kita tumpangi tadi meluncur lagi ke arah timur menuju Jepitu, maka untuk menuju lokasi Pantai Nglambor Dolaners harus berjalan menuju ke arah selatan, tentunya bukan arah datang bus tadi. Belok ke kanan, dan Dolaners akan menyusuri jalan aspal kira-kira 6 kilometer. Tentunya dengan variasi jalanan yang naik turun dengan pemandangan hutan jati dan kebun di kiri kanan.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link