Pantai Ngliyep

4954 views

Birunya ombak ganas yang menghantam kokohnya tebing pantai berpadu hijaunya hutan berpohon rindang dan ratusan karang yang kokoh melindungi pantai dengan permadani pasir putih nan lembut membuat setiap pasang mata terpukau dan terhipnotis oleh kemolekannya.

Pantai Ngliyep

Photo by herylondo.deviantart.com

Hamparan pasir putih nan lembut menghiasi pantai dengan luas area kurang dari 10 Ha. Selain itu luasnya area bermain yang dinanungi rindangnya pohon, angin pantai yang berhembus sepoi menyapu kulit dan gelombang air laut yang alunannya manarik membuat setiap mata orang terliyep-liyep alias mengantuk dan tertidur. Tidak sampai disitu Dolaners bisa mengamati indahnya pagar alami berupa hijaunya hamparan hutan tropis serta jajaran tebing yang cukup curam dan kokoh mengintari Pantai Ngliyep.

Sapuan air laut Pantai Ngliyep dengan deburan ombaknya yang begitu ganas menghenpas tebing-tebing yang kokoh dan curam membuat hati semakin takjub akan kemolekannya. Ketika kita hadapkan mata kita kearah bawah Nampak kemilauan air laut terpancar terik mentari nan tenang terlindung karang besar, airpun bergoyang tanpa sedikitpun menggeser bebatuan didalamnya.

Dinginnya air Pantai Ngliyep perlahan akan merasuk melalui sel-sel kulit ari ketika kita langkahkan kedua kaki untuk menyergap deburan ombak pantai yang tenang. Kesegarannya mampu menyapukan kelembaban pada kulit kering oleh teriknya mentari. Perpaduan warna birunya ombak pada sisi pantai lebih jauh dan hijaunya lidah ombak air laut yang melekat dibibir pantai membuat tangan merasa geli untuk mengabadikannya dengan jepretan kamera.

Ketika Dolaners menapakkan kakinya kearah kiri dengan menapaki bukit kecil dari Pantai Ngliyep Malang maka pesona Teluk Putri akan dengan sergap menghipnotis Dolaners oleh keindahannya. Pasir pantai yang halus, putih dan sehalus kulit seorang putri dengan ketebalan 50 cm dengan luas 100an meter sangat pas sebagai tempat romantic untuk menyepi bersama pasangan. Dolanerspun tidak perlu bersusah mendekati pantai yang bergelombang besar, cukup dengan duduk manis dibibir pantai menikmati kemolekannya telah cukup mencuatkan aura romantis dari kemolekan Teluk Putri. Perpaduan panorama Pantai Ngliyep dan Teluk Putri layaknya embun dan mentari pagi yang tak terpisahkan.


AKTIFITAS

Kuliner
Bagi Dolaners yang ingin berlibur ke wisata alam Pantai Ngliyep tidak perlu khawatir dan repot membawa bekal dari rumah karena di kawasan wisata ini terdapat banyak pedagang yang menjual beragam panganan. Mulai dari yang hanya sekedar jajanan cemilan ringan, makanan berat hingga beragam pilihan minumanpun tersedia disini. Soal harga, Dolaners tidak perlu khawatir karena harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau.
Akomodasi
Biaya Tiket Masuk : Rp. 5.000 per orang
Biaya Parkir Kendaraan Roda 2 : Rp. 2.000,-
Biaya Parkir Kendaraan Roda 4 : Rp. 5.000,-
Biaya Sewa Penginapan : Rp. 75.000,-
Kegiatan
Pantai Ngliyep merupakan sebuah pantai cukup bersih dan sunyi. Disini Dolaners bisa dengan bebas menghabiskan waktu dan mengeksplorasi keindahannya. Dolaners akan merasakan seolah sedang berada di pantai pribadi. Di Pantai Ngliyep ini, wisatawan akan menemui banyak batu karang. Paduan antara pasir putih, tebing yang curam serta kawasan hutan lindung akan membentuk lanskap alam yang indah dan menakjubkan. Hamparan pasir luas yang ada di Pantai Ngliyep itu bernama Teluk Putri dan Pasir Panjang. Keindahan lain yang ditawarkan adalah keberadaan sebuah pulau kecil yang tak jauh dari bibir pantai. Pulau itu disebut dengan nama Gunung Kombang. Untuk mencapai Gunung Kombang, Dolaners harus melewati jembatan kayu. Dari pulau kecil itu, pengunjung bisa menikmati sunset dan juga sunrise. Menurut cerita, di sinilah tempat dilakukannya beberapa ritual yang berhubungan dengan Nyi Roro Kidul. Setiap tahun, tepatnya pada bulan Maulud dalam penanggalan Jawa, Pantai Ngliyep lebih ramai dari biasanya. Tepatnya pada tanggal 15 digelar acara ritual bertajuk upacara Labuhan. Upacara Labuhan adalah bentuk upacara pengorbanan, dimana kepala hewan ternak seperti kambing atau sapi akan dikorbankan ke laut sebagai sesaji. Konon upacara Labuhan ini pertama kali dilaksanakan untuk menghindarkan wabah penyakit yang sedang menyerang penduduk desa setempat.
Tips BerwisataAkses Transportasi

Pantai Ngliyep terletak sekitar 70 KM dari puusat kota Malang dan 153KM dari kota Surabaya, jarak tempuh berkisar antara 3,5 – 4 jam perjalanan. Demi kenyamanan, Dolaners disarankan untuk menggunakan kendaran pribadi baik motor atau mobil.

Ada dua rute yang bisa dilalui untuk menuju kesana:

Rute I :
Surabaya – Sidoarjo – Pasuruan – Malang Kota – Kepanjen – Pagak – Donomulyo – Pantai Ngliyep

Rute II :
Surabaya – Sidoarjo – Pasuruan – Malang Kota – Karang kates – Donomulyo – Pantai Ngliyep

Jika menempuh Rute I, maka jarak tempu relative lebih singkat dan melalui jalan yang tidak terlalu menanjak. Tapi jika melalui Rute II, Jarak tempuh sedikit panjang dan jalananya pun berkelok dan menanjak tapi keindahan alam yang tersaji sungguh bisa menyegarkan mata dan pikiran Dolaners. Apapun Rute yang dipilih, tentunya persiapkan kendaran Dolaners dengan sangat prima sebelum melakukan trip menuju ke Pantai Ngliyep ini.

Untuk mencapai Pantai Ngliyep sangat mudah. Pengunjung bisa memilih rute Karangkates atau Kepanjen. Jika melalui Kepanjen Dolaners bisa naik angkutan umum dengan kode GN2 warna putih. Sedangkan jika lewat Karangkates kita bisa naik angkutan umum dengan kode GN1 dengan warna oranye. Dibutuhkan waktu kira-kira 2,5 jam dari pusat kota Malang atau cukup 1 jam dari Karangkates. Jalur menuju Pantai Ngliyep ini sangat indah walaupun di beberapa tempat rawan kecelakaan karena jalan sempit dan minim rambu-rambu. Di sepanjang jalan mulai dari Kedungsalam pengunjung akan disuguhi pemandangan pegunungan kapur.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link