Pantai Ngobaran

684 views

Sudah melihat pasir pantai Gunung Kidul? Bagaimana dengan pantai-pantai karangnya? Memang pantai berpasir memiliki daya tarik tersendiri dibanding pantai dengan karang terjal. Namun bukan berarti pantai yang berbatu-batu jadi kurang menarik. Apalagi bila suasana pantai ini kental dengan kehidupan warga yang memiliki tradisi kuat turun temurun. Dolaners pingin melihat suasana pantai yang berbeda seperti ini di Gunung Kidul? Kalau begitu, Pantai Ngobaran jawabannya.

Pantai Ngobaran, Pantai Ngobaran Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners

photo by warm.id

Saat tiba di Pantai Ngobaran, pertama kali yang segera menarik perhatian Dolaners adalah bangunan tempat ibadah di area berpasir ini. Tak cuma satu tempat ibadah, Dolaners. Melainkan, ada empat bangunan peribadatan yang lokasinya saling berdekatan satu dengan yang lain. Ada tempat peribadatan Kejawen yang digunakan oleh keturunan Raja Majapahit, Brawijaya V, yang tampak menarik dengan patung-patung dewa berwarna putih. Di sisinya, ada pendapa yang digunakan oleh penganut aliran Kejawen. Tak jauh dari pendapa, terdapat tempat peribadatan umat Hindu. Dan tak jauh dari tempat ibadah umat Hindu ini, ada sebuah bangunan ibadah umat Islam yang berlantai pasir pantai.

Keunikan alam di Pantai Ngobaran juga takkan Dolaners jumpai di pantai-pantai lain. Saat air lautnya surut, Dolaners bisa melihat hamparan rumput laut maupun alga yang berwarna hijau dan coklat. Gunakan sedikit imajinasi, dan Dolaners akan melihat pola yang terasa familiar saat tumbuhan laut ini menyela dari balik karang. Sementara di balik karang, Dolaners bisa berburu landak laut, bintang laut, hingga berbagai kerang-kerangan. Garis pantainya yang didominasi oleh batu-batu karang juga memiliki eksotisme pantai di Gunung Kidul ini.

Kekayaan hasil laut turut meramaikan Pantai Ngobaran dengan warga sekitar yang mencari nafkah. Diwaktu pagi, banyak warga yang memanen rumput laut. Sedangkan disore hari, ada saja warga yang mencari landak laut di balik karang-karang untuk santapan makan malam. Kehidupan sederhana yang tenang ini dapat Dolaners saksikan langsung saat dolan ke Pantai Ngobaran di Yogyakarta.


AKTIVITAS

Kuliner
Kuliner yang ditunggu-ditunggu saat Dolaners berada di Pantai Ngobaran ialah ikan bakar. Hmm… enaknya makan ikan laut segar… tiada duanya! Tapi ada satu kuliner laut yang tak dijual bebas, melainkan diburu warga setempat sebagai makanan sehari-hari, yaitu landak laut. Konon katanya, daging landak laut bertekstur kenyal dan terasa lezat meskipun cuma berbumbu garam dan cabai. Bila Dolaners pingin mencoba, ada baiknya memesan pada warga yang sedang mencari landak laut, sekalian dimasakkan juga karena proses pengolahannya berbeda dari ikan laut biasa.
Akomodasi
Harga Tiket Masuk: Rp 3.000,-
Kegiatan
Sudah melihat-lihat bangunan-banguan unik di Pantai Ngobaran? Tak lupa selfie di tempat-tempat unik ini? Kalau begitu, saatnya eksplor langsung bukit-bukit karang di tepi pantainya. Berdiri di tepi tebing karang Pantai Ngobaran, Dolaners bisa menyaksikan ombak yang bergulung memecah menghantam karang.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Karena tiket Pantai Ngobaran jadi satu dengan Pantai Ngrenehan, sayang kalau Dolaners tak sempatkan mampir ke pantai ini. Jarak keduanya cuma 2 kilometer saja, dan Dolaners bisa sekalian mampir ke Pantai Dadap Ayam ditengah perjalanan. Di sebelah barat atau kanan Pantai Ngobaran juga ada Pantai Nguyahan, bisa jadi destinasi terdekat juga kalau Dolaners suka eksplor.
Pantai Ngobaran berjarak sekitar 65 kilometer dari Kota Yogyakarta. Untuk mencapai Pantai Ngobaran, Dolaners tinggal menyusuri Jalan Yogyakarta – Wonosari.  Lanjutkan melalui Piyungan, lewati Tikungan Bokong Semar, masuk ke wilayah Hargodumilah, kemudian Patuk, melewati jembatan Tikungan Irung Petruk, terus ke Sambi Pitu, Hutan Tleseh, lalui Lapangan Udara Gading. Setibanya di pertigaan Gading, ambil tikungan ke kanan menuju arah Playen Paliyan. Terus menuju selatan ke arah Trowono, hutan Sodong, Pasar Trowono, hingga masuk di wilayah Desa Saptosari. Dolaners akan tiba di pertigaan, bila ambil ke kiri maka Dolaners akan menuju ke Pantai Ngrenehan dan bila ambil ke kanan maka Dolaners akan tiba di Pantai Ngobaran.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link