Pantai Ngrenehan

698 views

Pantai menawan di kawasan Gunung Kidul dengan keistimewaan panorama diantara dua bukit karang besar yang berdiri kokoh menahan ombak keras yang menuju ke pantai. Pantai Ngrenehan juga menjadi spot berkumpulnya para nelayan yang baru tiba dari melaut dengan membawa hasil tangkapan mereka.

Pantai Ngrenehan

Photo by hirukpikuk.co.id

Salah satu pantai yang ada di kawasan Gunung Kidul adalah Pantai Ngrenehan, terletak di bagian Barat Gunung Kidul, tepatnya di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gaunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk menuju ke pantai ini, Dolaners bisa melewati jalur Gading maupun Wonosari. Akses menuju tempat ini memang lebih susah dibanding pantai-pantai Gunung Kidul lain yang ada di bagian Timur. Namun, ketika Dolaners berkunjung ke Jogja sempatkan lah untuk melihat indahnya pemandangan di Pantai Ngrenehan ini, karena dijamin Dolaners tidak akan menyesal. Pantai Ngrenehan memang tidak seramai pantai-pantai lain di Jogja, lebih terlihat seperti pantai pribadi. Karena itu keindahan pantai ini masih alami, pasir putih dan biru air laut terbingkai dalam jejeran karang. Pantai Ngrenehan ini termasuk pantai yang tidak terlalu luas, dengan luas sekitar 100 meter persegi.

Pantai Ngrenehan berbeda dengan pantai-pantai selatan pada umumnya yang berombak besar, di pantai ini hampir tidak ada ombak, jadi Dolaners diperbolehkan berenang disana, namun Dolaners harus tetap waspada dan tak boleh berenang terlalu jauh ke tengah. Hal ini karena Pantai Ngrenehan ini diapit oleh dua bukit karang yang cukup besar dan menjorok ke laut sehingga ombak besar tidak secara langsung menghempas ke pantai karena terhalang dua bukit tersebut. Istimewanya lagi, di pantai ini juga terdapat TPI yang jika sore hari maka banyak nelayan yang baru tiba dari melaut dengan membawa hasil tangkapan mereka. Jadi tak ada salahnya jika membawakan hasil laut sebagai buah tangan untuk orang terkasih dirumah. Jangan lewatkan pula mencicipi kuliner aneka olahan seafood yang dijamin akan menggoyang lidah Dolaners.


AKTIFITAS

Kuliner
Untuk urusan makan, Dolaners tidak perlu khawatir. Di sekitar Pantai Ngrenehan banyak terdapat lapak warung yang menjajakan masakan dengan menu yang cukup bervariasi. Harga yang ditawarkan pun tidak terlalu mahal untuk ukuran tempat wisata. Aneka olahan seafood dan es kelapa muda siap menggoyang lidah Dolaners.
Akomodasi
Biaya Tiket Masuk : Rp. 5.000,- per orang
Biaya Parkir Motor : Rp. 2.000,-
Biaya Parkir Mobil : Rp. 5.000,-
Kegiatan
Selama berada di Pantai Ngrenehan ini Dolaners bisa mendapatkan panorama pemandangan yang sungguh aduhai. Bermain pasir adalah salah satu kegiatan yang mengasyikkan. Tak hanya itu, bagi yang hobby fotografi juga bisa hunting foto disini. Pantainya yang masih sepi seakan menjadi private island yang nyaman. Bagi yang hobby hiking, disini Dolaners juga bisa mencoba mendaki bukit yang berada di sebelah kanan kiri Pantai Ngrenehan. Tak hanya itu, di pantai ini juga terdapat TPI yang jika sore hari maka banyak nelayan yang baru tiba dari melaut dengan membawa hasil tangkapan mereka. Jadi tak ada salahnya jika membawakan hasil laut sebagai buah tangan untuk orang terkasih dirumah. Jangan lewatkan pula mencicipi kuliner aneka olahan seafood yang dijamin akan menggoyang lidah Dolaners.
Tips BerwisataAkses Transportasi

Untuk bisa sampai di Pantai Ngrenehan, Dolaners dapat memilih akses jalur :

  • Yogyakarta – Gading – Playen – Trowono – Pantai Ngrenehan
  • Yogyakarta – Wonosari – Paliyan – Trowono – Pantai Ngrenehan
Perlu diketahui bahwa hingga saat ini belum ada angkutan umum yang bisa mengantar Dolaners samapi ke Pantai Ngrenehan. Disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan sewaan untuk menuju ke pantai yang satu ini.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link