Pantai Njanganan

409 views

Apa yang paling menggoda dari suasana pantai? Angin bertiup lembut dengan pasir putih menghampar? Bersantai menikmati angin sepoi-sepoi dan suara ombak yang mengalun pelan? Yakin? Karena semua hal ini takkan Dolaners jumpai di Pantai Njanganan. Tapi pantai di Gunung Kidul Yogyakarta ini tetep eksotis dengan caranya sendiri. Kok bisa? Ya bisa laaah. Penasaran bagaimana Pantai Njanganan ini menarik dan punya daya tarik? Yuk, yuk, lihat sama-sama!

Pantai Njanganan, Pantai Njanganan Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners

photo by anangmaulanamb

Ngaku sebagai pecinta laut? Dolaners pasti tahu tentang Pantai Njanganan. Pantai di wilayah Gunung Kidul ini memang baru menjadi salah satu destinasi wisata alam Yogyakarta setelah akses infrastruktur dibangun menuju ke Pantai Ngeden.

Sebelumnya, Pantai Njanganan hanya dikunjungi sebagian orang yang memang benar-benar suka laut, atau penggemar kegiatan memancing ikan laut. Topografi Pantai Njanganan yang bertebing memang cocok buat spot memancing, rock fishing istilah kerennya. Sayangnya, karena pantai yang jadi favorit wisata biasanya yang berpasir putih, Pantai Njanganan terasa kurang menarik. Bahkan, papan petunjuk arah menuju Pantai Njanganan masih belum ada. Pantai Njanganan dan Pantai Nglimun hanya pantai-pantai bertebing yang kurang menarik.

Beda cerita kalau Dolaners suka memancing. Ada bagian tebing Pantai Njanganan yang telah tergerus ombak laut, menghasilkan sebuah celah setapak menuju dasar tebing. Spot ini sering digunakan nelayan untuk memasang jaring, menangkap lobster yang suka tinggal di area karang di dasar tebing. Bahkan bila Dolaners tak sampai di spot ini, tetap berhati-hati, ya. Dari warna airnya yang biru, terlihat jelas bila tebing Pantai Njanganan langsung berhadapan dengan laut lepas yang dalam. Apalagi ombak Laut Selatan cukup keras menghantam tebing, bisa jadi Dolaners sedikit pusing bila tak terbiasa melihat fenomena alam yang eksotis ini.

Bagi para penggemar kegiatan memancing, saat terbaik mendapat ikan di Pantai Njanganan ialah malam hari. Biasanya para pemancing ikan laut ini datang ke Pantai Njanganan disore hari, dan baru pulang meninggalkan lokasi pemancingan keesokan paginya. Kedengarannya seru ya, Dolaners? Tapi sebenarnya, bila tak biasa, Dolaners perlu mempertimbangkan kondisi pantai yang masih jauh dari pemukiman, angin kencang yang langsung berhembus dari lautan lepas, dan tak ada fasilitas wisata sama sekali. Jadi, udah siap berkenalan dengan Pantai Njanganan, Dolaners?


AKTIVITAS

Kuliner
Bekal adalah salah satu perlengkapan wajib, Dolaners. Baik makanan maupun minuman, belum ada warung di Pantai Njanganan. Bila memancing di pantai ini, boleh juga langsung mengolah tangkapan Dolaners. Asik juga menikmati ikan bakar segar ditengah gemuruh suara ombak menghantam karang dan angin laut berhembus kencang.
Akomodasi
Belum ada ticketing di Pantai Njanganan, Dolaners. Puas-puasin deh, dolan ke pantai ini!
Kegiatan
Mengikuti tradisi yang sudah berlaku di Pantai Njanganan, jangan kelupaan bawa perlengkapan memancing ya, Dolaners. Sayang lho, kalau ikan-ikan besar di bawah perairan Pantai Njanganan ini dianggurin. Gak begitu suka mancing? Kalau begitu, Pantai Njanganan pasti menarik buat Dolaners penyuka fotografi. Topografi pantai yang unik dan berbeda dengan karang dan tebingnya ini pasti jadi sasaran kamera yang eksotis dan menggoda. Bukan begitu, Dolaners?
Tips BerwisataAkses Transportasi
Pantai Njanganan diapit oleh Pantai Ngluwen di sisi kanan atau barat dan Pantai Nglimun di sisi kiri atau timur. Pantai Njanganan sering jadi destinasi memancing bila Pantai Nglimun sudah penuh para pemancing. Lebih ke timur lagi, Dolaners akan bertemu dengan Pantai Ngeden.
Dari Kota Yogyakarta, Dolaners bisa berkendara menuju Wonosari. Ikuti petunjuk arah menuju Pantai Ngeden. Pantai Njanganan bisa diakses dari Pantai Ngeden di sebelah timurnya atau Pantai Butuh di sebelah baratnya. Dari kedua pantai ini, aksesnya masih sama-sama berupa jalan setapak. Kalau Dolaners maunya mengambil rute yang lebih dekat, lebih baik memilih Pantai Ngeden. Dari Pantai Ngeden, waktu yang diperlukan cuma sekitar 15-20 menit. Beda lagi kalau Dolaners emang pingin jalan-jalan, sebaiknya pilih saja rute melalui Pantai Butuh.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link