Pantai Pandansari

527 views

Udah bosan sama pantai? Pasir, ombak, aromanya, terasa mulai monoton? Mungkin belum ke Pantai Pandansari. Salah satu pantai di Bantul Yogyakarta ini berbeda dari kebanyakan Pantai Selatan, mulai dari pasirnya, vegetasinya, hingga tantangan wisata yang ada di area pantai. Udah gitu, lokasinya tetanggaan sama pantai-pantai lain, juga. Jadi, Dolaners bisa sekali jalan, langsung deh, ke beberapa pantai sekaligus. Dan karena Pantai Pandansari ini beda, tentu Dolaners gak bakal bosan.

Pantai Pandansari, Pantai Pandansari Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners

photo via dwiriyantoo

Pantai Pandansari berada di jajaran Pantai Selatan pesisir Yogyakarta, membentuk satu garis lurus tanpa teluk ataupun tanjung. Tapi saat mendekati Pantai Pandansari, Dolaners takkan bisa melihat langsung garis pantai yang lurus ini. Justru yang tampak adalah jajaran pohon cemara laut, rimbun hijau mengitari sebuah mercusuar berwarna putih.

Mercusuar setinggi 30 meter ini adalah satu-satunya yang bisa Dolaners jumpai di Pantai Selatan Yogyakarta. Bila sanggup mencapai puncak anak tangga tertinggi di mercusuar ini, Dolaners akan menikmati suguhan pemandangan pantai sepanjang Bantul hingga Kulon Progo. Panorama Pantai Selatan ini kontras dengan perbukitan yang mengular di sisi lain. Pemandangan yang sepadan dengan nyali yang dibutuhkan.

Melampaui hutan cemara dan mercusuar, barulah Dolaners tiba di Pantai Pandansari. Dibanding pantai-pantai di sekitarnya, seperti Pantai Goa Cemara, Pantai Kuwaru, atau Pantai Samas, Pantai Pandansari masih jarang diminati pengunjung. Tapi justru karenanyalah, pantai ini masih bisa dibilang cukup bersih. Meskipun demikian, jangan berharap pasir putih lembut di Pantai Pandansari. Pasir pantai ini berwarna coklat kehitaman, sementara ombak lautnya cukup besar. Ya, hilangkan bayangan berjalan romantis berdua bersama pasangan dengan sesekali ombak lembut menyapu kaki.

Walaupun tak bisa main air atau pasir pantai, Dolaners masih bisa menikmati buah naga. Ada Agrowisata Buah Naga di area Pantai Pandansari, di mana Dolaners bisa menikmati buah naga segar atau bawa pulang sebagai oleh-oleh.


AKTIVITAS

Kuliner
Ada beberapa warung makanan di area Pantai Pandansari, tapi rata-rata bukanya hanya saat akhir pekan atau hari libur saja. Bila membawa bekal, Dolaners bisa menikmatinya dalam suasana piknik yang menyenangkan di bawah naungan pohon cemara yang rindang. Tapi saat kemarau, pohon-pohon ini meranggas dan berganti warna menjadi kecoklatan, jadi suasana hutan cemara ini takkan seteduh saat musim penghujan. Cuma perlu pilih musim atau lokasi buat menikmati bekal dengan semilir angin pantai kan, Dolaners?
Akomodasi
Harga retribusi untuk naik ke mercusuar: Rp 5.000,-
Kegiatan
Kawasan Pantai Pandansari memiliki keunikan pepohonan cemara yang tersambung dengan kawasan Pantai Goa Cemara. Pepohonan cemara tepi pantai ini bisa jadi spot bersantai, berteduh dari teriknya matahari saat ke pantai siang-siang. Jika Dolaners bisa ambil angle yang pas, apalagi saat pohon-pohon cemara ini meranggas dan menggugurkan daunnya, selfie di area cemara tepi pantai ini menghasilkan latar yang seakan bukan di Indonesia, bukan di Yogyakarta. Atau sudah lupa selfie saking sibuknya milih-milih dan menyantap buah naga? Yang pasti, sempatkan naik ke mercusuarnya. Tentu dengan catatan, kalau Dolaners tak gentar dengan ketinggian.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Pantai Pandansari berdekatan lokasi dengan Pantai Goa Cemara dan Pantai Patehan, berurutan ke arah barat atau sisi kanan. Dolaners bisa sekalian ke kedua pantai tersebut saat dolan ke Pantai Pandansari. Masih ada pantai-pantai lain di dekat Pantai Pandansari, misalnya Pantai Samas, Pantai Pandansimo, dan Pantai Kuwaru. Karena lokasinya yang masih berada dalam satu jajaran, Dolaners bisa berpatokan arah pada salah satu pantai ini, dan tentu bisa mencapai Pantai Pandansari.
Akses transportasi menuju Pantai Pandansari hanya dengan kendaraan pribadi karena belum ada angkutan umum. Berangkat dari Kota Yogyakarta, Dolaners lajukan saja kendaraan di Jalan Bantul. Lewati Kota Bantul, terus ke arah selatan. Sebelum Pantai Samas, Dolaners akan tiba di pertigaan. Belok kanan di pertigaan ini, dan ikuti petunjuk arah ke Pantai Pandansari.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link