Pantai Parangtritis

1343 views

Ketika mentari mulai condong ke arah barat dan warna senja mulai menyapa, tibalah waktunya untuk beradu pandang dengan sunset nan indah sembari memanjakan tubuh dengan lembutnya pasir dan ombak yang membelai perlahan. Pantai Parangtritis adalah adalah salah satu bentuk surga dunia yang membuat siapapun ketagihan untuk menyambanginya pantai nan indah ini.

Pantai Parangtritis

Photo by telusurindonesia.com

Yogyakarta merupakan Kota yang menyuguhkan banyak pilihan wisata pantai yang sangat indah. Salah satu diantaranya adalah Pantai Parangtritis. Pantai ini adalah pantai paling menonjol di antara yang lain. Pantai yang juga merupakan icon wisata pantai di kota Yogya ini bisa Anda jadikan referensi untuk berlibur bersama keluarga, sahabat atau bersama sang kekasih. Pantai Parangtritis menyuguhkan pemandangan yang eksotis nan romantis ketika menjelang sunrise maupun sunset dari sang mentari ketika masih berwarna merah keemasan dan memantul dari permukaan lautan itu sendiri.

Pantai yang juga mendapat julukan sebagi pantai laut selatan ini selalu ramai dikunjungi oleh para pelancong dari berbagai kota terlebih ketika musim liburan tiba. Pantai Parangtritis Yogyakarta menyuguhkan hamparan yang sangat luas dan berkolaborasi sangat dramatis dengan ombaknya yang cukup besar. Meski begitu anda masih diperbolehkan untuk berenang di sana dengan catatan selalu waspada dan berhati-hati karena ombak dapat menyeret tubuh manusia dewasa lho. Angin yang kencang juga bisa anda manfaatkan untuk sekedar bermain layang-layang di sana.

Ketika sore hari menjelang dan para pedagang jagung bakar mulai menggelar tikar, itu adalah saat terbaik untuk menjamah pantai yang paling terkenal di Kota Yogyakarta ini. Apalagi kalau bukan karena sunsetnya yang sangat menawan, siapapun orang yang anda ajak ke sana pasti akan merasa sangat gembira. Jika anda ingin memandang Pantai Parangtritis ini secara menyeluruh dan bila anda tidak phobia ketinggian bisa mencoba menaiki Tebing Gembirawati yang terletak tepat di blakang pantai ini. Di sana anda akan dihadapkan pada sebuah pandangan tanpa batas ke seluruh area Pantai Parangtritis Jogja maupun cakrawala.

Jika anda lelah untuk menyusuri pantai dengan berjalan kaki, anda patut untuk mencoba naik bendi atau kereta kuda beroda dua yang bisa anda sewa. Tidak hanya menyuguhkan keindahan panorama pantainya, mitos tentang kerajaan Nyi Roro Kidul yang berada di pantai itu juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.


AKTIFITAS

Kuliner
Bagi Dolaners yang ingin berlibur ke Pantai Parangtritis tidak perlu khawatir dan repot membawa bekal dari rumah karena di dalam area bermain ini sudah tersedia banyak warung makan yang menyediakan beragam pilihan kuliner, dari mulai yang hanya sekedar jajanan cemilan ringan, makanan berat hingga beragam pilihan minumanpun tersedia disini. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau. Sedangkan untuk Dolaners yang ingin membawa buah tangan saat kembali dari berlibur, di Pantai Parangtritis ini juga tersedia beragam kios yang menjajakan beragam pilihan oleh-oleh. Mulai dari beragam jenis souvenir, makanan ringan hingga beragam fashion yang berhubungan dengan batik dijajakan disini. Jika kuliner di dalama kawasan Pantai Parangtritis belum memuaskan hasrat, Dolaners masih bisa menemukan kuliner lain yang bertebaran di sekitar kawasan rekreasi ini. Salah satu rumah makan yang cukup terkenal adalah Miaw Shake Cat Cafe. Rumah makan yang satu ini menghadirkan aneka hidangan makanan yang menggugah selera makan Dolaners. Dijamin Dolaners tidak akan kecewa dengan cita rasa maupun suasana yang dihadirkan di rumah makan yang satu ini.
Akomodasi
Biaya Tiket Masuk : Rp. 5.000,- per orang
Tarif Masuk Motor : Rp. 1.000,-
Tarif Masuk Mobil : Rp. 5.000,-
Tarif Parkir Motor : Rp. 2.000,-
Tarif Parkir Mobil : Rp. 5.000,-
Tarif Sewa ATV : Rp. 50.000,- per 15 menit
Tarif Sewa Kereta Kuda : Rp. 20.000,- per 1 kali putaran
Kegiatan
Pantai Parangtritis Yogyakarta memiliki pemandangan yang unik yang tidak terdapat pada obyek wisata lain, yaitu pantai yang memiliki ombak yang besar dan terdapatnya gunung-gunung pasir disektar kawasana pantai tersebut yang disebut dengan gumuk. Pada musim kemarau angin biasanya akan bertiup lebih cepat dan ombak akan bisa mencapai ketinggian 2 – 3 meter. Karena ombaknya yang besar maka pengunjung Pantai Parangtritis dilarang untuk berenang di seputaran pantai, untuk itu sudah disediakan fasilitas pemandian umum yang bisa digunakan untuk para pengunjung yang ingin berenang dengan aman dan nyaman. Di sini Dolaners dapat membuat berbagai bentuk bangunan dari pasir, dapat bermain ombak, dan berkeliling pantai naik delman. Ada juga yang menyewakan ATV (All Terrain Vehicle). Ongkos sewanya antara Rp. 50.000 hingga Rp. 100.000, tergantung waktu sewanya. Angin di Pantai Parangtritis cukup kencang. Karena itu, sangat mudah dan asyik menerbangkan layang-layang di sini. Hanya saja, angin Pantai Parangtritis Jogja ini bercampur debu halus. Jika Dolaners memakai kacamata, mudah sekali menjadi buram oleh debu. Jika ingin menikmati Parangtritis dengan tenang, datanglah agak siang. Semakin sore, pengunjung yang datang akan semakin banyak. Mereka baru bubar ketika matahari telah tenggelam di ufuk barat.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Berjarak sekitar 27 km arah selatan Yogyakarta dapat memilih 2 jalur yang dipakai untuk sampai ke lokasi utama Pantai Parangtritis. Yang pertama adalah jalur Yogyakarta – Jl. Parangtritis – Kretek – Parangtritis. Jalur yang kedua dari Yogyakarta – Imogiri – Parangtritis. Jalur yang kedua ini lebih jauh akan tetapi dalam perjalanannya Dolaners akan mendapatkan pemandangan alam yang menarik lebih bagus dari pada menggunakan jalur yang pertama. Sepanjang jalan menuju ke Pantai Parangtritis, Dolaners akan melawati persawahan yang menghijau, sungai yang berkelok perbukitan dan bila Dolaners menyempatkan mengunjungi Makam Raja di Imogiri, maka Dolaners akan mendapatkan sesuatu yang menarik di Imogiri.
Berbagai moda transportasi dapat digunakan untuk mencapai Pantai Parangtritis. Dolaners yang tidak membawa kendaraan pribadi dapat berangkat dari terminal Giwangan dan naik bus umum dengan trayek Jogja – Parangtritis. Satu keuntungan yang diperoleh jika Dolaners naik angkutan umum adalah Dolaners tidak perlu membayar tiket masuk Pantai Parangtritis.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link