Pantai Penghulu Agung

1251 views

Ombak besar tersebut mampu menghantam tanggul pasir yang telah dibuat sepanjang pinggiran Pantai Penghulu Agung. Di sana dolaners juga akan menjumpai bangunan berupa alat pemecah gelombang karena seringnya terjadi gelombang pantai tersebut mengalami pasang.

Pantai Penghulu Agung

Photo by oneyrizky.blogspot.co.id

Pantai Penghulu Agung merupakan pantai yang letaknya dekat dengan Pantai Ampenan. Di mana pantai ini juga berada pada wilayah Kecamatan Ampenan, tepatnya Ampenan Selatan. Berbeda dengan pantai pada umumnya yang berpasir putih, justru pantai ini memiliki pasir hitam yang begitu luas. Kawasan Pantai Penghulu Agung ini merupakan kawasan kampung nelayan.

Jika Dolaners berkunjung ke pantai ini jangan heran bila hanya melihat banyak perahu-perahu nelayan. Perahu tersebut banyak berjajar di pinggiran pantai yang luas tersebut. pantai Penghulu Agung memang tak banyak dikunjungi oleh wisatawan, kalau ada pun hanya pengunjung dari sekitar Kota Mataram yang ingin menikmati hawa sejuk di sekitaran pantai.

Namun bagi dolaner yang menginginkan kenyamanan dan menikmati kesendirian dalam hempasan angin sepoi-sepoi di Pantai Penghulu Agung adalah lokasi yang paling tepat. Dengan ditemani deburan ombak yang bergerak kuat memecah hamparan pasir pantai dan memandang luasnya pantai yang begitu luas di depan mata. Menikmati keindahan tersebut sendirian tanpa adanya lalu lalang para pengunjung lain. Serasa luasnya pantai itu adalah milik kita seutuhnya. Setidaknya perasaan gundah yang dolaner bawa ke pantai tersebut akan hilang terbawa ombak menuju tengah laut lepas.

Lokasi pantai ini memang memiliki ombak yang cukup besar, bahkan setiap tahun sudah menjadi langganan bagi kawasan ini diterjang ombak besar. Yang menarik lagi Pantai Penghulu Agung merupakan pantai yang dulunya adalah sebuah dermaga tempat berlabuhnya kapal-kapal saudagar besar dari berbagai daerah. Tujuan para saudagar yang singgah ke Lombok tersebut bertujuan menyebarkan agama Islam dan menyempurnakannya. Dari kisah sejarah masa lalu tersebut, Dolaners hanya akan melihat sebuah mercusuar sirine pengaman yang masih berdiri tegak hingga sekarang. Hanya sirine tersebut yang menjadi saksi bisu kisah masa lalu mengenai dermaga Ampenan. Namun Dolaners tak perlu khawatir, pemerintah kota Mataram telah memberi perhatian khusus untuk kawasan Pantai Penghulu Agung ini. Pemerintah mengupayakan pantai ini jadi salah satu obyek wisata andalan di Mataram. Semoga hal tersebut segera terealisasi ya Dolaners.


AKTIFITAS

Kuliner
Bagi Dolaners yang ingin berlibur ke kawasan Pantai Penghulu Agung ini tidak perlu khawatir kelaparan. Hal ini karena di sekitar kawasan Pantai ini terdapat banyak penjual makanan. Mulai dari aneka hidangan seafood hingga jajanan khas mataram. Harganya pun cukup terjangkau.
Kegiatan
Di Pantai Penghulu Agung ini Dolaners bisa bermain air, mandi, berenang, mancing, bermain pasir layaknya di pantai pantai lain. Yang lebih menarik disini Dolaners bisa melihat nelayan yang baru datang dari melaut, dan juga bisa membeli hasil tangkapan mereka yang berupa seafood. Tak lupa pula Dolaners juga bisa mengabadikan setiap moment, karena disini banyak spot spot menarik untuk di potret.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Akses menuju ke kawasan Pantai Penghulu Agung ini cukup mudah, letaknya pun tidak jauh dari Pantai Ampenan. Jika dari pusat kota Mataram Dolaners bisa langsung menuju Jalan Pejangik atau Jalan Langko, ikuti saja jalan utama hingga Dolaners memasuki Jalan Yos Sudarso. Tak lama Dolaners akan tiba di simpang lima. Dari sini perjalanan Dolaners semakin dekat menuju Pantai Penghulu Agung.
Untuk mencapai Pantai Penghulu Agung ini Dolaners bisa menggunakan tranportasi umum maupun pribadi, baik roda dua maupun empat. Jika Dolaners menggunakan transportasi umum, dapat naik angkutan kota, taxi atau ojek dari kota Mataram.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link