Pantai Sedahan

896 views

Bosan dengan pantai yang itu-itu saja di Gunung Kidul? Suka pantai yang masih belum banyak dijamah orang? Emang sensasinya beda kalau ke pantai yang masih sepi. Rasanya, rileksnya bisa maksimal! Nah, gimana kalau intip-intip pantai unik ini? Pantai Sedahan, yang masih belum sehits saudara-saudaranya di kawasan Gunung Kidul. Sssttt... ternyata ada yang beda loh, dengan pantai ini. Apa itu? Makanya, yuk intip-intip, sama-sama.

Pantai Sedahan, Pantai Sedahan Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners

photo by jejakbayuubay

Tertantang mengeksplor Gunung Kidul lebih jauh? Yuk, ke salah satu pantai anti mainstream di kabupaten ini, Pantai Sedahan. Memang tak sehits Pantai Sundak, Pantai Timang, Pantai Baron, atau Pantai Indrayanti. Tapi Pantai Sedahan memiliki keunikan yang tiada duanya.

Ciri khas Pantai Sedahan yang tak dimiliki pantai-pantai lain di Gunung Kidul adalah dua bukit karang berhadapan di lepas pantainya. Mata seakan dimanjakan oleh warna hijau pekat batu karang ini, kemudian warna biru laut yang memisahkan keduanya, biru langit yang lebih cerah, dan putihnya pasir pantai yang luas. Perpaduan warna dan suasana ini seakan menjadi magnet yang menarik Dolaners menuju debur air laut. Tapi sebaiknya jangan, ya. Cukup main-main air sedikit di bibir pantai saja, demi keamanan. Reputasi ombak Pantai Selatan, tentu Dolaners sudah dengar.

Akan tetapi, untuk menikmati keindahan pantai ini diperlukan stamina tangguh. Dolaners akan melewati perbukitan, semak belukar, hutan batu, dan ladang penduduk. Selain stamina, siapkan perbekalan juga. Seperti halnya pantai-pantai yang masih sepi pengunjung, tak ada fasilitas penunjang di area Pantai Sedahan. Ya, memang butuh perjuangan kalau harus jalan jauh dengan backpack sarat muatan, tapi layak demi pantai yang seperti ini.


AKTIVITAS

Kuliner
Gak ada warung, apalagi resto di kawasan Pantai Sedahan. Mau nginep atau kagak, Dolaners kudu siap sama logistik sendiri, ya!
Akomodasi
Harga Tiket Masuk: Rp 5.000,-
Kegiatan
Pantai Sedahan memang tak terlalu populer. Tapi kalau hobi mancing, Dolaners pasti tak asing dengan pantai ini. Pantai Sedahan memang terkenal asik buat mancing ikan. Oh, Dolaners tak suka mancing? Bisa bersantai saja di pasir Pantai Sedahan yang lembut, atau naik ke salah satu bukit karang untuk melihat laut lepas. Tapi hati-hati saat naik ke bukit karang di pantai ini, ya! Kalau bawa bola, Dolaners bisa main volley pantai atau sepak bola di area pasir. Memang ada banyak hal seru yang bisa dilakukan di Pantai Sedahan, yang sepertinya sehari saja takkan cukup. Kalau begitu, angkut tenda saja! Dolaners bisa camping di pasir pantainya yang landai. Dihari-hari biasa, Pantai Sedahan masih jarang pengunjung, jadi Dolaners bisa berasa punya pantai pribadi kalau camping barang satu dua hari di sini.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Pantai Sedahan berdekatan dengan Pantai Dadapan di sebelah kiri, serta Pantai Sinden dan Pantai Greweng di sebelah kanannya. Kalau tertarik mengekplor lebih jauh, tapi masih dalam kawasan Desa Jepitu, Dolaners bisa lanjut dolan ke Pantai Jungwok dan Pantai Wedi Ombo. Pantai yang paling jauh dari Pantai Sedahan ini terpisah jarak sekitar 3 km. Parkir kendaraan saja sekalian di Pantai Wedi Ombo, dan nikmati acara mbolang ke pantai-pantai ini.
Jarak Pantai Sedahan dari Kota Yogyakarta kurang lebih 75 km, dan bisa ditempuh kira-kira selama 2 hingga 3 jam perjalanan darat. Dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun sewa, Dolaners bisa memilih rute menuju Pantai Wedi Ombo. Infrastruktur menuju pantai ini lebih solid. Kemudian, parkirkan kendaraan di Pantai Wedi Ombo, dan lanjutkan perjalanan dengan jaan kaki ke Pantai Sedahan. Atau kalau dirasa sanggup offroad menuju Pantai Sedahan, hajar saja, bawa kendaraan sampai pantai ini. Tapi kalau menggunakan angkutan umum, Dolaners bisa naik bus dari Terminal Giwangan ke Terminal Wonosari, ganti kendaraan ke arah Desa Jepitu, kemudian naik ojek sampai Pantai Sedahan. Jangan lupa menawar sebelum naik ojeknya, ya.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link