Pantai Sendang Biru

5522 views

Keindahan pantai yang begitu eksotis dengan hamparan pasir putih yang begitu luas, deretan perahu nelayan di pesisir pantai, pesona air yang begitu biru dengan geliat ombak yang perlahan menyapu bibir pantai akan menambah nikmatnya mata memandang panorama alam yang tersuguh di Pantai Sendang Biru.

Pantai Sendang Biru

Photo by bangriobros.wordpress.com

Malang terkenal sebagai kota wisata yang populer di Jawa Timur. Terlebih lagi kota ini terletak di dataran tinggi. Namun jangan salah, Malang tak hanya memiliki wisata gunung atau aktivitas terkait lainnya. Di Malang juga terdapat banyak pantai yang keindahannya tak kalah jika dibandingkan dengan pantai wisata daerah lain. Salah satunya Pantai Sendang Biru yang menjadi pintu masuk bagi pecinta alam yang ingin menuju Pulau Sempu. Dengan adanya Pulau Sempu ini, membuat Pantai Sendang Biru memiliki ombak yang tidak begitu besar seperti umumnya pantai laut selatan lainnya.

Nama Sendang Biru berasal dari Bahasa Jawa yang berarti sumber air berwarna biru. Benar saja, di kawasan Pantai Sendang Biru ini memang air lautnya sangat jernih dan berwarna kebiruan. Panorama Pantai Sendang Biru memang sangat mempesona dan yang pasti akan membuat Dolaners betah berlama-lama mengunjungi pantai tersebut. Tak hanya itu, Dolaners juga akan menjumpai banyak perahu nelayan yang pulang melaut tiba saat pagi hari. Karena kawasan ini telah menjadi lokasi konservasi ikan terbesar di Malang bagian selatan.

Namun Dolaners tak perlu risau, karena keindahan pantai ini tetap dapat dinikmati pada sisi barat yang mana terdapat tebing dan batu besar yang membuat Pantai Sendang Biru makin terlihat begitu eksotis ketika menjelang pergantian sore menuju malam hari. Suasana sunset di pantai ini begitu memukau dengan kilauan cahaya matahari yang memantul di perairan Pantai Sendang Biru.

Dolaners juga dapat menikmati keindahan Pantai Sendang Biru dengan berbagai kegiatan seperti berenang, snorkeling, maupun hanya sekadar bermain pasir di pinggiran pantai. Bila Dolaners melakukan snorkeling, akan disuguhi pemandangan bawah laut yang begitu indah. Tak berhenti di sini, Dolaners dapat menyeberang menuju ke Pulau Sempu dengan menggunakan perahu nelayan. Selama perjalanan, tengoklah ke air biru sepanjang Pantai Sendang Biru, Dolaners akan melihat gerombolan ikan yang sedang berenang.

Perlu Dolaners ketahui, masyarakat sekitar Pantai Sendang Biru memiliki tradisi unik. Jika Dolaners berkunjung pada tanggal 7 atau 8 bulan Syawal, akan menjumpai masyarakat sekitar menyeberang menuju Pulau Sempu untuk mengambil air tawar yang dipercaya dapat menyembuhkan penyakit.


AKTIFITAS

Kuliner
Bagi Dolaners yang ingin berlibur ke wisata alam Pantai Sendang Biru tidak perlu khawatir dan repot membawa bekal dari rumah karena di kawasan wisata ini terdapat banyak pedagang yang menjual beragam panganan. Mulai dari yang hanya sekedar jajanan cemilan ringan, makanan berat hingga beragam pilihan minumanpun tersedia disini. Soal harga, Dolaners tidak perlu khawatir karena harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau. Sedangkan untuk Dolaners yang ingin membawa buah tangan saat kembali dari berlibur, di Pantai Sendang Biru ini juga tersedia beragam kios kios yang menjajakan beragam pilihan oleh-oleh. Maulai dari merchandise berupa kaos, gantungan kunci, gelang, kerajinan tangan berupa ukiran kayu, beragam hasil laut, hingga akik sebagai oleh-oleh untuk keluarga ada disini.
Akomodasi
Biaya Tiket Masuk : Rp. 10.000 per orang
Biaya Parkir Kendaraan : Rp. 5.000,-
Biaya Penginapan per kamar : Rp. 100.000,-
Biaya Sewa Kapal Dayung : Rp. 50.000,- per kapal
Biaya Sewa Kapal Bermotor : Rp. 100.000,- per kapal
Kegiatan
Di Pantai Sendang Biru ini tidak hanya menikmati keindahan alam pesisir yang menyejukkan mata, namun Dolaners juga bisa menikmati keindahan pantai sendang biru ini dengan berbagai jenis kegiatan seperti berenang, snorkeling maupun bermain pasir. Bagi Dolaners yang snorkeling akan disuguhi pemandangan wisata bawah laut yang sangat mempesona dan indah sekali. Pantai sendang biru ini sangat bersih dan terjaga keindahannya karena memang masyarakat sekitarnya sendirilah yang mengelola pantai sendang biru dengan baik dan benar. Di sini Dolaners juga bisa menyewa perahu-perahu ini untuk berkeliling menikmati indahnya Pantai Sendang Biru Malang dengan harga Rp. 100.000,- untuk perahu motor dan Rp. 50.000,- untuk perahu dayung. Karena airnya yang jernih, Dolaners bisa melihat dengan jelas terumbu karang dan ikan-ikan di bawah laut. Sebagai tempat pelelangan ikan, di Pantai Sendang Biru ini tentunya Dolaners bisa membeli ikan-ikan hasil tangakapan nelayan dengan harga yang cukup murah di sini. Bahkan jika Dolaners bosan berkeliling di Pantai Sendang Biru ini, Dolaners bisa menyebrang menggunakan kapal tersebut menuju ke Pulau Sempu. Sebuah Pulau yang masih belum banyak terjamah. Namun tentu saja, Dolaners harus mengantongi izin terlebih dahulu dari pihak yang bertugas disana.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Akses jalan menuju Pantai Sendang Biru pada umumnya sudah memadai, sepanjang jalur sudah dilapisi aspal, namun untuk menuju ke tempat ini, harus cukup berhati-hati. Hal ini dikarenakan jalan cukup menegangkan karena jalur yang berkelok, sempit, disertai turunan dan tanjakan curam yang menikung tajam. Terlebih ketika pada saat berkunjung ke sana dalam kondisi musim penghujan. Jalur menuju ke Sendang Biru cukup rawan, karena jalurnya berkelok dan mempunyai elevasi tinggi. Di beberapa lokasi, kondisi jalan juga tak terlalu besar. Memasuki kawasan pantai pengunjung akan melewati sebuah gerbang yang merupakan pos jaga BKSDA Pantai Sendang Biru.
Untuk mencapai Pantai Sendang Biru para pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan motor, juga kendaraan umum. Untuk kendaraan umum bisa diakses menggunakan mikrolet jurusan Gadang – Turen – Sendang Biru dengan waktu tempuh 2 jam dari kota Malang. Akses jalan sudah teraspal, namun cukup menegangkan karena jalur yang berkelok, sempit, disertai turunan dan tanjakan curam yang menikung tajam. Memasuki kawasan pantai pengunjung akan melewati sebuah gerbang yang merupakan pos jaga BKSDA Pantai Sendang Biru.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link