Pantai Sepanjang

329 views

Sudah sering banget kan, melihat adegan dalam film ketika aktornya berkendara di jalan yang bersisian dengan pantai biru? Kebayang gak, kalau Dolaners yang berada dalam adegan itu? Ada lho, pantai yang panjang seperti di film-film, dan lokasinya di Yogyakarta, tepatnya di Gunung Kidul. Memang tak sama, pantai di sini punya pemandangan khas Indonesia. Apa itu? Nah, yuk baca dikit lagi buat kepoin Pantai Sepanjang tuh seperti apa.

Pantai Sepanjang, Pantai Sepanjang Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners

photo by rfk_nur

Keistimewaan Pantai Sepanjang dibanding pantai-pantai lain di Gunung Kidul sudah bisa Dolaners tebak dari namanya. Yup! Garis pantai ini bener-bener panjang, bahkan terpanjang di Gunung Kidul. Bila Dolaners melalui Jalan Sepanjang yang berada antara Pantai Nglolang dan Pantai Sanglen, pemandangan yang tersaji di depan mata berupa garis pantai yang seakan tak berujung. Sayangnya, pemandangan seperti ini tertutup oleh bangunan yang berdiri berjajar sepanjang pantai. Jadi, untuk menikmati Pantai Sepanjang, sebaiknya menepi dan parkir kendaraan saja.

Pantai Sepanjang sudah selayaknya Kuta milik Gunung Kidul, sampai-sampai warga sekitar menjuluki pantai ini Kuta tempo doeloe di Yogyakarta. Pasirnya berwarna putih kecoklatan membentang landai beradu dengan buih ombak yang juga berwarna putih. Sejauh mata memandang ke lepas laut, yang terlihat hanya warna biru tenang samudera, menandakan perairan pantai ini masih bersih dari polutan. Sementara pohon-pohon palem yang berjajar rapi berayun tenang di tepi pasir, menyambut Dolaners setibanya di Pantai Sepanjang.

Bila datang saat air laut sedang surut, Dolaners bisa melihat dasar pantai yang berkarang, penuh dengan berbagai biota laut bersembunyi malu-malu. Ganggang laut, bintang laut, kerang-kerangan, bulu babi, rumput laut, bahkan ikan-ikan kecil bisa ditemukan di balik cekungan karang yang masih menyimpan sisa surut air laut. Kerang-kerang yang diambil dari celah karang dasar laut ini dirangkai menjadi cenderamata cantik oleh warga setempat. Jangan lupa belanja ya, Dolaners!


AKTIVITAS

Kuliner
Terdapat warung-warung sederhana di sepanjang tepi pantai, dikelola oleh warga sekitar, yang menyediakan minuman dan makanan hasil olahan laut. Tak jauh dari pantai, masih di tepi Jalan Sepanjang, Dolaners bisa mampir ke Warung Gurita atau Rumah Makan Kampoeng Lobster. Ini saatnya menyantap ikan laut segar, Dolaners!
Akomodasi
Harga Tiket Masuk: Rp 10.000,-
Parkir Motor: Rp 2.000,-
Parkir Mobil: Rp 5.000,-
Kegiatan
Yang wajib dilakukan di Pantai Sepanjang? Sepertinya selfie, wefie, atau groufie ya, Dolaners. Camping juga boleh, dan ada persewaan tenda bila Dolaners kelupaan perlengkapan utama ini. Yang jelas, berenang tak bisa leluasa karena area pantai ini terbuka ke arah Samudra Hindia meskipun ombaknya terbilang ramah. Selalulah berhati-hati bila memutuskan untuk berenang, dan tetap di area tepi, tak peduli semenggoda apapun tampilan perairan biru di lepas pantai sana.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Pantai Sepanjang punya banyak kawan di pesisir selatan Gunung Kidul Yogyakarta. Di sisi kanan atau baratnya ada Pantai Nglolang, sedangkan di sisi kiri atau timurnya ada Pantai Sanglen. Tak hanya dua pantai ini, masih ada Pantai Kukup, Pantai Watu Kodok, Pantai Sundak, Pantai Baron, Pantai Drini, dan Pantai Indrayanti yang semua bisa dijangkau dengan mudah saat Dolaners main ke Pantai Sepanjang.
Kalau dari Pantai Kukup, Dolaners bisa langsung ke Pantai Sepanjang dengan menuju ke arah timur sejauh 2 kilometer. Kalau dari Pantai Drini, sebaliknya, Dolaners menuju ke arah barat dengan jarak 1 kilometer saja. Kalau berangkat dari Kota Yogyakarta, jarak yang ditempuh cukup jauh, yaitu hingga 65 kilometer. Dolaners bisa tiba di Pantai Sepanjang dalam waktu sekitar 1,5 jam bila perjalanan lancar tanpa hambatan. Dolaners ambil rute ke Piyingan, Patuk, Sambipitu, Lanud TNI AU Gading, lanjut terus ke Siyono, Wonosari, kemudian masuk ke Jalan Baron, Tanjungsari, hingga tiba di pertigaan menuju Pantai Baron. Bila melewati Pantai Baron, Dolaners terus saja ke arah timur dan menemui Pantai Kukup. Bila diteruskan, Dolaners akan sampai di Pantai Sepanjang.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link