Pantai Seruni

137 views

Siapa bilang segala sesuatu yang indah-indah musti dalam ukuran yang besar? Siapa bilang untuk menikmati suasana yang menyenangkan musti dalam keadaan yang hingar bingar dan meriah? Tengoklah Pantai Seruni di Gunung Kidul Yogyakarta, sebuah pantai mungil yang tenang, hanya suara angin dan riak ombak yang menemani Dolaners di sini. Tapi sekalinya ke pantai ini, bisa-bisa Dolaners jadi gak pengen pulang, deh.

Pantai Seruni, Pantai Seruni Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners

photo by andri_yantoo

Pantai Seruni adalah sebuah pantai kecil di wilayah Gunung Kidul, namun memiliki keindahan alam pesisir yang tak kalah dengan pantai-pantai hits yang lain. Dan karena masih belum ramai dikunjungi wisatawan, yang mungkin disebabkan oleh ukurannya yang mungil, Pantai Seruni masih bersih, bebas dari sampah.

Bahkan mungkin, bersihnya Pantai Seruni bisa jadi suasana yang paling terasa begitu Dolaners menapakkan kaki di pasirnya yang putih. Bila eksplor terus ke sisi timur pantai, Dolaners akan mendapati sebuah air terjun air tawar yang telah dimanfaatkan oleh warga setempat. Air terjun inilah yang menopang kebutuhan air tawar di kawasan Pantai Seruni. Sayangnya, bila Dolaners tiba di Pantai Seruni saat musim kemarau, air terjun ini seringnya sudah kering.

Kedepannya, Pantai Seruni direncanakan untuk menjadi destinasi wisata yang lebih mewah, dengan resort, hotel, dan restoran yang berjajar di sepanjang jalan menuju pantai. Akses jalan juga direncanakan untuk diaspal sedari area pantai sampai jalan raya utama. Namun pengembangan kawasan wisata ini cukup dilematis mengingat Pantai Seruni dan sekitarnya berada dalam Kawasan Bentang Alam Karst (KBAK), yang merupakan wilayah perlindungan geologi.


AKTIVITAS

Kuliner
Akomodasi
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
Rute menuju Pantai Seruni sama seperti rute menuju Pantai Pok Tunggal. Siapkan kendaraan yang tangguh, karena Dolaners akan melalui medan yang penuh perjuangan, jalan cor yang beberapa bagian jadi berlumpur saat musim hujan, dengan turunan dan tanjakan sejauh beberapa kilometer. Bila suka eksplor lebih jauh, Dolaners bisa teruskan ke pantai-pantai di sekitar Pantai Seruni, seperti Pantai Wedi Ombo, Pantai Watu Lumbung, atau Pantai Timang.
Dengan menggunakan kendaraan pribadi, Dolaners bisa mengikuti rute menuju Pantai Pok Tunggal. Terus saja mengikuti penunjuk arah ke Pantai Pok Tunggal dari Kota Yogyakarta, dengan waktu tempuh sekitar 2 jam, hingga Dolaners tiba di persimpangan yang memisahkan Pantai Seruni dari Pantai Pok Tunggal. Persimpangan ke kanan menuju Pantai Pok Tunggal, sedangkan persimpangan ke kiri menuju Pantai Seruni. Dari persimpangan ini, Pantai Seruni berjarak 2 kilometer lagi.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link