Pantai Sipelot

896 views

Hijaunya deburan ombak tipis yang berlarian di pesisir Pantai Sipelot berpadu dengan kokohnya karang yang mengapit birunya air laut dan awan yang bergerombol menyuarakan music alami yang merdu untuk diperdengarkan. Hijaunya pohon yang rimbun menutupi hampir seluruh sisi batu kapur begitu menyejukkan setiap mata yang memandangnya. Moment romantispun semakin tercipta ketika menyambangi pulau Sipelot bersama kekasih tercinta.

Pantai Sipelot

Photo by malangonline.com

Pantai Sipelot adalah sebuah nama pantai di Kota Malang berasal dari bahasa Belanda Apelot yang berarti persinggahan. Tidak heran jika tempat ini dulunya sebagai persinggahan yang nyaman bagi bangsa belanda karena pesonanya yang memikat langsung menawan hati para wisatawan untuk mengunjunginya. Pasir putih yang terhampar dengan kilauan air laut yang terpantul oleh sengatan cahaya sang surya dan birunya mendung merupakan kombinasi pemandangan yang memukau dari atas bukit.

Dari dimensi lain pasir kecoklatan menghiasi keindahan area Pantai Sipelot Malang yang merupakan area yang membentuk teluk ini. Pantai Sipelot ini memiliki ombak yang lumayan besar namun tidak sedikitpun mengurangi kemegahan lukisan Illahi dan menyurutkan para wisatawan untuk menikmati kemolekannya. Mahakarya Sang Pencipta ini semakin dipercantik oleh Air Terjun Pantai Sipelot yang mengalir dari ketinggian 10 meter dengan debit yang lumayan deras, bening dan jernih. Derasnya cucuran air terjun tersebut begitu menggema dan menarik hati Dolaners untuk bermain disana.

Di Pantai Sipelot yang berlokasi di kecamatan Tirtoyudo Malang tepatnya di desa Pujiharjo ini dipenuhi oleh hijaunya tumbuhan yang mampu menyejukkan hawa pantai yang pada umumnya panas. Hadirnya sebuah karang yang mirip anyaman dinding bamboo mampu melukiskan keindahan Pantai Sipelot yang memukau oleh hadirnya Watu Gedeg tersebut.

Kombinasi suguhan panorama yang memikat hati di Pantai Sipelot ini membuat Dolaners seakan tidak ingin beranjak pergi. Jilatan air laut yang tidak pernah lelah mengguyur pasir pantai, karang yang tidak pernah berkurang kekokohannya melindungi sang daratan dari terpaan sang ombak dan pepohonan yang semakin tinggi nan hijau menjulang merupakan pesona keindahan yang sayang untuk dilewatkan tanpa jepretan kamera.


AKTIFITAS

Kuliner
Bagi Dolaners yang ingin berlibur ke wisata alam Pantai Sipelot tidak perlu khawatir dan repot membawa bekal dari rumah karena di kawasan wisata ini terdapat banyak pedagang yang menjual beragam panganan. Mulai dari yang hanya sekedar jajanan cemilan ringan, makanan berat hingga beragam pilihan minumanpun tersedia di Pantai Sipelot Malang ini. Soal harga, Dolaners tidak perlu khawatir karena harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau.
Akomodasi
Biaya Parkir Kendaraan Roda 2 : Rp. 2.000,-
Biaya Parkir Kendaraan Roda 5 : Rp. 5.000,-
Biaya Naik Perahu Menyebrangi Teluk : Rp. 50.000,-
Kegiatan
Beragam kegiatan yang mengasyikan bisa Dolaners lakukan di Pantai Sipelot ini, yakni :
  • Melihat indahnya pasir putih yang terhempas oleh deburan ombak laut yang tiada hentinya.
  • Di sepanjang tepi Pantai Sipelot banyak pepohonan yang bisa digunakan berteduh para pengunjung.
  • Menikmati keindahan perbukitan tinggi yang hijau.
  • Menikmati keindahan Air Terjun Coban Sipelot. Air terjun yang tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 10 m. Untuk mencapainya Anda harus menyeberangi teluk terlebih dahulu. Di sini banyak perahu nelayan yang bisa mengantarkan menuju Coban Sipelot dengan biaya sekitar Rp. 50.000,-.
  • Warna laut kebiru-biruan menimbulkan rasa nyaman untuk lebih lama memandangi jauhnya buih Pantai Sipelot.
  • Dengan memakai perahu Dolaners juga bisa menikmati indahnya laut sambil menggunakan sampan.
  • Pengunjung bisa melihat lebih dekat Watu Gedeg atau sebutan sebuah karang yang mirip dinding dari bambu.
  • Jika tidak puas dengan Sipelot-Pantai Pasir Putih, bisa meneruskan ke Pantai Tenger.
  • Lokasinya di teluk, mirip-mirip Pantai Pasir Putih. Tapi perjalanan kesana, memacu adrenalin. Ombaknya cukup besar saat Minggu. Melintasi laut biru tua membuat jantung berdebar. Jika satu paket naik perahu ke lokasi-lokasi itu, harga sewa perahunya Rp. 300.000,- PP.
  • Berkemah sepertinya sesuatu yang menyenangkan juga, langit malam di pantai ini pasti sayang untuk dilewatkan. Waktu pagi hari kita bisa menyaksikan indahnya sunrise dari Pantai Sipelot.
Tips BerwisataAkses Transportasi

Akses menuju Pantai Sipelot tergolong mudah sebab jalannya sudah beraspal halus dan jarang terdapat kerusakan. Selain itu, di sepanjang perjalanan banyak terdapat pepohonan yang rindang dan pemandangan alam yang indah. Rute yang bisa Dolaners tempuh dari pusat kota Malang yaitu Malang – Turen – Dampit – Tirtoyudo – Pujiharjo – Sipelot. Perjalanan setelah melewati Dampit menuju Pujiharjo sungguh mengagumkan. Di sebelah kiri dan kanan pantai tampak pemandangan dua bukit yang mengapit.

Tak jauh dari Sipelot, terdapat pantai perawan yang tidak kalah cantiknya dan sayang untuk dilewatkan. Lokasinya berada di balik bukit sebelah barat Pantai Sipelot yaitu Pantai Lenggoksono.

Perlu diketahui hingga saat ini belum tersedia angkutan umum yang bisa mengantarkan Dolaners sampai ke Pantai Sipelot Malang ini. Sehingga jika Dolaners ingin berlibur ke pantai ini, Dolaners harus menggunakan kendaraan pribadi. Pantai Sipelot dapat diakses menggunakan kendaraan pribadi roda dua maupun roda empat.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link