Pantai Siung

678 views

Adakah pantai yang menawarkan segalanya? Memangnya apa yang Dolaners cari kalau main ke pantai? Pemandangan yang elok, kegiatan yang seru, atau makanan laut yang enak? Asiknya bila semua hal ini terkumpul di satu lokasi ya, Dolaners. Tak perlu jauh-jauh berpindah tempat bila menginginkan dua atau tiga hal bersamaan. Dan kabar baiknya adalah, semua ini ada di Pantai Siung. Dolaners bisa menikmati pemandangan pantai pesisir selatan Yogyakarta, bersantai di pasir, makan ikan segar, bahkan panjat tebing.

Pantai Siung, Pantai Siung Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners

photo by niranatanadia

Dolan ke pantai-pantai di Gunung Kidul rasanya tak lengkap bila belum sampai di Pantai Siung. Pantai ini memiliki segalanya yang Dolaners harapkan, mulai dari keindahan panoramanya, pasirnya yang putih, hingga tawaran kegiatan seru yang cukup mengasah adrenalin.

Ciri khas Pantai Siung berada pada batu-batu karangnya yang tegar berdiri di sisi kanan dan kiri pantai yang landai. Mengapit pasir pantainya dan menjorok ke tengah laut, batu-batu karang di kedua sisi ini menyerupai gigi kera, yang oleh warga disebut Siung Wanara. Tak hanya tegar menyongsong deburan ombak Laut Selatan, bukit karang di kedua sisi Pantai Siung ini juga menawarkan pemandangan panorama pantai dari ketinggian. Bila Dolaners bisa bersantai menikmati pemandangan di bukit karang sisi kiri Pantai Siung, beda halnya dengan bukit karang di sisi lainnya. Tebing di sisi kanan Pantai Siung sering dijadikan sebagai lokasi olahraga panjat tebing berskala nasional maupun internasional. Memang kontur tebingnya memiliki tingkat kesulitan yang berbeda, sehingga peserta panjat tebing yang baru belajar hingga yang sudah mahir sekalipun bisa ikut serta dalam kompetisi yang diadakan di tebing Pantai Siung. Pemandangan pantai yang berbeda, dan cukup seru, bila dolan ke Pantai Siung saat perlombaan panjat tebing diadakan.

Laut Selatan tak hanya garang dengan ombaknya, namun juga murah hati dengan beragam ikan, lobster, kepiting, dan berbagai jenis bahan makanan laut. Dolaners bisa membeli ikan segar di tempat pelelangan ikan Pantai Siung, untuk dibakar sendiri di tepi pantai, atau dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Tak cuma pemandangan mata yang memuaskan, perut juga bisa kenyang kalau dolan ke Pantai Siung.


AKTIVITAS

Kuliner
Kuliner istimewa di Pantai Siung jelas olahan laut segar. Sebagian warga sekitar pantai bermatapencaharian sebagai nelayan, sebagian lagi sebagai petani garam yang kemudian menjualnya di Pasar Winangun, serta membuat kolam dan keramba untuk budidaya ikan. Bila Dolaners menjumpai warung di sekitar Pantai Siung yang menawarkan ikan laut segar, boleh lah, dicoba.
Akomodasi
Harga Tiket Masuk di Pantai Jogan atau Pantai Nglambor: Rp 6.000,-
Kegiatan
Bila memanjat bukit karang di sisi kiri pantai, Dolaners bisa melihat pemandangan Pantai Siung dengan pasirnya yang terhampar putih dan lautnya yang biru. Bila Dolaners terlatih rock climbing atau panjat tebing, spot untuk olahraga ini tersedia di bukit karang pada sisi kanan Pantai Siung. Lokasi panjat tebing yang langsung bertemu dengan laut lepas ini sudah diakui dunia internasional. Keren ya, Dolaners?
Tips BerwisataAkses Transportasi
Pantai Siung berada di sisi kiri atau timur Pantai Jogan dan Pantai Nglambor. Pintu masuk ke Pantai Siung bisa melalui pantai Jogan atau Pantai Nglambor.
Jarak Pantai Siung dari Kota Yogyakarta sekitar 80 kilometer, dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Dari ring road Jalan Wonosari, Dolaners lanjutkan terus menuju perempatan Samaan, menuju Pasar Piyungan, Bukit Bintang, Patuk, Sambipitu, Gading. Kemudian, belok kiri di pertigaan menuju Wonosari, Playen, Siono, Pemda Gunung Kidul, Pasar Wonosari. Pada pertigaan kedua setelah pasar ini, Dolaners belok kanan menuju Jalan Baron, lanjutkan arah ke Karangrejek, belok kiri di pertigaan Mulo, menuju Bintaos, kemudian Tepus. Di sini, Dolaners akan berada di pertigaan, yang ke kanan menuju ke Pantai Indrayanti, sedangkan yang ke arah kiri menuju ke Pantai Siung dan Wedi Ombo. Lanjutkan perjalanan hingga tiba di Gesing, belok kanan sesampainya di pertigaan Purwodadi untuk menuju pintu masuk Pantai Siung.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link