Pantai Tanjung Bira

1157 views

Pantai Tanjung Bira adalah salah satu pantai yang terletak di ujung selatan Kota Makasar. Pantai ini menjadi salah satu obyek wisata di Indonesia yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan baik domestik mapun mancanegara. Pantai yang satu ini memang memiliki suatu kemenarikan yang luar biasa yang tak kalah menawan dengan pantai lain.

Pantai Tanjung Bira

Photo by duniabackpacker.net

Pantai Tanjung Bira memiliki keindahan yang sempurna dan begitu lengkap. Pada pantai tersebut Dolaners akan melihat begitu luasnya hamparan pasir putih di Tanjung Bira. Putih dan lembutnya pasir Pantai Tanjung Bira akan membuat Dolaners merasa betah bermain-main di atas pasir atau sekadar berjemur di sana. Selain itu juga terdapat banana boat yang dapat menjadi pilihan dolaner untuk berkeliling pantai.

Dari bibir pantai Dolaners akan dapat melihat luasnya pantai yang begitu biru dan jernih. Tampak di seberang sana dua pulau yaitu Pulau Kambing dan Pulau Liukan Loe. Dolaners juga akan melihat di pinggiran Pantai Tanjung Bira banyak kapal Fery yang berjajar menanti para penumpang yang hendak menyeberang ke Pulau selayar. Banyak aktivitas yang dapat Dolaners lakukan di lokasi wisata ini antara lain berenang, diving, snorkeling menikmati keindahan surga bawah laut Tanjung Bira. Uniknya lagi Dolaners yang hobi dengan olah raga voli pantai bisa juga melakukan kegiatan ini di sepanjang hamparan pasir putih Tanjung Bira.

Tak hanya itu, di Pantai Tanjung Bira Makassar akan sangat cantik bila terkena semburat mentari pagi saat mulai menampakkan diri ke permukaan langit. Pemandangan ketika sunrise di Tanjung Bira sangat mempesona dinikmati. Tak ketinggalan juga saat mentari kembali ke peraduannya, pemandangannya pun sangat menawan para wisatawan di Tanjung Bira. Begitu menakjubkan.

Bagi Dolaners yang menginginkan menikmati hempasan angin malam di Pantai Tanjung Bira, hal itu dapat terwujud. Sebab di pantai tersebut banyak pula wisatawan yang menghabiskan malam mereka di sana. Di pantai tersebut langit akan tampak begitu indah dengan taburan bintang yang begitu mepesona menemani para pengunjung yang duduk bersantai di hamparan pasir pantai. Di sana Dolaners juga dapat menikmati malam dengan sajian ikan bakar segar yang dapat dibeli dari nelayan yang pulang melaut. Banyak hal yang bisa Dolaners lakukan di Pantai Tanjung Bira Makassar bukan, maka tak ada salahnya menjadikan pantai ini sebagai tujuan wisata Dolaners selama di Makasar.


AKTIFITAS

Kuliner
Untuk urusan makan, Dolaners tidak perlu khawatir. Karena di sepanjang kawasan Pantai ini banyak terdapat rumah makan yang menjajakan aneka kuliner. Kuliner di Bulukumba tidak jauh beda dengan Kuliner Bugis dan Makassar. Dolaners bisa menikmati menu seafood yang tersaji di beberapa warung makan di Tanjung Bira ini. Ada pula jajanan ringan Jagung Marning yang merupakan Kuliner khas Bulukumba dan bisa dijadikan sebagai oleh – oleh. Dolaners juga bisa singgah di Jenneponto untuk menikmati Coto kuda dan Konro kuda.
Akomodasi
Biaya Tiket Masuk : Rp. 10.000,- (Wisatawan Domestik) & Rp. 20.000,- (Wisatawan Mancanegara)
Biaya Sewa Penginapan : mulai Rp. 100.000,-
Biaya Sewa Perahu : Rp. 250.000,-
Kegiatan
Di kawasan Pantai Tanjung Bira ini, Dolaners dapat menghabiskan waktu liburnya dengan berenang, menyelam, snorkeling, bermain aneka permainana air seperti banana boat atau hanya sekedar berjemur menikmati segarnya angin yang berhembus. Pada saat pagi atau menjelang malam, wisatawan juga dapat melihat pesona matahari terbit dan terbenam dalam satu lokasi. Sebatas mata memandang ke laut lepas, Dolaners juga dapat menikmati keindahan Pulau Liukang dan Pulau Kambing.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Akses untuk menuju ke Pantai Tanjung Bira ini yakni dari bandara, Dolaners dapat menggunakan transportasi umum seperti taksi untuk menuju ke Terminal Malengkeri. Dari Terminal Malengkeri, perjalanan dilanjutkan menggunakan bus yang menuju ke arah Bulukumba dan kemudian disambung dengan menggunakan angkutan kota yang disebut dengan pete-pete untuk menuju ke Pantai Tanjung Bira. Transportasi umum yang ada di kawasan Pantai Tanjung Bira biasanya hanya beroperasi hingga sore hari. Jadi Dolaners harus benar-benar merencanakan perjalanan Dolaners.
Untuk dapat sampai ke Pantai Tanjung Bira ini, Dolaners bisa menggunakan transportasi pribadi maupun umum, baik roda dua maupun roda empat atau lebih. Bagi Dolaners yang ini menggunkana transportasi umum, maka bisa menggunakan taxi, ojek, angkutan umum dan bus.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link