Pantai Tarimbang

745 views

Putihnya pasir pantai berpadu dengan hijaunya bukit yang berdiri kokoh di bawah langit biru Sumba Timur menjadikan Pantai Tarimbang seakan seperti sebuah surga alam yang tersembunyi jauh dan seakan terabaikan. Gulungan ombaknya yang terkenal dengan sembilan ombak gulungan beruntun juga telah berhasil mengundang decak kagum para penggila surfing saat menjajalnya. Sepoi-sepoinya angin kala matahari terbenam dipastikan akan membuat dolaners menjadi terpukau kala mengunjungi Pantai Tarimbang ini.

Tarimbang Beach Sumba

Photo via Wahyu Mahendra

Pantai Tarimbang merupakan sebuah pantai indah berpasir putih yang lokasinya berada di Kecamatan Tabundung, Kabupaten Sumba Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Lokasinya berada sekitar 98 km dari bandara yang terdapat di kota Waingapu. Pantai ini juga merupakan salah satu pantai tercantik yang terdapat di Pulau Sumba. Pantai Tarimbang ini adalah teluk yang memiliki panjang pantai kurang lebih sekitar 3 km dengan hamparan pasir putih yang luas dan juga ombak yang tinggi sehingga sangat cocok untuk melakukan kegiatan surfing.

Ombak Pantai Tarimbang sudah sangat dikenal oleh berbagai kalangan surfer dunia sebagai pantai yang memiliki sembilan gulungan ombak beruntun. Banyak surfer-surfer lokal maupun asing yang telah datang untuk menjejalnya dan mereka selalu pulang dengan kepuasan.
Selain terkenal dengan ombak besar dan pasir putih, jejeran tebing karang yang berada di sepanjang pesisir Tarimbang juga sangat sangat elok untuk dipandang. Hal ini juga dipercantik dengan gradasi warna air laut yang bisa dolaners nikmati, saat dolaners tak berniat untuk menceburkan diri ke dalam laut. Siang hari adalah waktu yang tepat untuk melihat langsung keindahan lukisan alam di pantai ini karena pada saat itu garis pantai akan memperlihatkan perbedaan yang begitu tegas dari warna bening, hijau, hijau kebiruan sampai biru pekat yang merupakan penanda kedalaman laut.

Salah satu ciri khas Pantai Tarimbang yang tak semua pantai memilikinya adalah terdapatnya sebuah laguna air tawar di dekat pantai ini yang sangat cantik dan memiliki air tawar yang sangat dingin menyegarkan. Laguna inilah yang kemudian memisahkan laut dengan sungai-sungai yang bermuara ke Pantai Tarimbang di Sumba ini. Air laguna ini juga memiliki warna kehijauan yang indah, yang dihiasi dengan adanya latar belakang laguna berupa gugusan hutan kecil menghijau yang berdiri kokoh di perbukitan yang ada di belakangnya. Seperti pantai-pantai lainnya, sunset yang terdapat di pantai ini juga tak akan kalah saing dengan pantai-pantai lainnya.


AKTIFITAS

Kuliner
Akomodasi
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
Tetaplah menjaga kebersihan saat dolaners mengunjungi Pantai Tarimbang di Pulau Sumba ini. Kemudian, jika dolaners mempunyai budget yang minim, maka dolaners tak perlu memaksakan diri untuk menyewa penginapan atau hotel yang harganya mahal. Dolaners bisa untuk menginap di pemukiman warga di Desa Tarimbang ini tentunya dengan berkomunikasi dan bernegosiasi terlebih dahulu.
Bagi dolaners yang berasal dari luar Sumba, maka dolaners bisa menuju Pantai Tarimbang dengan menggunakan pesawat dengan transit terlebih dahulu di Bali sebelum sampai ke Waingapu. Setelah dolaners sampai di kota Waingapu, maka dolaners bisa melanjutkan perjalanan dolaners dengan menyewa mobil atau motor untuk menuju Pantai Tarimbang Sumba yang memiliki jarak sekitar 98 km dari kota Waingapu tadi. Selain kendaraan sewaan, sebenarnya juga ada alat transportasi lain berupa bus kayu dan juga bus truk untuk menuju ke Tarimbang. Akan tetapi, angkutan umum ini tidak banyak beroperasi dan jumlahnya masih terbatas.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link