Pantai Timang

724 views

Pemandangan apa sih, yang paling menggoda di pantai? Ombak berdebur pelan, pasir putih yang lembut, atau pucuk-pucuk nyiur yang mengangguk pelan bersama angin? Sayangnya, bukan pemandangan seperti ini yang akan Dolaners dapati di Pantai Timang. Pantai yang menghadap Samudera Hindia ini memiliki ombak yang cukup besar, dengan batu-batu cadas pada salah satu sisi pantainya, dan yang paling seru, ada jembatan gantungya, Dolaners!

Pantai Timang, Pantai Timang Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners

photo by odikbanditos

Pantai ini memang sama-sama memiliki pasir putih seperti pantai-pantai lain di Gunung Kidul, tapi Pantai Timang memiliki keunikan wisata yang tak bisa Dolaners jumpai di pantai manapun di Yogyakarta. Pantai yang memiliki banyak tumbuhan pandan di sekitarnya ini punya jembatan yang sanggup menantang adrenalin Dolaners hingga level maksimal.

Jembatan Timang, namanya. Bukan jembatan kokoh yang stabil dan tenang, namun struktur Jembatan Timang lebih mirip seperti jembatan gantung atau jembatan goyang. Jembatan ini akan berayun-ayun saat Dolaners meniti setiap langkah di atasnya, menuju Pulau Timang. Bukan pulau eksotis dengan pasir putih dan nyiur melambai, tapi Pulau Timang ini berupa sebongkah batu karang tajam dengan tebing yang curam. Selain jembatan, Pulau Timang yang berada di lepas pantai ini bisa dicapai dengan kereta gantung atau semacam gondola tradisional. Awalnya, gondola ini bukan ditujukan untuk pariwisata, melainkan berfungsi sebagai alat bantu nelayan untuk berburu lobster di Pulau Timang. Harga jual lobster yang cukup tinggi membuat para nelayan sanggup meluncur di gondola yang terbuat dari kayu dan bambu, menggantung pada tambang plastik sejauh 200 meter, dengan deru ombak Laut Selatan sekitar 10 meter di bawahnya. Saat debur ombak meninggi menghantam karang bersamaan dengan angin yang bertiup kencang, bergoyang-goyang berpegangan pada tali jembatan atau sendirian berada di gondola akan jadi hal yang tak bisa dibilang mudah.

Tapi tenang saja, gondola ini sekarang sudah tampak lebih kokoh. Dan masih ada jembatan gantung yang bisa jadi pilihan menyeberang bila Dolaners pingin ke Pulau Timang. Tapi kalau sama sekali tak tertarik dengan tantangan adrenalin Pantai Timang ini, Dolaners masih bisa menikmati santainya suasana pantai di sisi timur. Tak seperti bagian baratnya yang didominasi dengan bebatuan cadas dan perbukitan terjal, bagian timur Pantai Timang memiliki pasir putih yang menghadirkan suasana rileks.

Asiknya Dolan ke Pantai Timang dikarenakan masih sedikitnya pengunjung pantai ini. Tak ada suasana yang seramai atau seheboh pantai-pantai lain di pesisir selatan Yogyakarta. Dan justru karena inilah, Dolaners bisa menikmati serunya menyeberang ke Pulau Timang atau bersantai di pasir Pantai Timang.


AKTIVITAS

Kuliner
Agak jauh dari Pantai Timang, tapi masih berada di Jalan Pantai Selatan Jawa, Dolaners bisa mampir ke Omah Pring dan mengisi perut dengan makanan enak.
Akomodasi
Harga Tiket Masuk: Rp 5.000,-
Menyeberang dengan Gondola: Rp 150.000,-
Berfoto di Gondola: Rp 50.000,-
Menyeberang dengan Jembatan Gantung: Rp 100.000,-
Kegiatan
Bila Dolaners sudah terlalu sering menikmati wahana permainan yang menantang adrenalin di theme park atau taman hiburan, mungkin kini saatnya mencoba meniti jembatan atau naik gondola menuju Pulau Timang. Wahana ini nyata, membuat Dolaners langsung beradu dengan debur ombak Laut Selatan di bawahnya, dengan suara dan kegarangan yang bisa menciutkan nyali. Tak tertarik mencoba? Tak apa, masih bisa berfoto seru di sekitar karang Pantai Timang yang unik dengan sisi-sisinya yang tajam. Ada gardu pandang yang disediakan untuk selfie, hingga Dolaners bisa dapat latar belakang Laut Selatan yang biru cantik.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Siapkan kendaraan tangguh untuk segala medan ya, Dolaners. Sebelum tiba di Pantai Timang, Dolaners akan melalui jalan berbatu, bergelombang, dan terjal.
Menuju Pantai Timang dari Kota Yogyakarta, Dolaners akan memerlukan waktu sekitar 3 jam dengan jarak tempuh sekitar 50 kilometer. Dari Kota Yogyakarta, arahkan kendaraan menuju Wonosari, kemudian Dolaners bisa ambil rute menuju Pantai Baron, lanjut menuju ke arah Pantai Siung di pertigaan Mulo, terus saja melewati Pasar Dakbong, hingga tiba di Pantai Timang.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link