Pantai Ungapan Malang

1775 views

Masih banyak yang bisa dieksplor di kawasan pantai Malang selatan. Seiring dengan perkembangan Jalur Lintas Selatan, semakin banyak pantai-pantai alami yang makin populer dan mengundang pengunjung. Dolaners pernah ke Pantai Sendang Biru atau Pulau Sempu? Nah, deket-deket situ masih ada lagi pantai yang perlu dieksplor. Pantai Ungapan, jaraknya tak terlalu jauh dari Pantai Sendang Biru. Dolaners pengen sensasi serasa punya pantai pribadi mirip-mirip Pantai Kuta? Coba lihat Pantai Ungapan ini.

Pantai Ungapan Malang, Pantai Ungapan, Pantai Malang, Malang, Dolan Dolen, Dolaners

photo by Astin Rukhila

Nama Ungapan mungkin agak terdengar aneh ditelinga ya, Dolaners? Ungapan ini sebenarnya berasal dari Bahasa Jawa, yang berarti muara. Ya, memang ada muara sebuah sungai yang menuju lepas pantai Samudra Hindia di wilayah Desa Gajahrejo ini. Nah, di muara Sungai Panguluran inilah Dolaners bisa berenang di area Pantai Ungapan. Jangan ke bagian lautnya, ya. Dolaners pasti tahu dong, pantai yang mengarah ke Samudra Hindia ini cenderung berombak besar dibanding pantai-pantai di Laut Jawa.

Selain ombak yang bergulung-gulung menghempas ketepian, Pantai Ungapan ini memamerkan warna air samudranya yang biru dalam. Jajaran karang yang terhantam debur ombaknya juga sangat menakjubkan. Sementara di sisi seberang pasir pantai Ungapan, tampak bukit-bukit hijau yang memagar. Dolaners bisa menikmati keindahan alam yang sangat natural ini di hamparan pasirnya yang lapang dan panjang. Bayangkan saja Pantai Kuta di Bali, hanya saja yang ini lebih jarang terjamah manusia. Akan tetapi, popularitas Pantai Ungapan kian meningkat. Buktinya, pantai ini terpilih menjadi salah satu lokasi untuk upacara bendera kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2017 kemarin. Kegiatan ini diikuti khususnya oleh Alumni SMAN 3 Malang.

Pantai Ungapan ini berada di antara Pantai Goa Cina dan Pantai Bajul Mati. Bahkan, pada dasarnya, Pantai Ungapan masih menjadi satu bagian dari Pantai Bajul Mati. Saking panjangnya garis pantai ini, maka beberapa bagian pantainya disegmentasi terpisah, dan Pantai Ungapan salah satunya. Asiknya, Pantai Ungapan ini sudah terawat dan dikelola dengan baik oleh warga sekitar, dengan didukung oleh Perum Perhutani dan Pemerintah Daerah. Buktinya, sudah ada gazebo-gazebo yang berjajar, sampai-sampai pantai ini juga disebut Pantai Seribu Gubuk. Pas buat Dolaners piknik dan membuka bekal makanan dari rumah atau sekedar leyeh-leyeh dan menikmati semilir angin pantai.


AKTIVITAS

Kuliner
Ada beberapa warung makan di area Pantai Ungapan, tapi tak banyak. Sebaiknya Dolaners membawa bekal sendiri untuk ke pantai ini.
Akomodasi
Tiket masuk: Rp. 5.000,-
Biaya parkir motor: Rp. 3000,-
Biaya Parkir mobil: Rp. 5.000,-
Kegiatan
Dolaners bisa berenang di area sekitar muara Pantai Ungapan. Bila Dolaners bisa datang saat pagi atau sore hari, bertepatan dengan terbit atau terbenamnya matahari, suasananya bakal indah banget. Jangan lupa bawa kamera untuk mengabadikannya, ya.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Sebaiknya Dolaners datang ke Pantai Ungapan saat pagi atau sore hari karena area pantai cukup panas terik saat siang hari. Kecuali Dolaners mau tanning ya, pingin menggelapkan kulit biar lebih eksotis, gitu.
Untuk menuju Pantai Ungapan, Dolaners perlu menggunakan kendaraan pribadi, atau menyewa kendaraan juga bisa. Bila menggunakan angkutan umum, Dolaners akan menghabiskan terlalu banyak waktu naik turun ganti kendaraan, dan masih perlu sewa ojek setelah sampai di Pantai Sendang Biru. Pantai Ungapan berjarak sekitar 75km dari Kota Malang, dengan waktu tempuh kira-kira selama 3 jam dengan menggunakan kendaraan pribadi. Bertolak dari kota Malang, Dolaners tinggal mengikuti petunjuk arah menuju Bululawang, Turen, Sumbermanjing Wetan, sampai ke arah Pantai Sendang Biru. Nantinya Dolaners akan melalui Jalur Lintas Selatan. Di jalur ini, Dolaners akan mengambil arah ke Pantai Bajul Mati dan Pantai Goa Cina. Nah, Pantai Ungapan masuk dalam satu arah rute ini. Kalau masih bingung, coba tanya saja pada penduduk sekitar, terutama setelah melewati Jembatan Bajul Mati. Hati-hati di jalan ya Dolaners, karena akan ada banyak tikungan tajam di rute yang dilalui ini.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link