Pantai Watu Lumbung

145 views

Dolaners tertarik pada susunan batuan yang terbentuk selama ribuan tahun? Atau barangkali Dolaners tertarik pada lapisan muntahan gunung berapi? Nah, barangkali ada yang bisa dipelajari di Pantai Watu Lumbung. Bisa jadi, sekedar menikmati suasana pantai yang tak biasa saja karena tak ada pasir pantai yang lembut dan lega di sini. Yup, Pantai Watu Lumbung memang beda, dengan topografi dan pemandangan unik, pantai ini kian hits saja dari hari kehari.

Pantai Watu Lumbung, Pantai Watu Lumbung Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners

photo by celuss

Bukannya pasir putih, saat tiba di Pantai Watu Lumbung, Dolaners akan segera disapa oleh bebatuan karang. Di hampir seluruh garis pantainya, Watu Lumbung memang menyajikan pemandangan batu karang yang tak henti dihempas ombak. Di sekitar Pantai Watu Lumbung, tampak bukit-bukit hijau Gunung Kidul yang kontras dengan suasana karang. Sedikit lebih jauh ke pedalaman, terdapat Gunung Api Purba Batur. Nah, dari gunung inilah konon bebatuan karang di Pantai Watu Lumbung ini berasal.

Karena berasal dari erupsi vulkanik, batu karang di Pantai Watu Lumbung tampak tak sama dengan batu-batu karang di pantai-pantai lain pada umumnya. Di Pantai Watu Lumbung, batu-batu koralnya berukuran cukup besar namun tersusun cukup rapi. Sekitar 50 meter dari garis pantai, ada sebuah batu berukuran besar yang bentuknya menyerupai tempat menyimpan padi jaman dulu, yaitu lumbung. Dari batu karang inilah penamaan Watu Lumbung berasal.

Topografi dan kondisi geografi Pantai Watu Lumbung memang cukup unik dan menarik, namun juga menantang. Dolaners akan tracking melintasi hutan, menuruni bukit, meniti jalan setapak dengan jurang cukup dalam di sisi kanan dan kiri. Tapi pemandangan dari atas, sebelum Dolaners tracking menuruni setapak menuju Pantai Watu Lumbung, betul-betul luar biasa indah. Setibanya di Pantai Watu Lumbung, Dolaners masih harus menapak di bebatuan karang yang cukup licin di beberapa bagian. Wajarlah bila alas kaki yang kuat dan nyaman diperlukan, alih-alih bertelanjang kaki menikmati pasir pantai yang lembut seperti biasanya. Tak melulu batu karang kasar, Dolaners masih bisa mendapati jajaran pohon cemara dan rumput hijau di pinggir Pantai Watu Lumbung.


AKTIVITAS

Kuliner
Akomodasi
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
Secara geografis, Pantai Watu Lumbung diapit oleh Pantai Wedi Ombo di sisi timur dan Bukit Pengilon di sisi barat serta Gunung Batur di pedalamannya. Bila berminat melanjutkan eksplor ke destinasi lain di satu wilayah Desa Balong, Dolaners bisa mencoba ke Gunung Api Purba Batur, Bukit Pengilon, dan Pantai Nampu.
Bila menggunakan kendaraan pribadi, pastikan motor atau mobil Dolaners dalam kondisi prima karena medan yang akan dilalui berupa jalan berum teraspal. Atau, Dolaners bisa menggunakan jasa ojek warga setempat bila aksesnya dirasa terlalu sulit. Untuk menuju Pantai Watu Lumbung, Dolaners bisa memilih salah satu dari 2 rute berikut ini. Pertama, dari Kota Yogyakarta, Dolaners menuju Wonosari, terus hingga tiba di Desa Balong dan Pantai Watu Lumbung. Rute kedua, Dolaners memasuki kawasan Pantai Watu Lumbung melalui Pantai Wedi Ombo. Dari Kota Yogyakarta, masih menuju Wonosari, kemudian Dolaners mengambil arah menuju Semanu. Setibanya di pertigaan Pasar Jepitu, belok kanan menuju Pantai Wedi Ombo. Setelah memarkir kendaraan di Pantai Wedi Ombo, Dolaners bisa melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki melintasi setapak dan hutan hingga tiba di Pantai Watu Lumbung.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link