Pantai Watulawang

163 views

Mengunjungi pantai-pantai yang banyak berseliweran di sosial media memang menjadi godaan tersendiri. Birunya laut, putihnya pasir pantai, dan keseruan bermain ombak yang bikin iri. Tapi sempatkah Dolaners terpikir, jika mengunjungi pantai yang masih sepi pengunjung akan menumbuhkan kesenangan tersendiri? Dan Dolaners bisa menjadi bagian dari warga dunia maya yang terhitung pioneer, turut memperkenalkan pantai yang masih jarang pengunjung ini, Pantai Watulawang.

Pantai Watulawang, Pantai Watulawang Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners

photo by masmeya

Dolaners sudah main ke Pantai Indrayanti di Yogyakarta? Atau sudah ke Pantai Pok Tunggal? Nah, di antara kedua pantai ini, ada Pantai Watulawang yang memiliki eksotisme perpaduan karang dan pasir putih. Terlepas dari pesona matanya, Pantai Watulawang juga memiliki daya tarik budaya lokalnya yang masih kental.

Nama Watulawang sendiri berasal dari Goa Watulawang, sebuah goa batu yang digunakan untuk melangsungkan upacara adat, Sadranan. Untuk memasuki goa, Dolaners akan melalui sebuah pintu atau lawang dalam Bahasa Jawa, berupa batu atau watu dalam bahasa yang sama. Bentuk batu yang menutupi mulut goa ini tampak seperti daun pintu, dan terbuka untuk Nyadran warga saja. Konon kisahnya, goa ini adalah jejak tilas, atau tempat semedi, Prabu Brawijaya VI. Tapi ingat, goa ini hanya terbuka saat dilangsungkan upacara Sadran saja ya, Dolaners.

Area pantainya sendiri terbagi menjadi dua bagian. Yang pertama, area pantai di bagian barat Goa Watulawang dengan luas yang tak seberapa. Sebaliknya, pantai di sisi timur goa berupa hamparan pasir yang cukup luas, sungguh menggoda dengan birunya air laut yang menggulungkan ombaknya ke tepian. Putihnya pasir Pantai Watulawang berpagar perbukitan karst khas Gunung Kidul, menghadirkan panorama pantai yang tak kalah eksotisnya dengan Pantai Indrayanti. Memang dibandingkan dengan pantai yang lebih populer ini, Pantai Watulawang masih belum begitu dikenal wisatawan. Jika Dolaners menyukai suasana pantai yang lebih tenang, lanjutkan saja perjalanan dari Pantai Indrayanti terus ke arah timur.

Meskipun jumlah pengunjung tak seheboh Pantai Indrayanti, Pantai Watulawang sudah memiliki fasilitas yang memadai. Hanya saja, Dolaners harus membawa perlengkapan sendiri bila ingin camping di sini karena belum ada persewaannya.


AKTIVITAS

Kuliner
Akomodasi
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
Infrastruktur menuju Pantai Watulawang masih terbilang sederhana, berupa tanah dan batu kapur. Lebar jalannya juga hanya cukup untuk satu mobil, jadi butuh kelihaian driver di sini bila berpapasan dengan mobil lain dari arah berlawanan. Tapi Dolaners bisa meninggalkan kendaraan terparkir di Pantai Indrayanti, kemudian berjalan kaki menuju Pantai Watulawang.
Tak butuh 2 jam untuk mencapai lokasi pantai di Gunung Kidul ini, bila Dolaners berangkat dari Kota Yogyakarta menggunakan kendaraan pribadi. Jika mengambil rute ke Pantai Indrayanti, Dolaners terus saja ke arah timur, lewati Pantai Indrayanti. Dolaners akan melihat papan penunjuk arah menuju Pantai Watulawang, yang jaraknya sekitar 200 meter saja dari Pantai Indrayanti. Jika naik angkutan umum, Dolaners bisa naik bus jurusan Yogyakarta – Wonosari. Setelah turun di terminal, lanjutkan dengan mencari angkutan untuk menuju Pantai Watulawang.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link