Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta

1195 views

Mau tahu seperti apa sibuknya perekonomian Indonesia? Atau cuma pingin kepoin orang kerja? Sudah pernah terlintas ide untuk menjadikan pelabuhan sebagai objek fotografi? Bisa dicoba ke Pelabuhan Tanjung Priok, kalau begitu. Di pelabuhan ini, hiruk pikuk pekerjaan seakan tak ada habisnya. Barang dan orang senantiasa datang dan pergi, mulai pagi hingga pagi lagi. Sebenarnya ada apa, dan seperti apa pelabuhan terbesar di Indonesia ini?

Pelabuhan Tanjung Priok, Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, Jakarta, Dolan Dolen, Dolaners

photo via Lazuardi Nazar

Kalau Dolaners ingin melihat sibuknya pelabuhan, datang saja ke Pelabuhan Tanjung Priok. Pelabuhan di Jakarta ini adalah yang terbesar dan tersibuk senusantara. Bukan hanya karena lokasinya yang berada di Ibukota negara, tapi juga karena pelabuhan ini menjadi pintu keluar masuknya barang-barang impor dan ekspor.

Selain aktivitas impor ekspor resmi, Pelabuhan Tanjung Priok juga sebenarnya menjadi pelabuhan selundupan mulai barang hingga satwa. Saat libur Lebaran tiba, bagian terminal penumpang Pelabuhan Tanjung Priok biasanya penuh sesak dengan pemudik. Semua kegiatan pelabuhan ini berpusat di lima terminal, yaitu JICT (Jakarta International Container Terminal) I, JICT II, TPK (Terminal Petikemas) Koja, MAL (Mustika Alam Lestari), dan MTI (Multi Terminal Indonesia).

Yang terbaru, PT JICT (Jakarta International Container Terminal) memiliki kerja sama dengan perusahaan pelayaran Perancis, Compagnie Maritime d’Affretement -Compagnie Generali Maritime. Kerja sama ini membuat kapal pelayaran peti kemas yang berukuran besar bisa langsung masuk ke wilayah Indonesia. Di Pelabuhan Tanjung Priok, kegiatan bongkar muat kapal peti kemas ini dikelola oleh Hutchinson Port Indonesia, anak perusahaan Hutchinson Port Ltd yang merupakan operator pelabuhan terbesar di dunia.

Menyusul peningkatan bongkar muat kapal peti kemas besar tersebut adalah layanan JAX ( Java South East Asia Express) Services atau Java SEA Express Services. Kapal-kapal dalam layanan ini berlayar dari Tanjung Priok ke West Coast Amerika Serikat seminggu sekali. Sebagian dari kapal-kapal ini adalah yang terbesar yang pernah singgah di Pelabuhan Tanjung Priok. Intensifikasi transhipment yang sedang dijalankan akan menjadikan Tanjung Priok pelabuhan pengumpul.


AKTIVITAS

Kuliner
Keluar area pelabuhan ya, bila Dolaners lapar saat berada di Tanjung Priok
Akomodasi
Biaya memasuki kawasan pelabuhan untuk berwisata tergantung dari perijinan Dolaners.
Kegiatan
Pelabuhan Tanjung Priok menyediakan jasa dermaga, pelayanan air bersih, pengisian bahan bakar, fasilitas penumpang, fasilitas kendaraan, dermaga bongkar muat peti kemas, jasa bongkar muat barang, jasa terminal peti kemas, jasa terminal roro, jasa terminal curah kering, jasa terminal curah air, dan menjadi pusat distribusi barang. Sibuknya kegiatan di Pelabuhan Tanjung Priok bisa menjadi sasaran kamera yang menarik. Bila Dolaners hobi fotografi, tentu banyak hal yang bisa dijadikan objek foto. Tapi tetap hati-hati ya, karena banyak bongkar muat barang dalam ukuran besar di pelabuhan ini.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Kesibukan bongkar muat di Tanjung Priok menjadikan pelabuhan ini tempat yang sejatinya kurang pas untuk dijadikan destinasi wisata. Tapi karena menunjungi tempat bekerja, sebaiknya Dolaners berhati-hati bila berada di area bongkar muat. Tak hanya menghindari mengganggu pekerjaan yang sedang diselesaikan, tapi juga memperhatikan keselamatan Dolaners pribadi. Jangan lupa mengurus perijinan bila diperlukan untuk memasuki area pelabuhan sebagai wisatawan.
Untuk mendukung kelancaran transportasi barang yang keluar masuk, Pelabuhan Tanjung Priok terintegrasi dengan sistem angktutan umum yang cukup lengkap. Halte Tanjung Priok melayani transJakarta Koridor 10 dan 12, sementara masih ada pula APTB Koridor 10 dan 12. Pilihan angkot dan mikrolet ada U01, U03A, U05, U06, U07, U08, U09, M15, M15A, M30, atau M49. Kalau metromini hanya dua, U23 dan U24. Transportasi dari Tanjung Priok ke bandara ditangani oleh bus DAMRI. Bus Mayasari Bakti menawarkan jurusan AC07, AC25, AC42, AC49, AC82, AC135, dan MYR, sementara Jasa Utama menawarkan P125, P155, dan P159. Commuter Jabodetabek melayani penumpang juga, dengan rute Tanjung Priok – Kota.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link