Pemandian Air Panas Cangar

7511 views

Dinginnya nuansa pegunungan dan sejuknya pemandangan mata akan menambah nyamannya kegiatan di pemandian dalam suasana rileks dan santai. Beban pikiran seraya menjauh dan kedamaian semakin mendekat.

Pemandian Air Panas Cangar

Photo by fraunesia.com

Satu lagi obyek wisata yang musti Dolaners kunjungi di kota wisata Batu adalah Pemandian Air Panas Cangar. Dari pusat kota, wisata yang satu ini berada kurang lebih 18 km, tepatnya di kaki gunung Welirang dusun Cangar, Sumber Brantas. Obyek wisata ini masuk dalam kawasan Taman Hutan Rakyat atau TAHURA R. Soerjo, suasananya pun cukup ramai apalagi hari minggu.

Dolaners akan menemukan beberapa kolam di pemandian air panas Cangar, tingkatan masing-masing kolam pun berbeda-beda mulai dari yang sangat panas, sedang dan hangat. Terdapat 5 kolam pemandian yang dapat Dolaners pilih yaitu 2 kolam rengan dan 3 kolam utama. Dari ketiga kolam utama ada salah satu kolam yang dikhususkan untuk perempuan. Dolaners juga bisa memanfaatkan pemandian yang lebih berprivasi untk satu orang saja yakni semacam sauna dalam bentuk kamar.

Dolaners akan mendapatkan fasilitas disana seperti campin ground, taman bermain, flying fox, villa, aula, ragam kuliner serta gua jepang yang lokasinya tidak jauh dari pemandian. Disekitar area Pemandian Air Panas Cangar ini sendiri masih ada satwa monyet, jadi keasrian wilayah ini masih sangat terasa alami. Hal yang paling unik adalah kolam yang ada di pemandian ini bukanlah buatan manusia melainkan hal yang alami, selain itu pemandian air panas disini dipercaya memiliki khasiat untuk menyembuhkan ragam penyakit kulit hingga tak sedikit pengunjung yang memang datang dengan niat untuk berobat.

Akses ke Pemandian Air Panas Cangar ini Dolaners harus membawa kendaraan pribadi karena tidak tersedia jalur angkutan umum untuk menuju tempat ini. Diakses dari kota Batu pusat maka Dolaners menuju arah barat lalu belok ke arah timur kemudian lurus sampai ke tempat tujuan. Jalanan yang akan Dolaners lalui sangatlah berkelok-kelok namun tak usah resah karena akan terobati dengan alam indah yang menakjubkan di sekelilingnya. Ketika gerbang Tahura R. Soerjo sudah terlihat maka itu sebuah pertanda bahwa Dolaners sudah sampai di pemandian air panas Cangar.

Buktikan sendiri wisata pemandian Batu yang tak kalah asri dan segarnya dengan mata air lainnya karna keunikan dan kealamiannya yang masih perawan.


AKTIFITAS

Kuliner

Bagi Dolaners yang ingin berlibur ke Pemandian Air Panas Cangar tidak perlu khawatir dan repot membawa bekal dari rumah karena di dalam area bermain ini sudah tersedia banyak warung yang menyediakan beragam pilihan kuliner, dari mulai yang hanya sekedar jajanan cemilan ringan, makanan berat hingga beragam pilihan minumanpun tersedia disini. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau.

Sedangkan untuk Dolaners yang ingin membawa buah tangan saat kembali dari berlibur, di Pemandian Air Panas Cangar ini juga tersedia beragam kios yang menjajakan beragam pilihan oleh-oleh. Mulai dari beragam jenis souvenir, makanan ringan dijajakan disini.

Jika kuliner di dalama kawasan Pemandian Air Panas Cangar belum memuaskan hasrat, Dolaners masih bisa menemukan kuliner lain yang bertebaran di sekitar kawasan rekreasi ini. Salah satu kuliner yang namanya sudah terkenal adalah Lesehan Waroeng Bambu. Rumah makan yang satu ini menyajikan aneka jenis olahan ikan ikanan maupun seafood. Dengan mengusung konsep seperti di pedesaan, dijamin Dolaners tidak akan kecewa dengan cita rasa hidangan dan nuansa rumah makan yang dihadirkan.

Akomodasi
Biaya Tiket Masuk : Rp. 6.000,-
Kegiatan
Beragam fasilitas di area pemandian Cangar antara lain sengaja disajikan oleh pihak yang berwenang untuk semakin menunjang kegiatan berlibur Dolaner selama berada di Pemandian Air Pans Cangar ini, beragam fasilitas tersebut seperti Taman Bermain, camping ground, Villa dan Aula, flying fox, kuliner, serta sebuah gua Jepang yang letaknya tidak jauh dari lokasi pemandian. Gua peninggalan zaman Jepang tahun 1942 – 1945 ini bisa ditempuh dengan berjalan kaki melalui jalan setapak, jaraknya sekitar 600 meter. Sedangkan taman bermain di objek wisata ini berupa taman dengan beberapa fasilitas mainan untuk anak-anak. Disediakan juga saung-saung untuk istirahat atau bersantai. Di kawasan ini juga tersedia dua buah villa yang bisa disewa dengan harga cukup murah. Di samping lokasi villa tersedia aula yang bisa digunakan untuk sarana pertemuan, memiliki daya tampung sekitar 350 orang. Namun untuk menggunakan fasilitas ini kita tidak hanya ijin ke petugas ditempat saja, tetapi harus ke kantor Perhutani yang ada di kota Malang.

Di area wisata air panas Cangar sendiri masih banyak terdapat satwa monyet seperti halnya kawasan asri lainya. Hal itu menjadikan area ini tampak alami. Uniknya, semua kolam di wisata pemandian air panas ini bukanlah kolam buatan manusia, melainkan terbuat secara alami. Dinginnya suasana pegunungan membuat kita betah berlama-lama berendam di kolam hangat sambil menikmati pemandangan yang sejuk. Konon menurut cerita yang berkembang di masyarakat, pemandian air panas Cangar ini banyak mengandung khasiat, salah satunya bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Tidak heran wisata ini menjadi tempat favorit kalangan orang yang sudah tua. Puas berendam, Dolaners bisa mencicipi kuliner khas kota Batu yaitu tape beras ketan hitam. Bahkan sambil berendam pun Dolaners bisa menikmati camilan ini. Kuliner ini sangat cocok dinikmati di tempat wisata ini. Rasanya yang khas bisa menghangatkan tubuh.

Tips BerwisataAkses Transportasi
Akses menuju Pemandian Air Panas Cangar ini Dolaners bisa menggunakan kendaraan pribadi baik motor atau mobil. Sebab tidak ada jalur angkutan umum yang menuju lokasi ini. Dari pusat kota Batu, kita menuju ke arah barat lalu berbelok ke arah Timur dan lurus hingga ke tujuan. Jaraknya sekitar 20 km. Meski begitu, jalan yang akan Dolaners lalui cukup berkelok-kelok dan menanjak. Namun jangan khawatir, panorama alam indah dan menakjubkan yang terpampang di kiri jalan cukup mampu mengobati rasa lelah Dolaners selama perjalanan. Hamparan hijau ladang dan hutan yang masih asri di kaki gunung Welirang akan memanjakan mata pengunjung.
Perlu diketahui hingga saat ini belum tersedia angkutan umum yang bisa mengantarkan Dolaners sampai ke Wisata Pemandian Air Panas Cangar ini. Sehingga jika Dolaners ingin berlibur ke pemandian ini, Dolaners harus menggunakan kendaraan pribadi. Pemandian Air Panas Cangar dapat diakses menggunakan kendaraan pribadi seperti motor dan mobil.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link