Pemandian Air Panas Songgoriti

8262 views

Nikmati sensasi Pemandian Air Panas Songgoriti dengan kesejukan alam sekitar yang indah dan mengagumkan. Ciri khas tersendiri dalam sejarahnya akan membuat Dolaners bangga akan budaya Nusantara.

Pemandian Air Panas Songgoriti

Photo by surabaya.panduanwisata.id

Membahas wisata di kota Batu memang tak pernah ada habisnya, masih saja selalu dan selalu ada lagi. Ini dia wisata yang tak kalah serunya untuk Dolaners coba di kota Batu Malang. Pemandian Air Panas Songgoriti ini lebih dikenal dengan nama pemandian Tirta Nirwana Songgoriti. Letaknya adalah di kelurahan Songgokerto kecamatan Batu.

Di sana Dolaners bisa menikmati outbond, kolam renang, menikmati suasana mandi di Pemandian Air Panas Songgoriti, menyaksikan taman-taman yang mempesona dan ziarah ke makam Empu Supo dan mbah Pathok yang bersejarah. Tak ketinggalan wisata yang satu ini juga memiliki pasar wisata yang bisa Dolaners jumpai ragam pernak-pernik dan oleh-oleh khas Malang. Ada juga obyek wisata terkait di area ini yaitu candi Songgoriti yang memiliki sejarah yang lekat didalamnya dari peninggalan kerajaan Majapahit.

Saat Dolaners berkeliling sekitar lokasi wisata pemandian air panas Songgoriti ini, maka Dolaners akan menemukan fasilitas unik yang ada seperti mengitari danau buatan dengan sepeda air. Pada tepi danau, Dolaners akan mendapati pula patung besar yang sangat mencolok sehingga menarik perhatian pengunjung yang berada disana. Pertama patung seekor penyu dengan ukuran yang sangat besar disertai seeokor kera diatasnya. Yang kedua adalah patung tokoh pewayangan menunggang kereta lalu ditarik oleh seekor kuda putih san dua ekor kuda hitam. Disamping itu ada juga replika dari patung buah raksasa, hewan dan pewayangan dalam tokoh-tokoh lainnya.

Khas yang unik dan menonjol disana adalah PAPA atau pemandian air panas alami belerang. Dari sumber air panas di bawah candi Songgoroti kemudian dialirkan ke pemandian dengan pipa. Konon sejarahnya sumber tersebut dahulu dipakai untuk mensucikan keris pusaka milik Raja Sindoh yaitu raja kerajaan Singosari pada abad ke-5 M.

Obyek wisata rekreasi keluarga Songgoriti yang dihadirkan dalam pemandian air panas alami menghadirkan sebuah nuansa air panas yang selalu dirindukan percikannya.


AKTIFITAS

Kuliner
Bagi Dolaners yang ingin berlibur ke Pemandian Songgoriti tidak perlu khawatir dan repot membawa bekal dari rumah karena di dalam area bermain ini sudah tersedia banyak warung yang menyediakan beragam pilihan kuliner, dari mulai yang hanya sekedar jajanan cemilan ringan, makanan berat hingga beragam pilihan minumanpun tersedia disini. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau. Sedangkan untuk Dolaners yang ingin membawa buah tangan saat kembali dari berlibur, di Pemandian Songgoriti ini juga tersedia beragam kios yang menjajakan beragam pilihan oleh-oleh. Mulai dari beragam jenis souvenir, makanan ringan dijajakan disini.
Akomodasi
Biaya Tiket Masuk : Rp. 10.000,- (weekday) dan Rp. 15.000,- (weekend)
Biaya Parkir Roda 2 : Rp. 3.000,-
Biaya Parkir Roda 4 : Rp. 5.000,-
Biaya Parkir Roda 6 : Rp. 10.000,-
Biaya Sewa Kamar per Malam : Rp. 150.000,- hingga Rp. 300.000,-
Kegiatan

Sesuai dengan namanya, Tirta Nirwana Songgoriti terkenal akan kolam renangnya. Kolam renang di taman ini merupakan lokasi yang menjadi daya tarik pengunjung. Selain sebagai tempat berenang yang merupakan fungsi utamanya, di kolam renang ini juga dilengkapi dengan sebuah wahana kecil untuk bermain.

Puas berenang, Dolaners bisa duduk santai di tepi kolam sambil menikmati keindahan alam sekitar yang dikelilingi oleh pegunungan dan udara yang menyegarkan. Bisa juga berjalan-jalan di area taman yang indah dan menikmati beberapa fasilitas yang ada. Misalnya saja mengitari sebuah danau buatan menggunakan sepeda air. Di tepi danau ini terdapat dua buah patung dengan ukuran yang cukup besar, sehingga keberadaannya cukup menyolok. Patung yang pertama berupa patung penyu raksasa dengan seekor kera di atasnya. Patung lainnya berupa seorang tokoh pewayangan yang sedang menunggangi kereta dan ditarik oleh dua ekor kuda hitam dan seekor kuda putih.

Selain itu, masih ada beberapa replika buah raksasa, hewan dan beberapa tokoh pewayangan lainnya. Di taman ini juga dilengkapi dengan area bermain anak dan area uji nyali, seperti berjalan di atas seutas tali atau meluncur menggunakan seutas tali. Masih ada lagi tempat wisata lain di kawasan ini yaitu Tirta Nirwana Songgoriti, yang menghadirkan berbagai fasilitas permainan seperti outbound, kolam renang, sepeda air dan taman bermain untuk anak anak. Dari sekian banyak panorama yang ditawarkan, salah satu jenis wisata paling spektakuler, unik, dan alami untuk dinikmati adalah sumber air panas alami belerang. Air panas ini muaranya tepat berada di bawah Candi Songgoriti.

Di dekat taman ini terdapat pasar wisata Songgoriti. Jadi sebelum meninggalkan lokasi wisata, Dolaners bisa singgah sebentar ke pasar ini untuk membeli oleh-oleh. Harganya cukup terjangkau jika Dolaners pintar dalam hal tawar-menawar.

Tips BerwisataAkses Transportasi
Untuk sampai di area Pemandian Tirta Nirwana Songgoriti bisa diakses melalui beberapa arah. Lokasinya tepat berada di perempatan jalan yang merupakan perpotongan dari Jalan Songgoriti dan Jalan Arumdalu, Batu. Jika dari arah Alun-Alun Kota Batu dengan melalui Jalan Songgoriti, bisa ditempuh dengan mengambil jalan Gajah Mada lurus terus hingga sampai di Jalan Trunojoyo. Kemudian dilanjutkan menuju jalan Brigjend. M. Manan dan berbelok menuju Jalan Songgoriti hingga menemukan perempatan dengan sebuah Gapura yang bertuliskan “Pemandian Tirta Nirwana”.
Untuk sampai ke Pemandian Songgoriti ini, Dolaners bisa menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Jika menggunakan kendaraan umum, Dolaners bisa naik angkutan umum jurusan Batu-Songgoriti jalur BS/A (Lyn A) atau jalur BS/B. Kemudian turun di Jl. Songgoriti. Jarak lokasi sudah tidak jauh, dari sini Dolaners bisa jalan kaki atau naik ojek.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link