Pemandian Alam Air Panas Lejja

1552 views

Lejja adalah salah satu obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi di Kota Makasar. Lejja adalah sebuah pemandian alami berupa air panas. Kondisi selama perjalanan menuju Pemandian Alam Air Panas Lejja ini berupa tanjakan, turunan, dan juga berkelok-kelok akan membuat Dolaners terjaga. Namun semua itu akan terbayarkan dengan keasrian dan ketenangan lokasi wisata Lejja.

Pemandian Alam Air Panas Lejja

Photo by beritamks.com

Pemandian alam air panas Lejja dikenal akan sumber air panas alaminya yang mengandung belerang. Di mana belerang ini sangat ampuh untuk mengobati berbagai penyakit kulit. Jadi selama Dolaners berendam dalam kolam pemandian alam air panas Lejja akan merasakan manfaat kesehatan bagi tubuh terutama kulit Dolaners. Lokasi Pemandian Alam Air Panas Lejja terbagi atas beberapa kolam pemandian. Kolam pemadian air panas ada yang privat dan ada yang umum. Kolam pemandian privat memiliki lebar kolam tiga meter dengan dilengkapi dengan rumah panggung. Sedangkan kolam pemandian air panas umum terdapat lima kolam. Kolam yang pertama berisi air panas yang suhunya bisa mencapai 600 Celcius, tentu kolam ini bukanlah kolam tujuan Dolaners untuk berendam.

Sedangkan kolam kedua biasanya banyak digunakan oleh pengunjung yang datang bersama keluarga karena anak-anak dan dewasa bisa berendam di kolam yang kedua ini. Kolam kedua ini airnya tak terlalu dalam, bisa dibilang cukup dangkal. Airnya pun tak begitu panas, sangat pas untuk berendam. Untuk kolam yang ketiga adalah kolam pemandian air hangat yang lebih dalam jika dibanding kolam kedua, kedalamannya mencapai leher orang dewasa. Untuk kolam yang keempat adalah khusus orang dewasa dengan suhu air yang normal.

Bagi Dolaners yang menyukai tantangan, maka bisa memilih kolam kelima yang letaknya di ujung timur. Kolam Pemandian Alam Air Panas Lejja yang satu ini disediakan papan loncatan, dengan papan tersebut Dolaners dapat melakukan terjun bebas ke kolam pemandian. Dolaners tak hanya bisa berendam dalam kolam pemandian air panasnya. Di sana Dolaners dapat melihat langsung sumber mata air panas Lejja. Pada kawasan tersebut terdapat jalan setapak menuju sebuah bukit. Di sana terdapat sebuah sungai kecil dengan aliran air panas. Dolaners akan melihat kepulan asap dari sungai tersebut. Di ujung sungai akan tampak sebuah pohon besar di mana di bawah pohon tersebut terdapat lubang. Lubang itulah yang merupakan sumber air panas Lejja. Maka dari itu tak ada salahnya Dolaners memilih Pemandian Alam Air Panas Lejja sebagai tempat rekreasi bersama keluarga.


AKTIFITAS

Kuliner
Untuk urusan makan, Dolaners tidak perlu khawatir. Karena di kawasan Pemandian Alam Air Panas Lejja ini banyak berdiri tempat makan. Menu hidangan yang ditawarkan juga bermacam macam, mulai dari jajanan cemilan, makanan instan, hingga anek aminuman. Soal harga tidak perlu khawatir karena cukup ramah dikantong.
Akomodasi
Biaya Tiket Masuk : Rp. 10.000 (Dewasa) & Rp. 4.000,- (Anak anak)
Biaya Parkir Mobil : Rp. 10.000,-
Biaya Parkir Motor : Rp. 5.000,-
Biaya Sewa Penginapan : Rp. 200.000,-
Biaya Sewa Gazebo : Rp. 50.000,-
Kegiatan

Pemandian Air Panas Lejja sangat cocok bagi Dolaners yang ingin bersantai sejenak. Fasilitas di Pemandian Alam Air Panas Lejja ini cukup memadai dengan adanya kolam pemandian umum dan private, toilet, ruang bilas, tempat ganti pakaian, pondok peristirahatan, lapangan tenis dan baruga wisata sebagai tempat pertemuan yang bisa menampung 300 orang. Untuk kolam pemandian private disediakan dengan rumah panggung kecil yang memiliki kolam di belakangnya dengan lebar 3 meter. Sedangkan untuk kolam pemandian umumnya terdapat 5 kolam dengan fungsi yang berbeda.

Dolaners juga bisa melihat sumber air panasnya. Ada jalan setapak di sebelah Pemandian Alam Air Panas Lejja menuju bukit. Di sana akan ada sungai kecil dengan air panas dan bebatuan yang dialiri air panas dan mengeluarkan asap. Sampai di ujung jalan Dolaners bisa menemui pohon yang dibawah akarnya terdapat lubang dengan diameter sekitar 50 cm. Disitulah sumber air panas Pemandian Alam Air Panas Lejja Lejja berasal. Jangan heran kalau di sekitar pohon tersebut banyak terdapat kaleng dan botol yang diikat karena menurut informasi hal itu merupakan simbol pengharapan bagi yang menggantunggkan botol atau kaleng tersebut, dimana ketika harapan tersebut sudah terwujud maka orang tersebut akan datang lagi ke Lejja untuk melepas ikatan botol atau kalengnya dan juga sebagai simbol pengikatan hubungan pasangan sejoli yang datang ke tempat ini.

Tips BerwisataAkses Transportasi
Untuk mencapai kawasan Pemandian Alam Air Panas Lejja ini Dolaners harus melalui jalanan yang berliku dan terjal. Sebaiknya Dolaners menggunakan kendaraan bermotor untuk menuju tempat ini agar bisa menikmati keindahan alam sepanjang perjalanan menuju Pemandian Air Panas Lejja. Sesampainya di pintu gerbang pemandian ini Dolaners bisa memilih salah satu dari 2 pilihan jalan masuknya, melalui jalan dengan kendaraan yang bisa langsung sampai di dekat kolam pemandian atau melalui jalan dengan menyusuri tangga dengan panorama alam sekitar yang indah.
Untuk dapat sampai ke kawasan Pemandian Alam Air Panas Lejja ini, Dolaners disarankan menggunakan kendaraan pribadi dengan kondisi yang prima. Pasalnya selain tidak ada transportasi umum yang bisa mengantar Dolaners untuk sampai ke sini, kondisi jalan menuju wisata pemandian ini pun cukup terjal dan berliku.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link