Pink Beach (Pantai Merah)

2310 views

Pantai ini memang tak seperti pantai-pantai lainnya yang ada di Indonesia. Sesuai namanya, Pink Beach memang memiliki pasir pantai yang berwarna merah muda dan tentunya sangat mempesona. Tak hanya sampai disitu, keindahan alam bawah laut Pink Beach yang berada di wilayah Flores ini sering menjadi buah bibir dolaners yang mengunjunginya. Bibir pantainya yang luas juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang.

Pantai Merah, FLores, Nusa Tenggara Timur

Photo via Jordan Hammond

Pink Beach adalah sebuah lokasi wisata pantai yang unik karena memiliki pasir berwarna merah muda yang cantik dan indah. Pantai “Pink Beach” atau pantai merah muda ini berada di wilayah Kawasan Taman Nasional Komodo di Flores, Nusa Tenggara Timur. Pink Beach Flores ini merupakan satu dari tujuh pantai berpasir merah muda yang ada di dunia. Adapun pantai merah muda lainnya yang terdapat di dunia adalah Pink Beach di Santa Cruz Island, Filipina; Harbor Island, Bahamas; Bermuda; Sardinia, Italia; Bonaire, Belanda, Caribbean Island, dan juga di Balos Lagoon, Crete, Yunani. Ternyata, Indonesia emang sangat kaya sehingga dolaners tak perlu repot-tepot untuk ke luar negeri hanya untuk menyaksikan Pink Beach.

Selain kondisi pantainya yang sangat unik dan indah, ekosistem bawah laut di Pink Beach Flores juga menyimpan berjuta keindahan dan kekayaan yang pastinya sangat menarik untuk dolaners selami. Taman bawah laut pantai merah merupakan istana yang menjadi habitat bagi beragam jenis ikan, ratusan jenis batu karang, serta biota laut lainnya. Oleh karenanya, snorkeling atau diving adalah aktivitas yang tidak boleh dilewatkan bagi dolaners yang datang mengunjungi Pink Beach ini.

Sampai saat ini, memang belum diketahui secara pasti mengenai asal muasal warna pasir merah muda yang indah dan cantik ini. Banyak yang berpendapat bahwa warna pink tersebut berasal dari pecahan karang berwarna merah yang sudah mati dan ternyata memang banyak ditemukan di Pink Beach Flores. Pendapat lain menyebutkan bahwa warna pink pada pasir di pantai indah ini terjadi karena adanya banyak hewan mikroskopik yang bernama foraminifera memproduksi warna merah ataupun pink terang pada terumbu karang. Apapun pendapatnya, keindahan Pink Beach Flores ini memang tak perlu diragukan lagi.


AKTIFITAS

Kuliner
Di lokasi wisata Pink Beach ini sangat sulit ditemukan warung makan ataupun penjual makanan. Jadi, sebaiknya dolaners mempersiapkan dahulu bekal makanan secukupnya sebelum dolaners mengunjungi pantai merah di flores ini.
Akomodasi
Dolaners tidak akan dipungut biaya saat mengunjungi Pantai Merah. Akan tetapi, dolaners sebaiknya mencari penginapan yang banyak terdapat di sekitar Pink Beach ini jika dolaners ingin bermalam.
Kegiatan
Pink Beach merupakan tempat yang sangat ideal untuk berelaksasi. Selain itu, dolaners juga bisa berjemur ataupun berenang di Pink Beach ini. Yang menjadi hal paling favorit disini adalah diving dan snorkeling karena keindahan alam bawah laut Pink Beach memang tak tertandingi.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Diharapkan bagi dolaners untuk menjaga keasrian dan kebersihan pantai karena tempatnya masih sangat alami dan asri. Selain itu, jika dolnaers ingin berjemur maka berhati-hatilah karena dengan letak yang tak jauh dari Taman Nasional Komodo, maka ada kemungkinan komodo bisa bermain-main ke lokasi ini.
Pink Beach yang tak berpenghuni dan sepi ini bisa dolaners tempuh dengan menyewa kapal ataupun speed boat dari Labuhan Bajo. Dari Labuan Bajo dolaners bisa menuju Dermaga Loh Buaya di Pulau Rinca dan akan menghabiskan waktu sekitar 45 menit. Dari Dermaga Loh Liang, sebuah dermaga di Pulau Komodo, diperlukan waktu kira-kira 30 menit perjalanan dengan kapal untuk menginjakkan kaki di Pink Beach, Flores. Namun, apabila dolaners berminat trekking melalui tebing-tebing karang dan juga hutan bakau dan akan dibutuhkan waktu sekitar 4 jam berjalan kaki sebelum dolaners akhirnya tiba di Pink Beach.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link