Pintu Air Jagir

1198 views

Dolaners pernah dengar tentang Kali Jagir? Sungai anak Brantas yang mengalir ditengah Kota Surabaya ini punya bendungan atau dam peninggalan Belanda, yang sekarang dikenal sebagai Pintu Air Jagir. Tidak cuma berfungsi sebagai pintu air, Pintu Air Jagir di wilayah Wonokromo ini menawarkan banyak hal untuk dinikmati. Saat di Surabaya, coba deh Dolaners datang ke Pintu Air Jagir.

pintu air jagir, bendungan jagir, dam jagir, surabaya, dolaners, dolan dolen

photo by Jan Dekker

Kalau Dolaners suka lihat-lihat bangunan-bangunan kuno, Pintu Air Jagir Surabaya bisa jadi pilihan menarik. Lokasi yang ada di tengah kota, dijamin gak bakal susah menemukannya. Pintu Air Jagir ini dibangun pada jaman Belanda sekitar awal tahun 1900an, dan hingga sekarang masih berfungsi dengan baik, memastikan debit air ke dalam Kota Surabaya masih dalam jumlah yang cukup dan aman. Dari strukturnya, diperkirakan Pintu Air Jagir atau dam jagir ini sedari awalnya memang dibangun untuk antisipasi banjir. Dan sekarang Pintu Air Jagir dikelola oleh PDAM Kota Surabaya, yang turut serta meramaikan pariwisata kota.

Dilihat dari model arsitekturnya, Dolaners bisa memanfaatkan bangunan ini buat fotografi. Pasti tampak klasik dan eksotik. Dam tua ini dihiasi lampu-lampu cantik saat malam dengan penataan yang bagus. Coba deh, Dolaners datang ke PIntu Air Jagir di wilayah Wonokromo ini saat malam. Dengan angle yang pas, bangunan jaman Belanda ini bahkan tak mirip pintu air sama sekali. Memang Pintu Air Jagir Surabaya tidak hanya berfungsi sebagai persediaan air PDAM dan membendung air sungai. Penduduk di sekitar dam tua ini bisa memperoleh tambahan pendapatan dengan mencari lumut yang banyak tumbuh di area bendungan. Lumut-lumut ini lantas dijual sebagai umpan pancing. Dolaners yang suka memancing ikan pernah menggunakan umpan lumut? Coba deh beli lumut di sekitar bendungan Jagir ini dan langsung gunakan untuk memancing di lokasi ini bersama para pemancing ikan yang lain. Bisa jadi pengalaman yang seru, bukan?

Kalau Dolaners cuma suka nongkrong menikmati suasana malam di Surabaya, area Pintu Air Jagir di Wonokromo ini bisa jadi pilihan juga. Penduduk sekitar bendungan, terutama yang tampak telah berumur, bisa menceritakan kisah lama tentang pasukan Tar-Tar Mongol yang dipimpin Kubilai Khan. Sebelum menyerang Kediri, pasukan ini melabuhkan kapal-kapalnya di dekat Jagir. Kemudian, pasukan Mongol dan Kediri, yang dipimpin oleh Raja Jayakatwang dan telah mengalahkan Raja Kertanegara di Singhasari, bertempur tepat di Pintu Air Jagir ini. Pertempuran ini cukup rumit karena melibatkan Raja Wijaya dari Majapahit. Disebabkan oleh sejarah lama inilah, Pintu Air Jagir dikategorikan sebagai cagar budaya.


AKTIVITAS

Kuliner
Tongkrongan seru di sekitar Pintu Air Jagir ini bisa berlangsung selama berjam-jam di warung kopi. Makanan dan minuman sederhananya gak bakalan ngempesin kantong.
Akomodasi
Tidak ada tiket, biaya masuk, atau bahkan jasa parkir.
Kegiatan
Dolaners bisa datang kapan saja untuk acara pancing-memancing ikan. Tentu, disiang hari, ya. Dimalam hari, Dolaners bisa nongkrong-nongkrong saja di warung-warung sekitar bendungan, ngobrol seru dengan orang-orang yang datang dan penduduk sekitar. Fotografi bisa dilakukan siang maupun malam. Bedanya, ada lampu-lampu hias dimalam hari, hingga bendungan ini lebih tampak sebagai bangunan modern daripada bangunan tua. Tergantung selera Dolaners, ingin kesan apa yang ditampilkan di fotomu.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Bila Dolaners datang untuk memancing ikan, bawalah bekal makanan dan minuman, selain umpan untuk ikan. Gunakan kendaraan roda dua untuk memudahkan parkir, dan memudahkan orang lain parkir di sekitar bendungan. Parkir kendaraanmu di spot yang mudah diawasi.
Kalau Dolaners menggunakan kereta, turun saja di Stasiun KA Wonokromo. Kalau menggunakan bus atau angkutan kota, turunlah di terminal Joyoboyo. Pintu Air Jagir cukup ditempuh dengan jalan kaki, atau naik becak, dari stasiun dan terminal.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link