Pulau Air, Kepulauan Seribu Jakarta

653 views

Jakarta adalah kota pesisir, dan tentulah memiliki wisata pantai yang menarik. Tapi tak hanya Pantai Ancol, Dolaners. Jakarta punya Kepulauan Seribu yang sudah sekian lama menjadi destinasi wisata pantai tropis yang menarik. Bayangkan serunya bersantai di pantai, di sebuah pulau kecil tak berpenghuni, serasa milik pribadi. Nah, bayangan dikepala ini bisa jadi nyata saat Dolaners mengunjungi Kepulauan Seribu, tepatnya Pulau Air. Pulau yang terpisah sebuah selat atau sungai buatan ini, punya keunikan yang bikin Dolaners betah berlama-lama di sini.

Pulau Air, Jakarta, Dolan Dolen, Dolaners

photo via Michael Dahope Adrianus

Pulau Air adalah pilihan paling seru dan paling kece buat Dolaners yang suka camping, khususnya di Kepulauan Seribu. Dolaners yang suka menjelajah alam liar pasti akan suka pulau ini terutama karena tak tak ada penghuni yang tinggal di sini. Memang masih ada pilihan lain untuk pulau tak berpenghuni, seperti Pulau Perak, Pulau Semak Daun, dan lain-lain, tapi Pulau Air ini berbeda.

Lebatnya alam hijau di Pulau Air dibelah oleh sebuah sungai jernih. Uniknya, air sungai ini berwarna hijau being, seakan tak mau kalah dengan hijaunya pepohonan di kanan kirinya. Sungai air laut inilah yang memisahkan antara Pulau Air Besar dan Pulau Air Kecil karena kepemilikan dua pulau ini berada pada dua orang yang berbeda.

Keindahan Pulau Air seakan melengkapi eksotisnya gugusan Kepulauan Seribu. Terpisahnya kedua daratan Pulau Air ini bisa memberi Dolaners alternatif kegiatan, seperti memancing, menjelajah, atau sekedar bersantai di pasir pantai. Selat atau sungai buatan yang membelah kedua pulau ini juga bisa jadi ajang wisata yang seru. Dan Dolaners masih bisa menikmati tawaran wisata bawah air pulau ini. Pemandangan bawah lautnya tiada dua, dengan terumbu karang dan ikan-ikan kecil berwarna warni yang berenang lepas kian kemari. Semakin jarang terjamah orang, wisata bawah air yang menjadi bagian dari Kepulauan Seribu ini benar-benar menggoda untuk diexplore.

Jam berkunjung ke pulau ini terbatas karena saat pasang, air bisa menutupi seluruh wilayah daratan pulau. Jadi bila memutuskan untuk camping di Pulau Air, Dolaners kudu dan wajib bisa memilih lokasi. Gak pingin pas asik-asiknya tidur di tenda trus kebangun gara-gara direndam air laut, kan? Kalau tak ingin berisiko, Dolaners bisa bermalam di hotel atau penginapan yang ada di Pulau Air ini. Bisa juga, Dolaners memanfaatkan tawaran paket wisata Kepulauan Seribu yang menyertakan Pulau Air, dengan atau tanpa pilihan untuk camping. Paket wisata seperti ini akan memudahkan Dolaners mengakses fasilitas termasuk makanan dan tempat menginap.


AKTIVITAS

Kuliner
Tak seperti Pulau Semak Daun maupun Pulau Perak, tidak ada warung makan di Pulau Air. Dolaners harus siap dengan perbekalan makanan sendiri bila camping di Pulau Air.
Akomodasi
Kisaran Tarif Kapal Boat: Rp. 50.000 – Rp. 250.000,-
Kegiatan
Dolaners bisa ngapain di Pulau Air? Banyak banget yang bisa dilakukan di sini, seperti snorkeling atau memancing. Bahkan, memancing ini bisa menjadi suatu kebutuhan untuk bertahan hidup karena tak ada warung makan di Pulau Air. Yang pasti, Dolaners bakal betah berenang sampai kulit menggelap terbakar matahari. Airnya bersih banget, Dolaners. Tahu kan, sensasi segar yang terasa saat Dolaners berenang di air bersih? Apalagi kalau Dolaners siap dengan perlengkapan snorkeling atau diving, takkan terasa waktu berlalu. Dengan kombinasi pemandangan yang lepas, dijamin Dolaners betah berlama-lama di air.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Seakan belum tersentuh oleh peradaban modern, Pulau Air tidak memiliki fasilitas listrik. Jadi Dolaners kudu siap dengan segala perlengkapan yang dibutuhkan bila memutuskan untuk menginap beberapa hari di Pulau Air Bila bermalam di hotel, tentu ada fasilitas pengganti listrik. Tapi kalau Dolaners camping, tentu persiapannya harus matang.
Untuk mencapai Pulau Air, Dolaners akan membutuhkan sebuah perahu motor dari Jakarta. Transit dulu di Pulau Pramuka atau Pulau Tidung, kemudian Dolaners bisa melanjutkan perjalanan ke Pulau Air dengan menggunakan perahu nelayan.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link