Pulau Beras Basah Bontang

534 views

Bontang memang terkenal akan produksi gas alamnya. Bontang juga terkenal akan produksi pupuknya. Tapi ternyata Bontang memiliki keindahan panorama laut yang sulit dicari tandingannya. Adalah sebuah pulau kecil mungil di lepas pantai, yang sekilas tampak biasa saja, tapi sesungguhnya ada keindahan bawah laut mempesona di sekitarnya. Kalau Dolaners belum memiliki lisensi diving, mungkin sekarang saatnya mencari ijin menyelam supaya bisa segera ke Pulau Beras Basah di Bontang.

Pulau Beras Basah Bontang, Kota Bontang, Dolan Dolen, Dolaners

photo via momoc

Namanya cukup unik, Beras Basah. Beras Basah adalah sebuah pulau mungil yang terletak di sebelah timur Pulau Kalimantan, bisa dicapai dengan perahu yang bertolak dari Bontang Kuala. Lama perjalanan cuma sekitar 40 menit, dan Dolaners sudah tiba di pulau berpasir putih ini.

Menurut cerita rakyat yang beredar, dahulu ada kapal dari Sulawesi yang mengangkut beras menuju Bontang. Versi lain cerita, kapal ini adalah milik Kesultanan Kutai. Karena karam terhantam ombak, beras yang diangkutnyapun tercecer dan menutupi sebagian besar perairan di sekitar pulau ini. Bahkan putihnya pasir pantai di pulau ini konon berasal dari tumpukan beras yang hanyut. Begitulah nama Beras Basah akhirnya disematkan pada pulau ini.

Pulau wisata yang  benar-benar kecil ini luasnya hanya sekitar satu hektar. Landmark yang paling kentara dari Pulau Beras Basah adalah sebuah mercusuar putih yang menjulang setinggi 15 meter, tampak kontras dengan birunya laut dan hijaunya pohon-pohon nyiur yang berbaris di sampingnya. Kalau Dolaners sudah pernah ke Pulau Lengkuas Belitung, Pulau Beras Basah akan terasa mirip karena sama-sama memiliki mercusuar. Tapi Pulau Beras Basah tak punya batu-batu besar yang Dolaners temui di Pulau Lengkuas Belitung. Hanya ada pasir pantai lembut di Pulau Beras Basah. Yang paling seru saat mencebur ke dalam air lautnya bening bersih, Dolaners akan medapati beragam biota laut. Bahkan dasar lautpun tampak hijau dengan ikan-ikan kecil warna-warni yang berenang leluasa. Bisa jadi Dolaners menangkap Patrick, oh bukan, hanya sebuah bintang laut biasa. Bukan temannya Sponge Bob, kok.

Destinasi wisata alam ini memang hanya berupa sebuah pulau mungil di tengah laut. Akan menjadi destinasi idaman bila Dolaners memang menyukai wisata bahari. Lain cerita kalau Dolaners takut berpenampilan lebih gelap. Mungkin harus pakai sunblok banyak-banyak, ya.


AKTIVITAS

Kuliner
Tidak ada kuliner istimewa di Pulau Beras Basah. Hanya pada hari Minggu atau libur saja biasanya ada penjaja makanan.
Akomodasi
Kisaran Harga Sewa Kapal 10 Penumpang: Rp 300.000 – Rp 400.000,-
Kisaran Harga Sewa Kapal Kayu: Rp 600.000 – Rp 1.500.000,-
Harga Air Tawar 5 liter: Rp 5.000,-
Banana Boat: Rp 25.000,-
Kegiatan
Jalan-jalan ke Pulau Beras Basah akan menjadi hal yang penuh berkah bagi Dolaners yang gemar fotografi. Pemandangan lautnya unik dan indah, sulit dicari tandingannya. Kalaupun Dolaners kurang tertarik dengan fotografi, masih bisa berenang atau snorkeling di sekitar pantainya, bisa juga diving bila memang punya lisensi. Memang yang lagi hits dari Pulau Beras Basah ini adalah pemandangan bawah lautnya. Asal hati-hati saja dan jangan terlalu jauh dari daratan karena walaupun ombak lautnya cukup tenang, sebenarnya posisi Dolaners berada di tengah lautan lepas, tepatnya di Selat Makassar. Biasanya, semakin sore, ombak lautnya semakin besar. Malas gerak? Duduk-duduk saja di bawah pohon kelapa atau di gazebo yang tersedia, menikmati angin laut.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Pulau Beras Basah ini adalah sebuah pulau mungil yang hanya memiliki sebuah mercusuar dan beberapa gazebo. Dolaners gak bakalan menginap di mercusuar atau gazebo semalaman, kan? Jadi pastikan ada kapal untuk kembali ke Bontang Kuala. Jangan lupa bawa bekal logistik yang cukup selama berada di pulau lepas pantai ini karena tak ada penjaja makanan atau minuman.
Dolaners bisa menggunakan kendaraan pribadi atau sewa, atau bahkan angkutan umum dari Bontang. Masih bisa pula memilih hendak bertolak dari dermaga di Bontang Kuala atau Pelabuhan Tanjung Laut.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link