Bali

Pulau Nusa Lembongan

1029 views

Jika dolaners melihat peta bali, maka dolaners akan melihat 3 buah gugusan pulau. Ketiga pulau tersebut memiliki luas yang berbeda-beda. Diantara ketiga pulau tersebut terdapat Pulau Nusa Lembongan yang merupakan pulau yang terluas kedua di antara ketiga pulau tersebut. Pulau Nusa Lembongan ini juga kaya akan pesona wisata dan wisatanyapun bervariasi.

Pulau Nusa Lembongan, Klungkung, Bali - Dolandolen

Photo via Helen Janneson Bense

Pulau Nusa Lembongan memiliki panjang 4,6 km dan lebar 1,5 km memiliki lokasi kira-kira 11 km di bagian sebelah tenggara Bali. Secara administratif, pulau ini termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali. Pulau nusa lembongan ini terdiri dari tempat-tempat berupa tanjakan dan bertebing dan tampak tak seperti pulau lain yang kontur tanahnya biasanya lebih rata. Dari pelabuhan dolaners bisa mengambil jalur kanan dan menuju jalan tanjakan, sesampai diatasnya dolaners akan melihat banyak tempat duduk yang berjejer di sebuah cafe yang telah disediakan untuk dolaners yang ingin menikmati suasana Pulau Nusa Lembongan dari atas ketinggian. Dari atas bukit itu, dolaners tak hanya akan ditawarkan panorama Pulau Nusa Lembongan, tapi dolaners juga bisa melihat Pulau Bali yang di bagian atasnya terlihat gunung agung yang berdiri dengan megah.

Berlanjut dari Bukit Panorama, dolaners bisa mengikuti jalan besar yang menurun dan juga menanjak. Kemudian, dolaners akan sampai di Dream Beach yang merupakan salah satu pantai indah yang sangat cocok untuk para peselancar. Saat menuju Dream Beach dolaners akan melewati tebing yang menutupi pantai ini karena memang pantai berada di bawah tebing. Namun, dari bagian atas tebing tersebut dolaners dapat melihat pantai dengan ombak besar yang bergulung-gulung dan bisa diakses bagi dolaners yang memang memiliki hobi surfing. Salah satu lokasi pantai di Nusa Lembongan yang juga menawarkan kehidupan malam ada di Mushroom Beach. Di lokasi sangat banyak terdapat cafe-cafe yang berjejer. Namun, jika dolaners berkunjung pada sore hari, maka dolaners akan menemui sedikit pengunjung dan sangat cocok untuk dolaners yang ingin bemain pasir sambul menikmati secangkir minuman di pinggiran Mushroom Beach.

Selain berkunjung ke pantainya, di Pulau Nusa Lembongan ini juga terdapat sebuah tempat wisata lainnya yang tak kalah menarik, yaitu berkeliling hutan Mangrove dengan menggunakan perahu. Pulau Nusa Lembongan ini memang banyak dikelilingi oleh pohon-pohon mangrove yang berfungsi sebagai pelindung dari abrasi laut. Di tengah perjalanan dolaners saat menuju lokasi wisata Mangrove ini akan melewati sebuah desa yang sebagian besar masyarakatnya membudidayakan rumput laut. Tentunya pemandangan seperti ini akan sulit dolaners temukan di tempat lain.


AKTIFITAS

Kuliner
Di Pulau Nusa Lembongan, banyak terdapat cafe serta warung yang menyediakan jajanan berupa kuliner khas Bali dan juga makanan ringan dengan air kelapa muda. Dolaners tak perlu repot-repot membawa bekal karena memang posisi cafe dan warung jajanan tersebut tak akan sulit ditemukan di setiap sudut tempat wisata di Pulau Nusa Lembongan.
Akomodasi
Biaya Penyeberangan : Rp. 65.000,-/orang
Biaya Penginapan : Rp. 500.000,- sampai Rp. 1.500.000,-/malam
Biaya Sewa Motor : Rp. 100.000,-/hari
Kegiatan
Di Pulau Nusa Lembongan, dolaners bisa mengunjungi berbagai tempat wisata alam mulai dari bukit panorama sampai dengan pantai-pantai serta wisata hutan mangrovenya. Dolaners tentunya tidak akan bosan berlama-lama disini karena memang tempat wisatanya sangat bervariasi. Selain itu, dolaners juga bisa menjajal kemampuan surfing dolaners di Dream Beach yang memang sudah terkenal dengan keganasan ombaknya.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Saat dolaners mengunjungi Pulau Nusa Lembongan ini, maka sebaiknya dolaners membawa uang cash karena sulit menemukan ATM disini. Selain itu, jika dolaners berkunjung pada saat musim liburan sebaiknya dolaners membooking terlebih dahulu berbagai akomodasi seperti penginapan karena memang biasanya Pulau Nusa Lembongan ini akan sangat ramai pada saat musim liburan.
Untuk menuju ke Pulau Nusa Lembongan, maka dolaners bisa memulai perjalanan dengan menyeberangi Selat Badung dengan jasa angkutan berupa kapal motor yang telah disediakan. Kemudian dolaners bisa mencapai Pulau Nusa Lembongan dan menjajal setiap tempat wisata yang terdapat di pulau ini.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link