Pulau Payung Besar

2632 views

Gimana ya, rasanya jadi konglomerat dan berlibur ke pulau pribadi di sebuah kawasan tropis? Setidaknya, dapat sedikit suasana eksklusif, sehingga bisa punya saat me-time yang maksimal. Tapi memangnya ada pulau seperti ini di Indonesia? Ohhoo.. Barangkali Dolaners belum kenal sama Pulau Payung Besar. Tak benar-benar eksklusif, tapi justru Dolaners takkan kesepian berada di sebuah pulau seorang diri, dikepung air laut dari segala arah. Nah, seperti apa Pulau Payung Besar ini? Baca terus yuk, untuk cari tahu plus minusnya liburan di pulau ini.

Pulau Payung, Jakarta, Dolan Dolen, Dolaners

photo via Istie

Pulau Payung Besar bertetangga dengan Pulau Pari dan Pulau Tidung. Pulau Payung Besar berada tepat di tengah, memisahkan kedua pulau tetangganya itu. Beda dari kedua tetangganya, Pulau Payung Besar ukurannya lebih kecil, sekitar 20 hektar saja, dengan lebih sedikit penghuni. Dua tahun yang lalu, jumlah total penduduk tak sampai 200 orang. Dan justru karena lebih sedikit terjamah manusia, Pulau Payung Besar masih terasa asri. Sebenarnya, baru setahun ini Pulau Payung Besar dibuka untuk menjadi destinasi wisata, maka tentu Dolaners akan mendapati sebuah kawasan yang masih sangat alami.

Kekurangan dari destinasi wisata yang masih sepi pengunjung adalah fasilitas yang kurang memadai. Tapi bila ada yang kurang, Dolaners masih bisa menyeberang sebentar ke Pulau Tidung, sebagaimana yang dilakukan oleh penduduk lokal Pulau Payung Besar. Paling-paling cuma butuh waktu 20 menitan untuk sampai ke Pulau Tidung dengan perahu motor. Akan beda lagi ceritanya bila Dolaners mengunjungi Pulau Payung Kecil yang tidak dihuni, sehingga potensi kesulitan karena ketiadaan fasilitas bisa jadi lebih besar.

Sekurang-kurangnya fasilitas, masih ada dermaga yang memadai dan vila yang disewakan di Pulau Payung Besar. Bisa jadi, Dolaners tidak punya pesaing saat akan memesan sewa vila di pulau ini. For your information ya Dolaners, vila-vila di Pulau Payung Besar tidak dimiliki oleh penduduk lokal. Para penduduk ini tinggal di sepertiga wilayah saja dari total luas pulau. Tapi kalau ada rumah penduduk yang disewakan, boleh dicoba tuh, Dolaners. Asik kan, bisa merasakan sensasi sebagai penduduk Pulau Payung Besar selama satu dua hari. Dan yang lebih asik lagi, kalau Dolaners datang ke pulau ini siap dengan perlengkapan camping di pantainya.

Bisa jadi, satu atau dua hari takkan cukup untuk menikmati dan menjelajah Pulau Payung Besar. Karena pulau ini tak hanya memiliki lahan datar yang luas, tapi juga pasir putih di sepanjang garis pantainya serta laguna yang sangat cantik. Dikenal sebagai Danau Asmara, laguna ini dikelilingi oleh hijaunya pepohonan yang menambah kecantikannya. Keindahan pantai dan bawah lautnya benar-benar layak bila dibandingkan dengan kurangnya fasilitas yang masih bisa dicari jalan keluarnya. Saat-saat matahari terbit dan terbenam di pantai Pulau Payung Besar bisa jadi momen tak terlupakan.


AKTIVITAS

Kuliner
Menu yang paling tepat untuk dinikmati di Pulau Payung Besar, apalagi bila Dolaners camping di tepi pantainya, adalah ikan bakar. Dijamin Dolaners akan mendapat suplai ikan segar untuk dibakar sendiri, jadi pasti rasanya maknyus. Tapi bila Dolaners menggunakan jasa agen pariwisata, kebutuhan makan biasanya sudah disediakan oleh pihak agen.
Akomodasi
Harga sewa kapal kayu dari Muara Angke ke Pulau Tidung: Rp. 35.000,-
Kegiatan
Berwisata di Pulau Payung Besar, Dolaners bisa main banana boat ataupun snorkeling. Bila sanggup, Dolaners bahkan bisa mencapai ke Pulau Tidung atau Pulau Pari.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Saat main, atau bahkan menginap, di Pulau Payung Besar, Dolaners bisa sekalian mengunjungi Pulau Pari dan Pulau Tidung dengan menyewa kapal motor. Mumpung sudah di Kepulauan Seribu, sayang kalau tak sekalian ke pulau-pulau sekitarnya.
Berangkat dari pasar ikan Muara Angke, Dolaners bisa naik kapal ferry penumpang atau kapal speedboat untuk mencapai Pulau Payung Besar. Kalau Dolaners berhenti dulu di Pulau Tidung, perjalanan bisa dilanjutkan dengan ojek perahu ke Pulau Payung Besar.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link