Pulau Sempu

2513 views

Pulau Sempu adalah salah satu cagar alam yang sangat indah. Pantai yang biru serta pepohonan yang ada di sekeliling pulau membuat kita serasa dibuat takjub. Naik perahu untuk menuju ke sana juga merupakan pengalaman yang sangat menarik.

Pulau Sempu

Photo by ourtripaddress.blogspot.co.id

Malang memang sebuah tempat yang layak dijadikan destinasi wisata andalan khususnya di provinsi Jawa Timur. Selain wisata rekreasinya yang cukup banyak dan menarik, di Malang juga terdapat banyak wisata alam. Salah satu wisata yang sangat luar biasa adalah Pulau Sempu.

Pulau Sempu secara administratif dan geografis berada di kawasan Tambakrejo, Sumbermanjing Wetan, Malang, Jawa Timur. Pulau Sempu di masa pemerintahan Hindia Belanda merupakan sebuah cagar alam dan kini dikelola oleh Perhutani dan juga pulau seluas 887 hektar ini masih dijadikan cagar alam yang dikelola balai konservasi sumber daya alam Jawa Timur.

Nama Sempu sendiri berasal dari nama pohon yang terdapat di Pulau Sempu. Namun pohon tersebut sekarang cukup sulit ditemukan. Di dalam Pulau Sempu terdapat banyak vegetasi antara lain: mangrove, bendo, triwulan, wadang, waru laut, dan ketapang. Selain itu jenis ekosistem yang mendominasi pulau Sempu adalah hutan bakau dan juga hutan tropis.

Bagi Dolaners yang mau ke Pulau Sempu, ada baiknya untuk mempersiapkan fisik. Medan yang cukup berat masih menanti Dolaners sebelum tiba di Pulau Sempu. Tak hanya itu, kita harus naik perahu yang bisa kita sewa untuk menuju ke Pulau Sempu. Pulau Sempu adalah salah satu cagar alam yang sangat indah. Pantai yang biru serta pepohonan yang ada di sekeliling pulau membuat kita serasa dibuat takjub. Naik perahu untuk menuju ke sana juga merupakan pengalaman yang sangat menarik. Kita diajak seperti para petualang cantik yang ada di televisi.Wisata yang satu ini memang sangat menggiurkan untuk dikunjungi Dolaners. Kalaupun Dolaners ingin kesana sebisa mungkin jangan merusak alam di sana dengan membuang sampah dan merusak ekosistem. Tak hanya itu, alam itu bukan untuk dijadikan sebagai tantangan tapi dijadikan sahabat. Alhasil saat ini Pulau Sempu menjadi kotor dan banyak dikritik oleh masyarakat.

Seindah tempat yang kita kunjungi, maka jangan sedikitpun mengganngu ekosistem di dalamnya. Pulau Sempu ini sangat indah bila kealamiannya terjaga. Tak ada bisnis yang seharusnya memperjuabelikan akomodasi di pulau ini. Biarlah Pulau Sempu menjadi pulau yang tetap alami dengan segala kehidupan alamnya.


AKTIFITAS

Kuliner
Bagi Dolaners yang akan berlibur ke Pulau Sempu disarankan membawa bekal makan dari rumah atau ketika masih di Pantai Sendang Biru, Dolaners mengisi perbekalan sesuai kebutuhan, pasalnya di kawasan wisata ini masih belum ada pedagang yang berjualan, maklum kawasannya masih sangat asri. Namun ingat jangan lupa membawa sampah Dolaners kembali ketika meninggalkan kawasan Pulau Sempu ini.
Akomodasi
Biaya Tiket Masuk Pulau Sempu : Rp. 10.000,-
Biaya Tiket Pantai Sendang Biru : Rp. 8.000,- (dari Pantai Sendang Biru kita menyebrang ke Pulau Sempu)
Biaya Parkir Kendaraan : Rp. 5.000,-
Biaya Naik Perahu : Rp. 100.000,- per satu rombongan (1 rombongan max 10 orang)
Biaya Sewa Guide : Rp. 100.000,- per satu rombongan (1 rombongan max 10 orang)
Biaya Sewa Sepatu : Rp. 10.000,-
Biaya Sewa Tenda : Rp. 50.000,- per malam (jika ingin bermalam di Pulau Sempu)
Kegiatan
Pulau Sempu memiliki laguna bernama Segara Anakan yang sangat cantik & eksotis, siap mengundang decak kagum siapa saja yang melihatnya. Ditambah dengan pasir pantai yang terlihat putih bersih dan air jernih menambah kesan tersendiri ketika Dolaners berenang di Pantai Segara Anakan ini. Tebing-tebing karang yang juga dilebati dengan pepohonan rindang semakin membuat Pulau Sempu terlihat seperti surga alam Laut Selatan. Di Segara Anakan ini Dolaners bisa berenang dengan puas dengan dikelilingi pemandangan perbukitan, persis seperti Pulau Pribadi. Puas berenang Dolaners bisa naik ke sebuah bukit karang yang tajam untuk mengambil gambar Segara Anakan dari atas. Dari atas bukit, keindahan Segara Anakan begitu sempurna. Dikelilingi bukit hijau, pantai yang berpasir putih yang bersih, air laut yang bening kehijauan membuat Segara Anakan Pulau Sempu ini mendapat julukan serpihan surga yang jatuh ke bumi.
Tips BerwisataAkses Transportasi

Jika Dolaners berangkat dari Kota Malang, arahkan kendaraan ke Gadang. Dari Gadang, hanya ada satu jalan besar, itu ikutin saja. Lurus terus sampai di Pabrik Gula Krebet. Dari situ belok kiri dan selanjutnya, banyak papan penunjuk jalan yang akan membantu Dolaners. Arahkan kendaraan mengikuti petunjuk ke Sendang Biru. Begitu sampai di Turen, tepatnya di Pabrik Pindad, kemudian belok kiri lagi. Lalu ikuti papan petunjuk yang mengarahkan ke Pantai Sendang Biru. Setelah dari Turen ini, perjalanan agak berat. Tikungan tajam plus tanjakan. Kalau rutenya bener, nanti sampai di Sumbermanjing. Dari sini, kurang sekitar 20 menit lagi, Dolaners akan sampai di Pantai Sendang Biru. Perjalanan selanjutnya yakni dari Pantai Sendang Biru menuju Pulau Sempu lumayan akan menguras tenaga.

Mungkin bagi Dolaners yang baru pertama kali datang ke Pantai Sendang Biru, akan sedikit kecewa. Dikarenakan keadaan pantainya yang biasa saja. Namun, perasaan akan berubah setelah melihat Pulau kecil yang ada diseberang pantai. Itulah Pulau Sempu. Beberapa orang mempelesetkannya dengan Pulau Sempu(rna). Yang memang tidak berlebihan. Pulau yang satu ini hanya selisih sekian persen dari kesempurnaan. Langkah pertama yang harus Dolaners lakukan adalah mengurus surat izin terlebih dahulu di pos pengelola Pulau Sempu. Tarif masuk Pulau Sempu kurang lebih Rp. 10.000,- per orang. Setelah itu dilanjut dengan menyewa perahu untuk menyebrangi Pantai Sendang Biru menuju Pulau Sempu dengan tarif Rp. 100.000,- untuk pulang pergi (tarif berlaku untuk kapasitas 10 orang). Jangan lupa untuk menggunakan jasa guide yang bertarif Rp. 100.000,- per rombongan. Jangan ngambil resiko untuk tidak menggunakan jasa guide. Hal ini dikarenakan medan yang akan kita lalui setelah turun dari perahu lumayan ekstrim dan menguras tenaga. Namun, semua pengorbanan itu akan terbayar dengan keindahan alam sebuah Pulau yang masih perawan ini.

Mungkin tidak banyak yang tahu rute untuk menuju Pulau Sempu dengan menggunakan angkutan umum. Karena memang menggunakan kendaraan pribadi dirasa lebih praktis dan cepat. Namun jika Dolaners merupakan backpaker yang gemar berpetualang, berikut adalah rute menuju Pulau Sempu menggunakan angkutan umum. Pertama, naik angkot dari Terminal Arjosari atau dari terminal mana saja yang ada kode G atau H nya. Misal, LDG/LDH, AG/AH, GA/HA, dll. Kode G atau H adalah kode yang digunakan untuk angkot yang menuju ke Terminal Gadang atau yang sekarang dikenal dengan nama Terminal Hamid Rusdi. Kemudian Dolaners harus naik angkutan kedua adalah mobil Elf, Carry, atau L300 yang mengarah ke Turen. Bisa juga naik bis kecil yang menuju ke arah Dampit. Bilang saja mau turun di Turen. Perjalanannya lumayan lama, kurang lebih satu jam. Biayanya sekitar Rp. 6.000,-. Dari Turen, Dolaners bisa menaiki angkot yang menuju ke Pantai Sendang Biru. Nah, harus sabar. Dikarenakan angkot biasanya ngetem dulu. Alias menunggu penumpang penuh baru berangkat. Lebih bagus kalau berangkatnya rame rame bareng temen. Jadi sekali naik, angkot langsung penuh. Dolaners tidak perlu menunggu lama lama. Tarif angkot dari Turen ke Pantai Sendang Biru ini sekitar Rp. 15.000,-. Kalau berangkat rombongan, Dolaners bisa nego, charter mobil angkotnya langsung. Biasanya biayanya sekitar Rp. 100.000,- hingga Rp.150.000,-.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link