Denpasar

Pulau Serangan

3186 views

Menikmati kekentalan suasana bahari bersama birunya pantai penyu akan membuat hati siapapun tergugah untuk kembali. Nuansanya yang asri disertai deburan ombak yang tinggi akan menorehkan kisah tersendiri, ditambah lagi aktivitas lepas tukik yang tak kan dijumpai di tempat lain.

Pulau Serangan

Photo by sewavilladibali.com

Belum banyak yang tau keberadaan Pulau Serangan. Pulau ini memang dulunya terpisah dengan pulau dewata, sehingga keberadaannya sebagai tempat wisata kurang terekspose. Namun seiring dengan berkembangnya waktu, kini Pulau Serangan Bali menjadi salah satu objek wisata yang menarik perhatian wisatawan. Pertamakali menginjakkan kaki dipulau ini Dolaners akan disambut oleh patung penyu hijau raksasa. Kemegahan patung ini seolah menunjukkan bahwa pulau ini sangat identik dengan penyu hijau. Pulai serangan memang tak pernah bisa lepas dengan kata penyu hijau, pasalnya keberadaan penagkaran penyu hijau langka inilah yang membuat pulau ini menjadi salah satu wisata bali yang edukatif.

Penangkaran penyu hijau berada di areal pantai penyu, yaitu sebuah pantai pasir putih dengan air laut yang biru jernih. Jika Dolaners mengunjungi Pulau Serangan Bali pada waktu yang bertepatan dengan musim menetas penyu, Dolaners dapat mengikuti kegiatan lepas tukik di pantai ini. Sebagai wisata edukatif, di Pulau Serangan Dolaners juga dapat melihat dengan klangsung bagaimana cara mengawinkan dan menetaskan penyu hijau yang langka itu. Saat mengunjungi tempat penangkaran ini, Dolaners juga akan diajak berkeliling hutan mangrove dengan mengguakan perahu. Saat berkeliling inilah Dolaners dapat menyaksikan atraksi lumba lumba di lautan lepas, karena pulau serangan juga berfungsi sebagai penangkaran lumba lumba. Jika niat Dolaners datang ke Pulau Serangan Bali hanya untuk bersenang senang, Dolaners bisa menikmati berbagai fasilitas lainnya sperti berbagai watersport mulai dari banana boat, flying fish, jet ski, dan yang paling menarik Dolaners bisa melakukan surfing sampai puas karena pantai penyu memiliki ombak tinggi yang siap untuk ditaklukkan.

Tak suka olahraga air? Dolaners tetap punya alasan untuk mengunjungi Pulau Serangan Bali ini. Keindahan laut jernih dan juga pantai yang bersih adalah alasan mengapa pulau ini perlu dikunjungi. Selain itu Pulau Serangan ini sangat cocok untuk wisata budaya, terutama untuk mengenal akulturasi budaya bagis dan bali.


AKTIFITAS

Kuliner
Untuk urusan makan, Dolaners tidak perlu khawatir. Hal ini karena di kawasan Pulau Serangan ini sudah banyak tempat makan yang bermunculan. Mulai dari warung hingga restaurant. Hampir semua rumah makan menyajikan aneka hidangan berbahan dasar seafood. Salah satu yang terkenal adalah Warung Ikan Bakar Becol.
Akomodasi
Biaya Tiket Mauk Konservasi Penyu : Rp. 5.000,-
Biaya Naik Perahu Berkeliling Pulau Seragan : Rp. 20.000,-
Biaya Parkir Motor : Rp. 5.000,-
Biaya Parkir Mobil : Rp. 10.000,-
Kegiatan
Pulau serangan merupakan tempat yang bagus untuk Dolaners yang hobby berolah raga surfing, ataupun bagi Dolaners yang ingin menyalurkan hobby memancingnya. Di Pulau Serangan ini Dolaners juga bisa menyaksikan Penyu-penyu yang ada disini. Selain itu Dolaners juga bisa mengabadikan keindahan Pulau Serangan yang terkenal dengan pantainya yang indah dan deburan ombaknya yang tinggi. Pulau Seragan juga memiliki hutan bakau yang sangat disayangkan kelestarian ekosistemnya sudah sedikit terganggu. Untuk mencegahnya, penduduk lokal dan juga para penggiat kelestarian alam bahu-membahu menanam bibit bakau yang baru. Hutan bakau sangat signifikan peranannya karena memiliki perananan dalam menjaga kelestarian alam.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Akses menuju ke Pulau Serangan ini cukup mudah, yakni jika Dolaners dari Kuta, ambil arah dari Simpang Siur/Bypass Ngurah Rai Kuta tujuan Sanur-Setelah perempatan Pelabuhan Benoa +/- 500m anda akan menemukan sign bord/penunjuk arah ke Pulau Serangan disisi kanan jalan. Namun jika dari Sanur, Ambil arah Bypass Ngurah Rai Sanur – Tujuan Kuta/Nusa Dua,disisi kiri jalan ada sign board/petunjuk arah Ke Pulau Serangan.
Meskipun disebut sebagai pulau, namun akses menuju ke Pulau Serangan tidak perlu menyebrangi laut menggunakan perahu boat atau kapal layar lagi, melainkan bisa dilalui dengan kendaraan bermotor melalui jempatan di Jalan Pulau Serangan dan secara infrastruktur jalannya pun juga sudah sangat baik.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link