Pulau Tidung

1882 views

Jakarta memang berada di area pesisir Pulau Jawa. Tak heran, hawa laut mengalir hingga ke daratan membawa kehangatan. Selain mengeluhkan gerah, pernahkah Dolaners menikmati anugerah pesisir ini? Kalau belum, sekarang saatnya belajar berenang dan menyelam. Kenapa? Karena ada banyak keindahan menakjubkan yang menunggu Dolaners di Kepulaun Seribu, lepas pantai Jakarta. Dan salah satu pulau yang memukau ini adalah Pulau Tidung.

Pulau Tidung, Pulau Tidung Jakarta, Jakarta, Dolan Dolen, Dolaners

photo via Moe

Sebagai bagian dari Kepulauan Seribu, Pulau Tidung paling menarik wisatawan karena mitos cintanya. Wujud dari mitos roman ini adalah sebuah jembatan yang menghubungkan antara Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Jembatan Cinta, begitulah nama tenarnya, tepatnya terletak di bagian barat Pulau Tidung. Lokasi inilah sebenarnya yang membuat Jembatan Cinta menjadi spot yang tepat untuk menyaksikan pemandangan matahari terbenam. Ya tentunya, suasana akan lebih romantis bila bersama pasangan.

Selama menuju Jembatan Cinta, Dolaners akan melalui perjalanan yang penuh pemandangan indah pesisir laut. Jajaran perahu-perahu sederhana nelayan yang tertambat menyuguhkan pemandangan sederhana namun cukup berkesan. Saat melintasi rimbunnya semak dan pohon-pohon kelapa yang menjulang tinggi, Dolaners akan merasa seolah menghirup kehidupan alami penduduk Pulau Tidung. Dalam perjalanan menuju Jembatan Cinta ini Dolaners juga bisa belanja-belanja untuk koleksi dan kebutuhan pribadi, ataupun untuk oleh-oleh. Item khas dari kawasan pantai ini, tentunya, adalah kerang laut. Jadi, Dolaners akan bisa menikmati perjalanan dari sisi timur hingga ke sisi barat Pulau Tidung, meskipun sepanjang jalan ditempuh dengan berjalan kaki.

Apalagi yang menarik di Pulau Tidung? Di Pulau Tidung Besar, Dolaners akan mendapati kehidupan penduduk lokal sehari-hari. Lihatlah bagaimana ritme kehidupan di kawasan ini berbeda jauh dari hari-hari Dolaners. Tak seperti Pulau Tidung Besar yang ramai dihuni penduduk, Pulau Tidung Kecil hanya menjadi kawasan konservasi bakau atau mangrove. Serta, Dolaners bisa mampir ke Pantai Saung Perawan yang punya banyak pohon rindang dan penjaja makanan. Bisa juga, Dolaners menikmati suasana Pantai Cemara Kasih.

Berdekatan dengan Pulau Tidung, ada Pulau Payung yang menunggu untuk dieksplor. Kalau pingin melihat penangkaran penyu sisik dan hiu, Dolaners bisa berkunjung ke Pulau Pramuka yang lokasinya tak jauh dari Pulau Tidung. Ada pula Pulau Semak Daun yang situasinya persis seperti nama yang disandangnya. Dan yang pasti, jangan lewatkan Taman Nasional Bawah Laut Kepulauan Seribu.


AKTIVITAS

Kuliner
Pulau Tidung punya jajanan khas, yakni keripik sukun. Kalau Dolaners belum tahu rasanya buah sukun yang digoreng, jajanan tradisional ini wajib dicoba.
Akomodasi
Harga Sewa Perlengkapan Snorkeling: Rp. 35.000,-
Harga Sewa Jasa Pemandu: Rp. 100.000,-
Harga Sewa Kapal: Rp. 800.000,- untuk 60 orang
Harga Sewa Perlengkapan Renang dan Foto Underwater: Rp. 150.000,-
Harga Sewa Jetski: Rp. 150.000,- untuk 15 menit
Harga Sewa Penginapan: Rp. 350.000 – Rp. 500.000,-
Harga Sewa Becak Motor: Rp. 35.000,-
Harga sewa sepeda: Rp. 10.000,-
Kegiatan
Di tepi pantai Pulau Tidung, Dolaners bisa bersantai menikmati pasir putih dan pemandangan laut yang biru. Ada lemak yang harus dikikis, yang tak mau pergi karena Dolaners duduk-duduk santai di pantai? Yuk, snorkeling atau diving saja. Banyak terumbu karang yang cukup seru untuk dijadikan penjelajahan bawah laut di Pulau Tidung. Kalau mau wisata syantik, Dolaners bisa juga menggunakan fasilitas foto underwater. Bayar sih, tapi hasilnya takkan mengecewakan. Disamping underwater photo shoot, Dolaners masih punya pilihan wisata air lain, seperti banana boat, kano, donut boat, jetski, dan masih banyak lagi. Bagaimana dengan belanja? Jangan kuatir. Banyak pilihan tempat belanja di Pulau Tidung. Gak bakal kecewa deh, Dolaners.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Ada pemandu diving dari penduduk lokal bila Dolaners membutuhkannya.
Bila berangkat ke Pulau Tidung dari Dermaga Marina Ancol, Dolaners bisa mendapat akses transportasi speedboat. Kalau dari Dermaga Muara Angke Penjaringan, Dolaners bisa naik kapal penumpang.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link