Puncak B29

1553 views

Waktu terbaik untuk menikmati Puncak B29 Lumajang adalah saat senja hari, karena kedua pelupuk mata Dolaners akan dimanjakan oleh nuansa mentari yang hendak sayonara menuju peraduannya.

Puncak B29

Photo by kwikku.com

Bagi orang yang belum tahu mendengar nama Puncak B29 Lumajang yang terlintas dibenak adalah nama sabun detergent. Namun sesungguhnya tempat ini adalah sebuah bukit indah di atas awan yang namanya sedang tersohor bagi para traveler yang bermukim di Jawa Timur. Sedang nama B29 sendiri dari singkatan Bukit yang berlokasi 2900 meter diatas permukaan laut, yang konon pada jaman dahulu merupakan bukit yang terlarang.

Dibukit yang berlokasi di desa Argosari tersebut Dolaners bisa dengan puas menikmati kemolekan tertinggi seantero Jawa Timur yakni Gunung Semeru sekaligus Gunung Bromo yang hanya berbeda sisi. Gerombolan awan yang lengkik-lengkik layaknya ombak lautan mengundang decak kagum para traveler sehingga tercetuslah gelar negeri di atas awan untuk Puncak B29 Lumajang ini.

Kondisi jalan setapak yang terjal dan menanjak memang akan menaungi perjalanan Dolaners menuju bukit yang semolek surga ini. Tidak jarang juga kabut tebal juga menyambut kedatangan, namun Dolaners tidak perlu risau karena pengorbanan Dolaners menuju Puncak B29 terbayar lunas oleh panorama dipuncak bukit yang memukau. Pesona negeri di atas awan, dengan view ketiga gunung besar yang seakan mengapit Dolaners yakni Bromo, Semeru dan Batok.

Jika jiwa traveler Dolaners masih belum puas dengan suguhan panorama Puncak B29 Lumajang, maka Dolaners layak menaiki bukit yang sedikit lebih tinggi yang pastinya dengan sajian pesona keindahan yang lebih molek. Di bukit yang dijuluki B30 karena berketinggian 3000 meter diatas permukaan laut ini Dolaners bisa melihat mentari yang melambai mengundang malam disisi kemegahan Gunung Bromo. Ketika Dolaners memutuskan untuk bermalam di Puncak B29 maka suhu dingin yang menusuk tulang dengan tebaran bintang di langit bisa Dolaners nikmati.


AKTIFITAS

Kuliner
Di kawasan Puncak B29 telah berdiri beberapa warung yang menjual beberapa makanan dan minuman. Namun yang perlu Dolaners ketahui, warung yang ada di Puncak B29 ini tidak ada yang menjual nasi. Rata-rata mereka menjual mie instan, beberapa makanan ringan dan beberapa minuman seperti teh, kopi, dan sejenisnya. Jadi jika Dolaners ingin mengisi perut dengan makanan berat, harus turun ke bawah yakni ke B27, karena disana masih ada warung yang menjual makanan berat seperti nasi.
Akomodasi
Biaya Tiket Masuk : Rp. 3.000,-
Biaya Naik Ojek Satu Kali Perjalanan : Rp. 30.000,-
Biaya Parkir Roda 2 : Rp. 2.000,-
Biaya Parkir Roda 4 : Rp. 5.000,-
Kegiatan
Travelling dan fotografi adalah perpaduan pas menikmati alam Puncak B29. Sembari berjalan menuju puncak, banyak titik pengambilan foto untuk menghasilkan landscape cantik. Tidak perlu menghabiskan waktu untuk observasi tempat karena pengelola sigap dengan memasang banyak papan penanda bertuliskan ”spot foto cantik”. Jika Dolaners memilih untuk menikmati perjalanan sambil singgah di beberapa spot foto, sebaiknya Dolaners memilih untuk berjalan kaki dari desa argosari. Beberapa landscape yang bisa Dolaners ambil adalah landcape perbukitan hijau, Puncak Mahameru, sunrise dan sunset di  atas awan, Gunung Bromo dari sisi timur, dan  landscape Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Akses menuju Puncak B29 sangat mudah dengan menggunakan kendaraan bermotor baik motor maupun mobil. Berjarak sekitar 40 Km dari pusat Kota Lumajang dapat ditempuh kendaraan bermotor sekitar 2 jam perjalanan. Dari pusat kota ambil arah Senduro kemudian belok kiri kearah Kandangtepus dan mengikut jalan hingga Desa Argosari. Jalur didominasi oleh tanjakan 10 hingga 40 derajat dan tikungan tajam khas jalur pegunungan pada umumnya. Jalan sudah beraspal mulus tanpa ada lubang. Setelah sampai di lokasi maka wisatawan akan disambut Selamat Datang di Kawasan Wisata B-29 Desa Argosari Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang. Bisa meneruskan perjalanan menggunakan sepeda motor ekstra atau parkir dan mendaki sekitar 2 jam menuju Puncak B29. Bisa juga Dolaners menggunakan jasa tukang ojek yang akan mengantar Dolaners sampai ke puncak. Pada musim hujan wisatawan disarankan untuk tidak membawa sepeda motor ke puncak karena jalan licin dan berbahaya.
Perlu diketahui hingga saat ini belum tersedia angkutan umum yang bisa mengantarkan Dolaners sampai ke Puncak B29 ini. Sehingga jika ingin berlibur ke Puncak B29, Dolaners harus menggunakan kendaraan pribadi seperti motor dan mobil.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link